Takaran Susu Untuk Anak Kucing Tuh Segini

takaran susu anak kucing

Sebagai seorang pemelihara kucing, terutama yang memiliki kucing betina dirumah . Maka cepat atau lambat, kita akan menjumpai kondisi dimana diharuskan merawat anak kucing.

Layaknya manusia, anak kucing juga harus Anda rawat dengan benar. Tidak boleh Anda biarkan begitu saja. Sebagai sang pemilik, Anda harus membantu induk untuk merawat anaknya. Mulai dari menyediakan tempat tidurnya hingga makanan dan minumanya.

Bagi anak kucing. Minum susu juga merupakan hal yang penting agar pertumbuhannya tidak terganggu. Meski induk kucing memiliki asi alami. Tapi biasanya para pemelihara kucing akan tetap memberikan tambahan bagi anak kucing.

Kadang juga ada pemilik yang adopsi anak kucing tanpa induk. Jadi mau ga mau harus nyari susu buat kitten.

kucing minum susu
Ilustrasi kucing

Takaran Susu Untuk Anak Kucing Yang Benar

Untuk memberikan susu pada anak kucing tentu harus Anda perhatikan dosis pemakainya, agar kucing bisa tumbuh secara maksimal. Berikut beberapa takaran sesuai mereknya :

1. Takaran Susu Top Growth Kitten Milk

Takaran susu untuk anak kucing jenis KMR ( Top Growth Kitten Milk) formula adalah satu bagian susu untuk dua bagian air. Jadi misalkan anda menakar 1 sendok susu maka airnya 2 sendok makan.

Aturan pakai Top Growth Kitten Milk di atas merupakan takaran yang saya kutip dari resources.bestfriends.org .


Yang perlu Anda ingat dalam cara membuat susu kucing Top growth adalah bagusnya tidak terlalu kental maupun tidak terlalu encer. Jadi sebisa mungkin bikin formula yang agak encer namun masih enak untuk di minum oleh kitten.

2. Takaran Susu Growssy Milk

Untuk takaran susu Growssy Milk Untuk kitten adalah 1 sachet @ 20 gr bisa Anda campurkan ke 40 ml air. Oh ya sebaiknya gunakan air hangat saat pencampuran dan kasih ke kucing ketika susu sudah dingin.

Cara membuat susu growssy untuk anak kucing :

  1. Panaskan Air hingga 40-50 derajat.
  2. Tuang susu sachet bubuk ke botol / gelas.
  3. Campurkan air hangat tadi sejumlah 40ml.
  4. Aduk Hingga rata.
  5. Sajikan ke kucing ketika udah dingin.

Anda dapat memberinya menggunakan dot yang berukuran kecil, ada kok yang jual. Dot khususs kucing.

3. Takaran Susu Royal Canin Baby Cat Milk Kitten

Takaran saji Royal Canin Baby Cat Milk Kitten yang bisa Anda berikan adalah :

  1. Bayi Kucing Usia 0 – 1 Minggu -> 2-4 ml per sekali minum ( 7x sehari )
  2. Bayi Kucing Usia 1- 2 Minggu -> 5-10 ml per sekali minum (6x sehari )
  3. Anak Kucing Usia 2 – 3 Minggu -> 10-15 ml per sekali minum ( 5x sehari)
  4. Anak Kucing Usia 3 – 4 Minggu -> 10-15 ml per sekali minum ( 5x sehari)

Untuk pembuatan susunya, bisa anda lihat pada bagian belakang kemasan. Atau bisa bikin perbandingan 1 sendok susu untuk 2 sendok air. Intinya sih asal masih manis. Jangan terlalu kebanyakan air.

4. Takaran Susu Whiskas Cat Milk

Whiskas Cata Milk itu susu cair. Jadi anda tak perlu memberikan takaran untuk dicampur air. Tapi cukup kasihkan dosis yang pas biar gak berlebihan.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai dosis. Bisa anda baca tulisan yang dibawah mengenai beberapa kali sebaiknya kitten dikasih susu.

5. Takaran Susu LongLife Milk Replacer

Takaran Susu kitten LongLife Milk adalah 1 sachet untuk 100ml air. Jadi cukup campurkan 100ml air hangat untuk 1 sachet dan berikan ketika udah dingin.

