Proplan Vs Royal Canin, Pilih Mana ? Cek Perbedaanya Yuk

Ketika kamu mau mencari makanan kucing terbaik, terutama yang kelas super, seringkali akan dibingungkan dengan perbedaan antara Proplan Vs Royal Canin. Karena kedua merk tersebut merupakan merk elit makanan kucing Indonesia.

proplan vs royal canin

Antara Proplan dan Royal Canin sama sama memiliki range harga yang sama dengan kualitas dan target market yang sama, yaitu mengenah ke atas.

Kalau yang belum tau, perbedaan utama antara Proplan vs Royal Canin adalah pada fungsinya. Yang mana jika Proplan fungsi utamanya untuk menggemukan kucing. Sedangkan kalau Royal Canin fungsinya untuk membuat bulu kucing menjadi lebat dan halus.

Tapi tidak itu saja sih, ada banyak perbedaan lain terutama pada bagian komposisi bahannya. Ok mari kita bahas apa bedanya, dan bagusan mana sih ?

Perbedaan Kandungan Protein Versi Adult

Untuk Kandungan Protein dari Royal Canin Adult Persian adalah 30 %, sedangkan untuk Proplan Adult Chicken Optirenal adalah 36%.

Sepintas sih merk Proplan menang untuk masalah jumlah proteinya. Tapi ada yang harus kamu tahu.

Yaitu Kalau merk Rc itu penyusunya adalah dehidrated poultri protein ( protein dari unggas yang dikeringkan ). Sedangkan PP adalah Dehidrated Chicken dan Chicken ( Makanan yang dikeringkan dari ayam, termasuk proteinya. Selain itu yang RC itu kebanyakan proteinya berasal dari protein nabati ( Karena mengandung Vegetable Protein Isolate ) , sedangkan Pp dari hewani.

Makanya kalau Proplan itu cepet bikin gemuk, karena kandungan protein hewaninya tinggi. Sedangkan Royal Canin ada dibawahnya, karena protein nabatinya berfungsi untuk membantu menutrisi kulit dan bulunya.

Udah tau belum ? Review makanan kucing proplan all varian

Perbedaan Komposisi Bahan Proplan dan Royal Canin

Kalau kita lihat sepintas antara komposisi Pp dan Rc, maka akan terlihat meski keduanya sama sama masih mengandung grain ( biji bijian). Namun bahan yang mereka pakai berbeda, jika RC condong ke beras, sedangkan PP condong ke gandum dan jagung.

komposisi proplan
Proplan
komposisi royal canin
Royal canin

Terus jika secara seksama dalam membacanya, maka akan terlihat jika merk RC memiliki beberapa aneka jenis oil. Sedangkan untuk Pp hanya sedikit, tidak sebanyak merk pesaingnya.

Kalau yang belum tahu, oil ini sangat bagus untuk menutrisi bulu, terutama agar bulunya tampil lebih lebat dan berkilau.

Mau lihat yang kelas premium nggak ? Review makanan kucing meo kitten ocean fish

Perbedaan Kandungan Nutrisi Antara Royal Canin Adult Persian Vs Proplan Adult Chicken Optineral

Tabel Perbedaan Kandungan Nutrisi

KandunganRoyal CaninProplan
Protein30 %36 %
Crude Ash7. 40
Fat22 %16 %
Crude Fibre4.70 %3 %

Bisa kamu lihat Meski fatnya lebih besar RC ketimbang PP, namun yang memiliki fungsi penggemuk kucing adalah PP. Apa alasanya ? Karena Fat yang terkandung dalam PP murni merupakan protein hewani yang terserap oleh tubuh kucing. Sedangkan pada RC adalah Fat yang terkandung berupa campuran hewani dan nabati serta terfokuskan untuk diserap oleh bulu.

Tapi meski begitu, memang saat kamu memberikan ke RC memang kucing akan ikutan gemuk, tapi gemuknya sedikit alias bertambah berat dari sebelumnya. Sedangkan kalau kamu kasih PP itu benar benar gemuk bisa sampe gendut gitu.

Terus kalau masalah Crude Fibre / Serat kasar, jelas RC akan unggul. Karena memang bahan yang mereka usung adalah campuran hewani dan nabati. Sedangkan kalau PP hampir hewani semua, dan kandungan serat nabatinya hanya sedikit.

Mana Rasa Yang Paling Enak Antara Proplan Vs Royal Canin ?

Karena saya gak bisa cobain sendiri, jadi akan saya ulas menggunakan data yah. hehehe. Menurut saya, rasa yang paling enak antara kedua brand tersebut adalah merk PP. Alasanya karena merk tersebut sudah mengandung garam/ salt/ penyedap rasa.

Jadi harusnya rasa pada makanan kucing PP akan lebih gurih dan enak karena sudah ada penyedap rasanya.

Namun tetap saja, kalau coba kamu kasihkan ke kucing maka hasilnya akan berbeda. Karena selera kucing kan beda beda. Jadi seandenya kamu cobain hidangkan kedua merk ke 20 kucing. Saya yakin nanti pasti akan ada kucing yang memilih PP, dan ada juga yang lebih milih RC untuk mereka makan. Yang jelas kucing juga punya selera masing masing. hehehe .

Perpedaan Claim Keunggulan Dari Masing Masing Merk

Untuk lebih mendalami mengenai bagusnya antara kedua produk yang sedang kita adukan. Saya akan kasih data berupa claim keunggulan yang mereka tawarkan.

