Pahami Ciri Ciri Kucing Sedih Beserta Penyebabnya

Kesedihan adalah sebuah rasa yang umum terjadi pada makhluk hidup, baik manusia, hewan, hingga tumbuhan sekalipun. Oleh sebab itu, tak heran jika seekor kucingpun dapat mengalami kesedihan.

ciri ciri kucing sedih
Kucing sedih

Namun berbeda dengan manusia yang dapat mengutarakan kesedihannya sehingga kita sebagai temannya bisa memahi dan membantunya.

Pada kucing, maka kita sebagai manusia harus menggali lebih dalam untuk bisa memahi kesedihan seekor kucing. Karena mereka tidak bisa bercerita kepada kita menggunakan bahasa yang kita pahami.

Maka dari itu yang bisa kita lakukan adalah mengamati dan memahami setiap perilaku kucing untuk menentukan kondisi kucing pada saat itu.

Ciri Ciri Kucing sedih

Berikut ini beberapa ciri ciri kucing sedih yang umumnya ditampakan oleh seekor kucing secara umum :

1. Sering Mengeong

Jika kucing Anda secara normal jarang mengeong, lalu tiba-tiba beberapa waktu ini sering mengeong dan merancau gak jelas. Ada kemungkinan kucing Anda sedang mengalami kesedihan. Apalagi jika disertai dengan menangis maka sudah pasti kucing sedang mengalami stress atau sedih.

Kita bisa berkaca pada diri sendiri yang ketika sedih juga sering berisik dan merancau gak jelas seperti sedang meluapkan kekesalanya. Nah begitupun dengan kucing. Anda bis melihat ekspresi muka kucing untuk lebih memahaminya.

Secara naluripun jika Anda dan peliharaan Anda telah bersama dengan waktu yang cukup lama, maka Anda akan cepat memahaminya.

2. Sering Bersembunyi

tanda kucing menangis
Kucing bersembunyi

Tanda kucing menangis lainya yang bisa Anda amati adalah kucing menjadi suka bersembunyi di sebuah tempat yang tidak biasanya. Seolah-olah sedang ingin sendiri dan tidak ingin diganggu. Jadi dia bersembunyi dari semua makhluk termasuk Anda sebagai pemeliharanya.

Meski ini umum terjadi pada kucing yang sedang bersedih. Namun sebagai pemelihara Anda harus cepat-cepat menanganinya. Karena jika dibiarkan berlarut-larut malah bisa membahayakan kondisi kucing.

3. Tidak Mau Makan

Layaknya seorang manusia, kucing yang tengah mengalami guncangan jiwa juga akan mengalami penurunan nafsu makan yang lumayan signifikan. Baca juga penyebab umum kucing tidak mau makan.

Terlarut dalam sebuah kesedihan bisa membuat kucing benar-benar tidak ingin makan dan hanya ingin diam dan tidur tanpa melakukan aktivitas apapun.

4. Perilakunya Berubah

Ciri ciri kucing sedih lainya biasa ditandai dengan perubahan kebiasan kucing terutama yang tadinya aktif menjadi lebih pasif, diam saja seperti sedang murung.

Jika kucing Anda mengalami perubahan perilaku seperti ini, maka Anda perlu waspada. Bisa saja kucing Anda benar benar sedang bersedih.

Hiburlah mereka agar tidak berlarut larut terjebak dalam kesedihan. Anda bisa mengajaknya bermain agar kucing lupa masalahnya.

5. Menjadi Galak Atau Bahkan Penakut

tanda kucing stress
Kucing Merancau

Tanda kucing menangis dan bersedih lainya bisa dilihat dari kebiasanya. Misal seekor kucing yang tadinya bersifat kalem berubah menjadi galak dan agresif saat mengalami guncangan jiwa.

Dan begitupun sebaliknya, yang tadinya agresif dan aktif. Bisa saja berubah saat sedang sedih, diamana perubahan tersebut membuat kucing menjadi takut.

Apalgi jika kesedihan tersebut disebabkan oleh perilaku manusia yang kejam, maka bisa saja membuat kucing trauma dan takut pada manusia.

6. Bulu Mulai Rontok

Ciri khas yang sama yang kerap terjadi pada manusia yang mengalami stress adalah mengalami kebotakan. Pada kucingpun demikian, kucing yang terlalu stress dan bersedih maka bulunya dapat rontok secara masal secara perlahan.

Ini bisa diakibatkan karena perubahan hormon yang disebabkan oleh stress pada kucing.

7. Bulu Menjadi Kusam

Ternyata tak hanya mengalami kerontokan, bulu kucingpun dapat berubah menjadi lebih kusam akibat stress. Anda bisa amati perbedaan saat bulu kucing sedang normal dengan bulu kucing yang sedah sedih berkepanjangan.

Akan terlihat perbedaan dimana kucing yang sehat dan normal memiliki bulu yang lebih sehat dan berkilau, sedang kucing yang stress terlihat kusam dan rontok.

8. Lebih Sering Tidur

Meski penambahan jam tidur kucing disebabkan oleh beragam masalah. Namun pada kucing yang sedih, penambahan jam tidur juga bisa sebagai tanda alami bahwa mereka sedang mengalami hal yang luar biasa. Baca juga kucing tidur terus, kucingku kenapa ?

Kesedihan yang mereka alami akan membuatnya murung, diam, dan bersembunyi. Sehingga akhirnya dalam persembunyianya mereka akan tidur terus.

kucing tidur
Kucing lebih milih tidur

Oleh sebab itu jika kucing mengalami beberapa tanda diatas, kemungkinan kucing memang sedang sedih dan Anda harus mencari tahu penyebabnya untuk bisa kasih solusi dari permasalahn tersebut.

Penyebab Kucing Sedih Dan Menangis

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa membuat kucing menjadi bersedih, Berikut myhewan rangkum beberapa hal yang umum menjadi penyebabnya.

1. Kehilangan Teman

Saat teman kucing peliharaan Anda telah mati atau pindah tempat, kemungkinan kucing Anda bisa sedih dan depresi. Apalagi jika teman tersebut sudah tinggal bareng bersama kucing dalam waktu yang lama, maka kemungkinan kucing akan sangat depresi.

2. Kehilangan Tuan

Kehilangan taun maksudnya pemilik utamanya meninggal atau kucing dijual sehingga berganti pemilik. Nah saat saat seperti ini yang umunya membuat kucing Anda terguncang jiwanya akibat kesedihan yang cukup berat. Baca juga cara kucing mengenali majikanya, bagaimana ?

3. Memiliki Musuh Yang Kuat

Saat kucing Anda gemar bermain keluar lalu tiba-tiba menjadi murung dan tidak mau keluar lagi, bisa diakibatkan oleh adanya musuh yang cukup kuat di wilayahnya.

Apalagi jika ternyata kucing Anda terus-terusan kalah dalam perebutan wilayah tersebut sehingga ia kehilangan tempat dan teman-temanya. Maka bisa membuat kucing Anda stres dan murung terus.

4. Kucing Merasa Akan Mati

Penyebab keempat yang bisa terjadi adalah filing kucing yang nerasa tubuhnya lemah sehingga ia merasa sebentar lagi mau mati. Jadi dia bersedih dan terus murung. Baca juga ciri ciri kucing mau mati.

Itulah beberapa penyebab yang kerap membuat kucing Anda sedih, stress, hingga menangis. Semoga bermanfaat.

Ani

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!