Bila dirasa 100ml itu kebanyakan, Maka bikin saja ukuran setengah sachet. Jadi airnya cuma 50ml.

Oh ya. Untuk dosis paling maksimal adalah 150ml perhari, jadi jangan sampai lebih dari segitu yah.

6. Takaran Susu Bear Brand Untuk Anak Kucing

Apabila Anda ingin memberikan susu bear brand pada anak kucing, sebaiknya cukup berikan 5 – 15 ml untuk setiap pemberian. Dan bisa Anda berikan 3 – 4 jam sekali dari pagi hingga malam.

Catatan : kalau susu bear brand tidak terlalu direkomendasikan. Meski termasuk jenis susu non laktosa. Tapi itu tidak diformulasikan khusus untuk kitten. Jadi sebaiknya gunakan saja susu yang lain. Kecuali jika kucing sudah dewasa baru berikan sering sering juga gak papa.

7. Takaran Susu Hoskins Formula

Resep takaran susu untuk anak kucing menggunakan hoskins formula. Takaranya adalah 1 ons susu kambing, 1 ons air, 1 yogurt, dan 1 kuning telur. Anda dapat mencampurkan ke 4 bahan tersebut. Dan bisa Anda gunakan untuk beberapa kali.

Baca juga Manfaat ajaib kuning telur untuk kucing

Sebenarnya tiap-tiap susu formula memiliki takaranya masing- masing. Anda bisa melihat takaran susu pada bagian kemasan. Begitupun dengan aturan pakainya.

Intinya sih untuk tetap membaca aturan pakai pada kemasan. Dan apabila tidak ada keterangannya. Baru Anda mencari informasi dari pihak luar. Misalnya myhewan.com

Berapa Mili Bayi Kucing Minum Susu Per hari

Sebaiknya dalam sehari, anak kucing Anda beri susu sekitar 24ml sampai 60ml tergantung usia dan berat kucing. Dengan rentan waktu pemberian 3 sampai 4 jam sekali dengan dosis 5-15ml dalam sekali kasih.

Ketentuan Dosisnya :

  1. Berat anak kucing 115 gr, maka Anda dapat memberikan 5 ml setiap pemberian.
  2. Kitten dengan berat 230 gr, maka Anda dapat memberi 10 ml untuk setiap pemberian.
  3. Berat anak kucing 345 gr, maka Anda kasih susu 15 ml dalam sekali beri.

Jadi misal Anda mulai memberikan susu pada jam 6 pagi dengan selisih 4 jam dan berat kucing 240gr, Maka :

  1. Jam pertama pemberian susu adalah jam 6 sebesar 10ml.
  2. Jam kedua adalah jam 10 sebesar 10ml.
  3. Kemudian jam ketiganya adalah 14 dengan 10ml
  4. Dan pemberian terakhirnya pas jam 18 dengan 10ml
  5. Jam 20.00 kitten tidur.

Maka dari hasil study di atas maka artinya dalam setiap harinya, bayi kucing menghabiskan 40ml susu dengan 4 kali pemberian dalam sehari.

Paham kan ?

Cara Memberikan Susu Pada Anak Kucing

Untuk memberikan susu pada anak kucing bisa Anda lakukan dengan alat tetes mata atau pinset yang dapat Anda beli di toko hewan maupun toko online. Kemudian jika usianya sudah bertambah hingga beberapa minggu dan ukuran mulutnya sudah agak lebar. Bisa Anda coba berikan menggunakan dot yang ukuran kecil.

Lumayan juga sih, harganya juga murah tuh dot kucing.

Baca juga 8 Merek Makanan Untuk Anak Kucing Yang Recomended

5 Merk Susu Untuk Bayi Kucing Anggora Yang Baru Lahir

Untuk memilih merk dan jenis susu untuk bayi kucing Anggora maka perlu perhatian khusus agar tidak membahayakan kesehatan kucing. Anda perlu memilih jenis susu non sapi. Karena kucing tidak cocok dengan susu sapi.