Keunggulan Dan Kelebihan Royal Canin Yang Mereka Claim :

  1. Membantu melebatkan bulu dan memperindahnya
  2. Sudah Hairbal Reduction
  3. Gizi yang mudah diserap oleh pencernaan kucing
  4. Urinary Healt / bagus untuk saluran kemih

Baca juga Proplan Vs Equilibrio, Mana yang lebih baik ?

Keunggulan Dan Kelebihan Proplan Yang Mereka Claim :

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh kucing
  2. Cocok untuk kucing aktif, karena makanan ini membuat sendi jadi Sehat
  3. Membantu melindungi gigi kucing dari plak dan karang gigi bandel
  4. Menjaga bulu agar tetap halus dan berkilau

Meski pada Pp dalam claimnya tidak ada kata untuk menggemukan kucing. Tapi catslover dan para penjual makanan kucing sudah paham kalau efek Pp pasti bikin gemuk.

Perpedaan Dari Segi Kemasan

Nah, ini. Sebenarnya perbedaanya cukup lumayan. Karena dengan harga yang sama kamu justru akan mendapatakn 500 gram lebih banyak kalau beli proplan.

Kenapa ? Karena dengan harga yang range sama, bila beli PP kamu bakalan dapat 2.5 Kg, sedangkan kalau beli RC kamu cuma dapat 2 Kg.

Mungkin kalau belinya cuma 1 pcs, gak terlalu berasa. Cuma misal kamu nyetok 5 Pcs. Baru berasa, secara

  • Kalau Proplan 5 x 2.5 = 12.5 Kg
  • kalau Royal Canin 5 x 2 = 10 Kg

wkwkwk lumayan sih beda 2.5 KG… alias beda satu bungkus. Tapi kembali lagi, tergantung niatnya sama mana yang cocok ke kucing.

Meski dapatnya sedikit, tapi kalau memang tujuanya buat bulu jelas merk RC sangat recomended. Sebaliknya kalau tujuanya biar kucing gemuk, ya merk Proplan yang harus kamu pilih.

Kenapa Royal Canin Bisa Bikin Bulu Indah, Tapi Proplan Tidak

Jelas sekali, alasan pertama. Karena RC memang sengaja bikin makanan kucing khusus untuk bulu indah. Kalau Pp sengaja untuk menggemukan badan kucing.

Alasan Kedua adalah karena merk RC membuat makanannya dengan campuran protein hewani dan nabati yang mereka padukan dengan beberapa jenis oil seperti soya oil, borage oil, dan beberapa oil lainnya.

Kamu harus tahu, untuk memperindah bulu kucing, memang sangat diperlukan oil oil alami. Oleh sebab itu, pihak RC memasukan beberapa jenis oil ke dalam produknya.

Tapi sebenarnya, Pp juga mengklaim bisa membantu menjaga bulu kucing tetap indah. Cuma gak sekeren dan seampuh RC. Karena memang beda komposisi penyusunnya.

Baca juga review makanan kucing Royal Canin Hair And Skin

Kenapa Proplan Bisa Bikin Gemuk Sedangkan Royal Canin Tidak

Sebenarnya merk RC juga bisa bikin gemuk, tapi gemuknya hanya berisi atau menambah bobot dari sebelumnya. Sedangkan kalau kamu pakai PP itu, kucing bisa benar benar fat atau gendut.

Nah rahasia dapur dari PP kenapa bisa bikin kucing jadi bener bener gemuk adalah pada kandungan protein hewani. Jadi mereka memperbanyak kandungan protein hewani yang nantinya bakalan di serap untuk jadi daging.

Kalau Kucing Suka Mencret, Bagusnya Pilih Mana ?

Nah kalau kucing kalian memang suka mencret alias memiliki pencernaan yang sensitif terutama saat ganti makanan. Sebaiknya gunakan yang Royal Canin, karena banyak mengandung serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, dalam claimnya juga memang RC mengatakan gizi dalam makanan yang mereka produksi gampang tercerna oleh perut kucing. Bahkan dalam beberapa review, catslover dan para penjual petshop juga mengatakan seperti itu.

Oleh sebab itu myhewan merekomendasikan merk ini daripada Proplan untuk kamu pilih bila kucingmu gampang mencret.

Baca juga daftar obat diare kucing paling manjur

Jadi Aku Harus Pilih Mana ? Pp Atau Rc ?

Kembali lagi, tujuan aku beli makanannya buat apa ? buat gemukin atau bikin bulu indah ?

Kalau kucing kamu kurus, ya bagusnya kamu beli Proplan saja biar kucing kamu cepat gemuk. Tapi jika kucing kamu sudah ideal, sebaiknya berikan Royal Canin saja, biar bulunya jadi indah.

Terus kalau kucing kamu suka mencret, sebaiknya coba gunakan Rc saja, soalnya makanannya lebih ringan untuk kucing serap.

Kalau mau agak berhemat, ya sebaiknya kamu belinya yang Pp, soalnya dapetnya lebih banyak walau dengan harga yang sama. Bedanya 0.5 Kg.

Jika tetap masih bingung, beli saja keduanya. Cobain ke kucing mana yang mereka suka dan mana yang paling aman. Atau kalau gak mau ribet. Langsung mix di antara kedua makanan tersebut.

Demikian artikelnya, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!