8 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Beserta Solusinya

Sebagai seorang pemelihara kucing, pernahkah Anda mengalami kejadian kucing tidak mau makan selama beberapa waktu ?

kucing tidak mau makan
Kucing Tidak Mau Makan

Jika Anda pernah mengalaminya maka itu hal yang normal, karena seperti manusia. Kadang kala kucing mengalami suatu hal yang akhirnya membuatnya tidak nafsu makan.

Namun yang perlu diingat adalah, meski ini normal. Tapi Anda harus segera mencari tahu penyebab kucing Anda tidak mau makan agar bisa mengambil langkah tepat dalam mengemabalikan nafsu makannya.

Penyebab Umum Kucing Tidak Mau Makan

Sebenarnya penyebab kucing tidak bernafsu sangatlah banyak, namun mungkin jika Anda telah mengenalnya secara mendalam. Maka Anda akan dengan cepat mengetahui apa yang sedang menjadi permasalahan kucing hingga ia tidak ingin makan.

Berikut penyebab umum kucing tidak nafsu makan :

1. Makanan

Hal pertama yang patut Anda curigai adalah soal makanan. Namun ini juga masih luas, artinya belum spesifik.

makanan kucing
Makanan Kucing

Maksudnya gini, penyebab kucing tidak nafsu makan bisa saja karena bosan dengan makanannya atau bisa juga tidak doyan dengan makanan yang sebelumnya Anda kasih. Atau bahkan bisa juga makanan yang biasa Anda kasih ternyata membuat kucing merasakan gak enak di badanya, seperti sakit perut dan lainya.

Bahkan soal teksturpun kadang juga menjadi masalah pada kucing. Misal ternyata kucing Anda tidak terlalu suka makanan basah, lalu malah Anda kasih makanan basah. Maka sudah jelas kucing akan menolaknya.

Oleh sebab itu, soal makananpun Anda harus menyelidikinya lebih seksama untuk menentukan penyebab pasti dari hilangnya nafsu makan kucing.

Lalu jika ternyata makanan menjadi penyebabnya, mungkin solusi terbaiknya adalah Anda harus mencoba memberikan jenis makanan lain.

2. Permasalahan Dalam Sistem Pencernaan

Hal yang sangat berkaitan dengan nafsu makan tentu organ pencernaan. Meski makanan tersebut enak dan bergizi, tapi jika sistem pencernaan sedang terganggu, tentu itu tidak ada gunanya.

Begitupun pada kucing, Anda perlu memeriksa apakah kucing terlihat memiliki masalah pencernaan seperti mencret, perut kembung atau masalah lain.

Lalu ketika ternyata ada, maka kemungkinan itu yang menjadi penyebabnya.

Dan untuk cara mengatasinya, Anda bisa berikan obat atau semacamnya.

3. Memiliki Masalah Pada Mulutnya

Selain pada pencernaan, masalah yang membuat kucing tidak mau makan juga bisa disebabkan oleh mulutnya. Kadang beberapa luka kecil seperti sariawan kucing akan menyebabkan kucing enggan menyantap makanan.

kucing
Kucing

Selain itu, sakit gigi atau semacamnya juga sangat mempengaruhi tingkat nafsu makan kucing. Jika dengan membuka mulut kucing Anda tidak bisa menemukan luka apa-apa.

Maka mungkin masalahnya bukan pada mulutnya, tapi yang lain. Namun jika Anda menemukan sariawan kucing, maka obati segera agar kucing segera sembuh dan bisa lahap lagi ketika makan.

4. Kucing Sakit

Kucing yang sedang sakit juga pasti akan kehilangan nafsu makannya. Anda harus memeriksakannya ke dokter hewan untuk memastikan keadaan hewan kesayangan Anda.

Kucing Anda Flu ? Bingung Ngasih Obat Apa ? Stop Flu Obat Kucing Pilek Yang Ampuh

Bahkan untuk sakit pada kaki, luka pada badan juga kerap menimbulkan menurunnya nafsu makan kucing. Jadi jelilah dalam memerhatikan kucing Anda agar bisa sigap mencari solusi dalam setiap permasalahan yang dialami kucing Anda.