Baca juga merek susu manusia yang cocok untuk kucing

Apabila Anda memberikan anak kucing dengan susu sapi. Maka kucing bisa mengalami gangguan pencernaan. Seperti diare, sakit perut, muntah, dan lain-lain.

Berikut beberapa merk susu untuk bayi kucing Anggora yang bagus untuk di coba.

1. Royal Canin Baby Cat Milk

harga royal canin milk babycat
Ilustrasi by shopee.co.id

Susu Royal Canin Baby diperkaya dengan DHA, dimana kandungan ini juga dimiliki oleh susu induk kucing. Kemudian susu ini juga mempunyai kandungan nutrisi seimbang yang diperlukan untuk bayi kucing anda. Selain itu susu Canin juga memiliki kadar protein tinggi.

Selain itu saat tercampur air, susu ini juga cukup bagus, karena dapat terlarut dengan sempurna tanpa adanya endapan di bagian bawah dot.

Harga untuk susu Royal Canin Baby Cat Milk berkisar 110 ribu untuk ukuran 1 kg.

Susu ini cocok untuk semua jenis RAS, entah kucing kampung, Persia, Anggora dsb.

2. Top Growth Kitten Milk ( KMR )

Susu KMR ini cocok untuk anak kucing kesayangan. Karena mengandung banyak sekali protein dan kalsium yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing Anda.

Bahkan saat bayi kucing Anda baru lahir dan diberikan ini, nanti protein yang terkandung di dalam produk Top Growth dapat membantu proses perkembangan otaknya. Sehingga nanti kucing jadi lebih pintar.

Harga untuk susu KMR ini sekitar 36 ribuan untuk ukuran 250 ml.

3. Growssy Milk

Growssy Milk merupakan salah satu jenis susu yang bagus untuk kucing Anggora. Karena memiliki takaran susu yang mengandung DHA, Vitamin E dan C, Luten, Taurin, dan Oligosakarida. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak kucing.

Selain itu penjual produk ini cukup laris, jadi sudah pasti kualitasnya bagus. Makanya banyak yang beli.

Harga Untuk susu ini adalah sekitar 70rb Untuk 10 sachet isi 30 gram

4. Whiskas Milk for Cats

harga whiskas milk
Ilustrasi by harga.info

Merk ini cukup terkenal karena mengeluarkan produk makanan kucing. Namun apakah kalian tahu jika ternyata whiskas juga mengeluarkan produk susu kucing ? Seperti produk makanannya yang cukup terkenal akan kualitasnya. Maka tentu produk susunya juga sudah tidak usah diragukan lagi kualitasnya.

Terlebih susu yang whiskas jual berupa susu cair yang sudah jadi. Sehingga Anda tidak memberikanya ke kucing tanpa harus memikirkan takaranya.

Harga Untuk susu ini adalah sekitar 95 ribuan untuk ukuran 200ml. Kira kira harga whiskas di Alfamart berapa yah ?

5. Long Life Milk

Merk susu ini tak hanya bisa diminum oleh bayi kucing, tetapi juga bisa diminum oleh kucing dewasa hingga kucing tua. Sesuai semboyannya, yaitu long life / hidup panjang / berumur panjang.

Jadi harapanya, kitten yang minum ini, nanti bakalan sampai tua dan berumur panjang hingga belasan tahun.

Untuk harganya berkisar 50 ribuan per box isi 12 sachet.

Anak Kucing Saya Tidak Mau Minum Susu, Bagaimana ?

Kalau misalkan anak kucing Anda tidak mau minum susu pake dot, coba usaha lagi dengan cara membuat susu yang agak manis. Lalu kasihkan ke kitten pakai pinset (alat tetes).

Jadi nanti buka mulut kucing, lalu teteskan beberapa tetes susu ke mulut anak kucing. Lihat reaksinya, jika ia mau menelanya. Ulangi hal itu dalam 1-3 hari secara rutin. Baru nanti coba pakai dot untuk jumlah yang cukup banyak.

Namun jika tetap gak mau, bisa berikan minuman alternatif lain yang sehat. Seperti madu, jika tertarik baca panduan dosis madu untuk kucing.

Demikian artikel mengenai takaran susu untuk anak kucing. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!