Shampo Manusia Jadi Pengganti Shampo Kucing, Bisakah ?

Masalah sampo manusia sebagai pengganti shampo kucing merupakan masalah krusial yang sejak dulu masih menjadi polemik antar catslover. Baik di luar negri maupun di dalam negri.

shampo manusia untuk kucing

Ada kubu yang pro sama produk manusia, dengan alasan tidak semua orang bisa membeli sampo kucing, terutama bagi orang yang rumahnya jauh dari petshop. Atau bahkan mereka tidak bisa menemukanya.

Dan ada pula yang kontra dengan alasan produk tersebut bahaya untuk kucing. Karena formula yang mereka buat tidak untuk bulu kucing, melainkan untuk rambut manusia.

Lalu sebenarnya bagaimana ?

Bolehkah Shampo Manusia Jadi Pengganti Shampo Kucing ?

Sesuai dengan saran dari dokter hewan dan beberapa penjelasan dari teman, saya rasa penggunaan shampo manusia ke kucing tidaklah tepat. Karena bisa membahayakan bulu kucing. Alih alih bikin lebat, malah sebaliknya bisa bikin rontok.

Karena kandungan kimia dan penyusun formulasinya sengaja perusahaan produksi untuk kulit dan rambut manusia. Bukan untuk kulit dan bulu kucing.

Oleh karena itu, bagi yang mempunyai akses ke petshop atau yang bisa beli online. Sebaiknya beli yang khusus buat kucing saja yah. Kan kasian juga, jika kucingmu harus rontok dulu baru kamu percaya.

Apa Yang Menyebabkan Shampo Manusia Bahaya Untuk Kucing ?

Berikut alasan logis bahayanya produk manusia untuk kucing.

  1. Ph antara kulit manusia dan kucing beda
  2. Kadar Ph antara sampo manusia dan kucing beda
  3. Komposisi pembuatan produk manusia jauh berbeda dengan produk hewan
  4. Bahan kimia dan pengawet yang produk manusia pake kadarnya lebih tinggi daripada yang untuk hewan

Empat poin tersebut tentu sama sama memiliki andil bahaya yang sama besarnya. Misalkan saja kadar Ph yang berbeda, tentu ketika mengenai kulit bisa menimbulkan reaksi alergi atau iritasi. Terutama jika mengenai kulit yang sensitiv.

Kemudian mengenai komposisi produk yang terkandung dalam suatu produk manusia, tentu dapat menyebabkan masalah yang tidak kita inginkan. Ini bisa kita ibaratkan, perut kucing yang harusnya kamu kasih ikan malah kamu kasih terong. Tentu bakalan ditolak. Nah ini juga sama kaya shampo.

Apalagi jika mengenai masalah bahan kimia atau pengawet, wah itu sudah jelas tidak boleh main main yah. hehehe

Apakah Semua Merk Shampo Manusia Tidak Cocok Bagi Kucing ?

Saya rasa seperti itu, semua merk sangat tidak kami rekomendasikan ke kucing. Tapi dengan keadaan khusus, saya masih memiliki 1 merk yang paling mendingan alias paling aman kalau kamu bandingkan sama merk lain.

Baca juga : Sebaiknya Berapa Kali Kucing Mandi Dalam Seminggu ?

pengganti shampo kucing

Jadi kalau memang sangat terpaksa, kamu bisa gunakan shampo johnson’s baby sebagai pengganti shampo kucing. Karena kandungannya yang minim bahan kimia, menjadikan merk ini lebih baik dari merk lain seperti Sunsilk, Clear, Head And Sholder, Pantene, Nature E dll.

Itupun dengan catatan untuk memakainya secara tidak sering. Tujuanya tentu untuk meminimalisir hal hal yang tidak kita inginkan.

Kalau Sudah Terlanjur Bagaimana ?

Jika sebelumnya kamu sudah terlanjur sering makai produk manusia untuk bulu kucing, ya tinggal lihat reaksi pada bulu kucing. Apakah pada rontok atau tidak ? apakah iritasi atau enggak ?

Kalau kesemua gejala tidak kucing alami, bersyukurlah. Kemungkinan produk tersebut cocok, atau bisa juga karena makainya baru beberapa kali.

Sementara jika kucing mengalami banyak masalah setelah memakai produk tersebut. Maka besok besok jangan ulangi lagi. Kemudian coba berikan makanan Royal Canin Hair And Skin untuk melebatkan bulu kucing yang telah mengalami kebotakan.

Atau jika ingin yang lebih murah bisa gunakan Bolt makanan kucing untuk membantu menumbuhkan bulu kucing yang pada rontok.

Demikian artikelnya, semoga bermanfaat yah catslover.

Next Post

No more post

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!