Tapi biasanya, jika antara majikan dengan kucing ikatan persahabatnya sudah lama, maka secara naluri akan cepat mengatahui keadaan yang sedang dialami oleh sabahatnya. Dalam konteks ini tentu sahabat Anda adalah kucing. Baca juga cara kucing mengenali majikannya.

5. Kucing Sedang Stres

kucing stres
Kucinh stres

Ternyata stres pada kucing juga memiliki kesamaan dengan stres pada manusia, karena sama-sama bisa membuat kehilangan nafsu makan.

Meski permasalahan stres yang dialami kucing dan manusia itu beda, namun tetap saja akan mengakibatkan hal yang sama. Yaitu nafsu makan turun.

Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu apa yang sedang dialami kucing, kadang-kadang kucing bisa stres karena, tidak ada teman bermain, memiliki musuh dalam lingkunganya, atau cemburu dengan hewan lain yang terlihat lebih Anda sayang.

Anda perlu melihat lagi kebelakang dan menerka-nerka apakah ada hal yang sekiranya membuat kucing Anda stres atau tidak. Jika iya maka solusi terbaiknya adalah Anda harus segera menyelesaikanya, misal jika karena gak ada teman bermain, bisa Anda belikan hewan lain untuk teman bermain.

Atau bila akibat cemburu, maka Anda bisa gunakan cara yang bisa Anda lakukan untuk menyakinkan kucing bahwa Anda tetap menyayanginya dan tetap menjadi majikanya. Kalau jika dirasa perlu, Anda bisa membatalkan dalam memelihara hewan baru tersebut.

6. Masa Kawin Kucing

Kucing dewasa yang mulai memiliki rasa birahi untuk memulai aktivitas perkembangbiakan maka kadang-kadang secara alami tidak terlalu ingin makan. Dan lebih berfokus untuk menjalani masa kawin yang sebentar. Baca juga ciri-ciri kucing birahi mau kawin.

kucing kawin
Kucing Kawin

Apalagi jika ini menimpa kucing yang baru dewasa dan baru pertama kali memiliki birahi untuk melakukan proses kawin, maka untuk sementara waktu rutinitas keseharianya akan terganggu, termasuk soal waktu makan.

Jadi apabila memang disebabkan karena ini, maka tenang saja. Karena normal.

7. Menelan Benda Asing

Sebenarnya kejadian seperti ini jarang terjadi, namun tetap saja berpeluang. Yaitu ketika kucing bermain dengan benda-benda kecil yang beresiko gampang tertelan.

Apalagi kebiasaan kucing kalau bermain, mainannya juga suka dimasukan ke mulut. Jadi waspadalah dan hati hatilah saat memberikan mainan pada kucing.

Atau bisa juga benda asing tersebut berupa duri ikan atau semacamnya, yang ternyata Anda tidak menyadari kalau kucing Anda tersedak duri ikan. Dan durinya gak lepas-lepas dari tenggorkan. Maka segeralah keluarkan atau bawa ke dokter hewan.

8. Kucing Keguguran Saat Hamil

Saat kucing Anda sedang hamil, umumnya nafsu makan kucing akan meningkat. Namun bila ternyata kucing tiba-tiba tidak nafsu makan dan mengalami gejala lain seperti ciri-ciri kucing keguguran. Maka kemungkinan kucing benar-benar keguguran.

Dan untuk memastikan lebih jelasnya, tentu sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.

Intinya sih, ketika kucing tidak mau makan, Anda harus cepat-cepat berusaha mencari cara agar nafsu makanya pulih lagi. Karena ketika kucing terlalu lama tidak mendapat asupan, itu sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan kucing.

Bila Anda mendapat akses mudah ke dokter hewan, sebaiknya segera priksakan agar cepat ditangani. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!