Tata Cara Mengubur Kucing Yang Mati, Terlengkap

cara mengubur kucing mati
Ilustrasi by straitstimes.com

Cara Mengubur Kucing- Jika Anda seorang pemelihara hewan, pasti suatu saat bakal mengalami yang namanya perpisahan. Misalnya saja karena kematian.

Hal itu pun berlaku pada pemilik dan pemelihara kucing. Mereka suatu saat bakal berpisah dengan kucing kesayangannya akibat ditinggal mati. Terlebih tak seperti manusia, umur kucing hanya bisa bertahan sampai belasan tahun doang.

Baca Juga Manfaat kuning telur untuk kucing kesayangan.

Nah jika mengalami demikan, pasti sebagai seorang penyayang binatang, Anda akan mengalami kesedihan. Namun ada hal yang lebih penting daripada bersedih. Yaitu Anda harus segera mengubur kucing kesayangan sebagai wujud kasih sayang terakhir. Apalagi jika Anda seorang muslim, tentu Anda harus tau tata cara mengubur kucing mati menurut islam.

Tata Cara Mengubur Kucing Mati

Layaknya manusia, kucing yang sudah mati sebaiknya segera dikubur. Kenapa ? Karena biar anda tidak terlalu lama bersedih karena melihat mayat kucing terus.

Selain itu, karena kucing sudah mati, otomatis sudah menjadi bangkai yang lama-kelamaan menjadi busuk dan bau. Maka agar tidak mengganggu orang lain, sebaiknya segera lakukan proses mengubur kucing entah secara biasa maupun sesuai islam.

Tata cara mengubur kucing mati dalam islam sebenarnya sama saja seperti mengubur kucing secara normal. Berikut myhewan kasih tips tata cara mengubur kucing mati :

1. Siapkan Lahan

tata cara mengubur mayat kucing mati
Ilustrasi by tokopedia.com

Sebelum Anda siap mengubur mayat kucing. Sebaiknya atur dahulu dimana Anda akan menguburnya. Usahakan menggunakan lahan milik sendiri atau orang lain. Buat jaga-jaga, dikhawatirkan jika menggunakan lahan tetangga nanti malah kena semprot. wk

Bukan hanya milik sendiri, lahan untuk kuburan kucing juga sebaiknya di dekat pohon. Loh kenapa ? Biar sekalian jadi pupuk. Yah sebagai manusia yang cinta sama alam. Ya lebih bagus ikut memelihara siklus alam dan rantai makanan. Dimana sang pemangsa memang harus berakhir menjadi makanan tanaman ( pupuk ).

2. Membuat Lubang

Nah tahap kedua adalah, Anda harus membuat lubang untuk mengubur mayat kucing kesayangan. Siapkan cangkul dan beberapa alat pendukung lainya.

Ukur tinggi badan kucing dan panjang kucing untuk menentuka panjang dan lebar lubang.

Sebaiknya bentuk lubang dengan lebar 1.5 – 2 x tinggi kucing, kemudian panjang lubar sekitar 1.5 x panjang kucing, dan kedalaman lubang sekitar 30-50 cm. Kenapa harus agak dalam ?

Agar bau dari bangkai kucing tak keluar dari lubang. Selain itu, ini juga untuk antisipasi takutnya kuburan nanti sempat digali ayam atau hewan lainya. Karena biasanya ayam akan menggali untuk menyari hewan kecil jika melihat ada bekas galian tanah.

3. Bungkus Kucing Dengan Daun Atau Kain

Pembungkusan mayat kucing diperlukan agar meminimalisir bau menyengat akibat bangkai kucing. Jadi selain lubang yang dalam. Anda dapat membungkusnya sebagai bentuk pencegahan bau.

Anda dapat meletakan daun di bawah dan di atas kucing. Atau membungkus total menggunakan kain. Tapi sebaiknya gunakan daun. Karena dapat mempercepat proses penguraian. Selain itu, daun yang ditanam nanti bisa jadi pupuk buatn tanaman disekitarnya.

Jadi sembari mengubur kucing. Anda juga ikut menjadi salah satu pemerhati lingkungan. wk

Namun misalkan Anda tidak mendapat kedua. Tidak usah di bungkus juga gak papa.

4. Masukin Kucing Ke Dalam Lubang

cara mengubur kucing dalam islam
Ilustrasi by blogmasadi.com

Nah setelah Anda membungkus kucing, segera letakan kucing ke dalam lubang yang sebelumnya sudah di atur panjang lebarnya.

Jangan bersedih kawan. setiap pertemuan pasti ada perpisahan.

5. Tutup Lubang Dan Kuburkan Kucing

Nah tahap selanjutnya adalah tutup lubang dan ucapkan perpisahan untuk terakhir kalinya. Ini adalah momen terakhir Anda bisa melihat mayat kucing. Tepat setelah ditutup. Anda dan kucing Anda resmi berpisah.

Dan Anda tidak boleh terlalu bersedih. Karena kehidupan di dunia memang seperti itu. Ada perjumpaan ada perpisahan.

Artikel Terkait :

Kumpulan Nama-Nama Kucing Islami

Takaran Susu Bagi Anak Kucing Yang Benar

6. Taburkan Bunga

Karena ini hewan kesayangan Anda yang telah menemani Anda selama beberapa tahun. Saya rasa, menaburkan bunga di sekitar makam kucing adalah hal yang wajar. Bukan alay.

Selain sebagai bentuk penghormatan Anda, bunga juga akan mencegah bau keluar dari makam. Yang mana bisa terjadi seandainya lubang yang Anda gali kurang dalam.

Tak perlu Anda beli, cukup cari disekitar lingkungan Anda.

tanda kuburan
Ilustrasi tanda kuburan

7. Beri Tanda Dengan Batu Atau Tanam Pohon

Seperti manusia, sebaiknya beri tanda pada kuburan kucing. Selain diperlukan jika Anda ingin ziarah. Hal ini juga buat penginggat jika suatu saat Anda akan menggunakan lahan tersebut. Anda ingat bahwa di dalamnya ada kuburan kucing.

8. Doakan Dan Lupakan

Nah daripada larut dengan kesedihan. Sebaiknya doakan dan lupakan secara perlahan. Anda juga bisa fokus mengurus hewan peliharaan lainya. Agar Anda tidak ingat dengan kucing kesayangan Anda yang telah dikuburkan.

Demikian Artikelnya, Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!