Perut Kucing Kembung Apakah Tanda Kucing Masuk Angin ?

kucing masuk angin
Kucing sakit by bluepearlvet.com

Layaknya manusia, masalah perut pada kucing juga bisa terjadi. Apalagi jika kucing sering tiduran dilantai dengan kondisi perut kosong. Maka lama-kelamaan perut si kucing akan sedikit membesar disertai rasa tidak enak.

Jika pada manusia, itu merupakan tanda masuk angin. Lalu bila pada empus, bagaimana ? apakah perut kucing kembung juga merupakan tanda kucing masuk angin ?

Benar, kondisi perut kucing yang kembung merupakan salah satu tanda bahwa kucing masuk angin. Dan ini harus segera ditangani agar kucing cepat sembuh. Anda bisa membawanya ke dokter hewan atau merawatnya sendiri.

Penyebab Kucing Masuk Angin Dan Perut Kembung

Sama seperti manusia, kucing yang kemasukan angin biasa disebabkan oleh kebiasan kucing yang buruk. Seperti tiduran di lantai tanpa alas atau semacamnya. Berikut penyebab empus kesayangan mengalami masuk angin :

  1. Tiduran di lantai tanpa alas.
  2. Makan kurang teratur.
  3. Kondisi cuaca sedang dingin.
  4. Kurang aktif bergerak
  5. Daya tahan sedang menurun.

Penyebab umum kucing mengalami kondisi demikian adalah saat kucing nafsu makannya sedang berkurang lalu sering tiduran di lantai yang berkramik pada kondisi cuaca dingin. Maka biasanya kondisi semacam itu yang akan menyebabkan kucing menjadi sakit. Baca juga penyebab kucing tidak nafsu makan.

Ciri Ciri Perut Kucing Kembung

perut kucing kembung
Kucing diperiksa bg bluebuffalo.com

Kucing yang mengalami perut bermasalah memang cukup sulit untuk terdeteksi, karena kucing tidak bisa ngomong. Namun itu bisa diamati, Berikut ciri cirinya :

  • Kehilangan nafsu makannya.
  • Perutnya sedikit membesar daripada biasanya
  • Apabila perut di tekan, sedikit agak keras dari sebelumnya.
  • Mengalami Flu.

Kucing Anda Flu ? Ini Dosis For Flu Untuk Kucing

Baca juga ciri ciri kucing mau mati.

Gejala Kucing Masuk Angin

Selain mengalami kembung, hewan yang sedang masuk angin juga biasanya memiliki gejala lain yang cukup banyak. Diantara gejala-gejalanya, adalah sebagai berikut :

  1. Perut kucing kembung.
  2. Ukuran perut membesar dan keras.
  3. Nafsu makan berkurang.
  4. Kucing menjadi pasif.
  5. Kucing flu.
  6. Bersin-bersin.
  7. Kucing muntah-muntah.
  8. Kucing diare atau mencret.

Baca Juga : Dosis Diapet Untuk Kucing Mencret

Apabila setelah melihat gejalanya, namun Anda merasa tidak nyakin untuk menentukan penyakit apa yang menyerang kucing. Anda bisa segera membawanya ke dokter agar dapat ditangani oleh ahlinya.

Cara Mengobati Perut Kucing Kembung Dan Masuk Angin

perut kucing kembug harus dirawat
Merawat kucing

Untuk mengobati empus yang sedang mengalami masuk angin, Anda dapat melakukan beberapa treatment di bawah ini ;

1. Oleskan Minyak telon

Para catlovers, apabila Anda ingin mengobati perut kembung pada kucing. Anda dapat mengoleskan minyak telon bayi pada sekitar perut kucing. Ini bertujuan untuk menghangatkan perut kucing. Sehingga nanti angin yang telah masuk ke tubuh, pelan-pelan bisa keluar.

2. Kompres Perut Kucing

Cara yang kedua adalah dengan mengkompres perut kucing dengan air hangat. Seperti penggunaan minyak telon, proses kompres ini bertujuan untuk menghangatkan perut kucing agar cepat sembuh. Lalu biarkan kucing tertidur. Baca juga alasan kenapa kucing suka tidur.

3. Beri Air jahe

Untuk pengobatan dari dalam, Anda dapat memberikan air jahe dengan sedikit campuran madu untuk membantu mengeluarkan angin dari badan kucing. Karena air jahe dan madu sangat bermanfaat untuk kucing.

4. Untuk Sementara Jangan Kasih Dryfood

Makanan kucing kering yang biasa dijual secara kemasan apabila dimakan oleh kucing akan membuat perutnya sedikit ber-gas. Untuk itu, apabila kucing sedang mengalami kembung, sebaiknya hindari makanan jenis ini untuk sementara waktu itu.

5. Cukupkan Kebutuhan Air

Apabila kucing sampai mengalami mencret atau diare, maka usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan kucing. Agar kucing tidak mengalami dehidrasi dan kekurangan cairan.

Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Masuk Angin

mencegah kucing agar tidak maduk angin
Kucing by cdc.gov

Memiliki kucing yang sehat tentu merupakan harapan para catlovers. Lalu bagaimana cara mencegah agar kucing tidak kemasukan angin ? Meski kondisi ini jarang terjadi namun harus tetap diwaspadai. Berikut cara mencegahnya :

1. Usahakan Kucing Selalu Teratur Makan

Kucing yang perutnya tidak kosong dan selalu keisi makanan. Maka dapat memperkecil peluang mereka terkena gangguan perut kembung akibat kemasukan angin.

2. Berikan Alas Saat Kucing Tidur

Apabila kucing akan tidur, jangan biarkan ia tidur dilantai yang dingin, setidaknya berikanlah alas berupa sesuatu yang cukup hangat. Ini bertujuan agar kondisi badan kucing tetap hangat, jadi bisa terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan.

Baca juga alasan kenapa kucing suka guling-guling di lantai.

3. Cegah Keluar Rumah Saat Cuaca Dingin

Saat kondisi sedang hujan atau sekedar cuaca berubah menjadi dingin, sebaiknya cegah agar kucing tidak keluar rumah. Dikhawatirkan kucing akan kedinginan dan malah nanti bisa masuk angin.

Catatan : Meski masuk angin itu jarang. Namun harus tetap diwaspadai biar kucing tak menderita. Selain itu, bila Anda merasa tidak nyakin dengan kondisi kucing, sebaiknya bawalah ke dokter. Demikian artikelnya. Semoga beramnfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!