7 Pahala Memelihara Kucing, Dan Keistimewaanya !

pahala memelihara kucing

Sebagai seorang yang suka memelihara kucing, tahukah kamu bahwa ternyata pahala memelihara kucing itu ada loh. Hal ini karena kucing merupakan hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW, dan Beliau dulu juga pernah memelihara kucing.

Kucing termasuk hewan yang suci dan sangat jauh dari najis. Kucing akan rajin membersihkan tubuhnya setiap saat dengan menjilati tubuhnya. Hal Ini membuat hewan yangsatu ini begitu dihormati dalam Agama Islam.

Sebagai hewan kesayangan Rasulullah, kucing bahkan masuk dalam hadis-hadis shahih. Dimana sepak terjangnya bersama Rasulullah berhasil diabadikan dalam berbagai riwayat. Selain itu, kucing bahkan hadir dalam berbagai perjalanan peradaban Islam.

Bahkan hingga sampai detik ini, kucing terkenal dengan hewan yang sangat dihormati, sampai sampai kalau tak sengaja menabrak nya. Maka kebanyakan umat islam di Indonesia akan turun dari mobil dan kalau kucingnya mati, maka ia akan menguburkannya.

Baca Juga Daftar Nama Kucing Kesayangan Nabi Muhammad Dan Nabi Nabi Lain

Pahala Memelihara Kucing

Ketika seseorang memelihara hewan apapun itu selama di dalam hatinya penuh dengan keimanan kepada Allah niscaya akan membawa kebaikan. Bahkan ketika diniatkan ibadah maka akan bernilai pahala, apalagi yang dipelihara adalah kucing yang menjadi salah satu hewan kesayangan Rasul. Berikut beberapa ulasan mengenai pahala memelihara kucing:

1. Melatih Sikap Empati

Memelihara kucing merupakan salah satu latihan untuk menumbuhkan sikap empati di antara sesama makhluk hidup. Misalnya saja ketika seorang anak kecil dibekali dengan memelihara kucing nantinya ia akan tumbuh menjadi orang penyayang dan peduli sesama.

Ini terbukti dengan mayoritas manusia yang menjadi pemelihara kucing adalah wanita. Karena untuk memelihara kucing memang sangat perlu sifat kasih sayang dan ekstra sabar.

Baca juga Hukum Memelihara Kucing Itu Bagaimana ?

2. Mendapat Rahmat pada Hari Kiamat

Siapapun yang menyayangi binatang peliharaan entah itu kucing maupun binatang sembelihan kelak di hari kiamat akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Tentunya dengan syarat keikhlasan dan ketulusan dalam hati seseorang.

Sebagaimana hadis riwayat Imam Bukhari yang artinya, “Barang siapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat. Dengan ini tidak perlu merasa takut atau khawatir ketika hendak memelihara kucing.”

3. Memperoleh Ampunan dari Allah SWT

Dalam kitab syarah Adabul Mufrod menyebut bahwa setiap Muslim sangat dianjurkan untuk selalu berbuat baik pada semua makhluk di bumi, termasuk dengan binatang peliharaan. Diterangkan bahwa orang yang selalu berbuat baik akan mendapat pahala dan ampunan dari Allah SWT.

Teruslah berbuat baik kepada sesama, karena bilamana kita terus melakukannya secara istiqomah, maka Allah tentu tidak akan menyianyiakan kebaikan Anda.

Baca Juga Doa Kucing Untuk Tuanya

4. Memelihara Kucing Merupakan Bentuk dari Sedekah

Allah SWT sangat menganjurkan umat muslim untuk selalu memelihara, memberi makan dan minum terhadap hewan. Hal ini merupakan bentuk dari sedekah. Apalagi ketika binatang-binatang itu dalam keadaan haus dan kelaparan. Memelihara kucing disini masuk kedalam bentuk sedekah.

Bahkan jika terhadap hewan yang kelaparan atau kehausan, maka termasuk kedalam sedekah yang besar. Ini karena Anda telah berjasa ikut menyelamatkan nyawa seekor hewan yang diambang kematian.

“Pada setiap sedekah terhadap mahluk yang memiliki hati (jantung) yang basah (hidup) akan dapatkan pahala kebaikan. Seorang muslim yang menanam tanaman atau tumbuh-tumbuh-an yang kemudian dimakan oleh burung-burung, manusia, atau binatang, maka baginya sebagai sedekah” (Bukhori, Muslim).

5. Mendapat Banyak Rezeki

Seperti yang sudah admin jelaskan tadi, memelihara kucing masuk kedalam golongan sedekah. Dan sedekah masuk ke dalam amalan yang bisa memperlancar rezeki. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa memelihara kucing dapat memperlancar rezeki kamu.

DI sini bisa kita tekankan kalau rezeki bukan hanya melulu uang yah. Kesehatan juga termasuk rezeki. Kehidupan keluarga yang harmonis juga termasuk rezeki.

Oleh sebab itu, jika Anda mendapatkan sesuatu semisal keluarga menjadi lebih tentram. Mungkin saja itu balasan Allah karena Anda telah sering memberikan makan ke kucing.

6. Melancarkan Urusan

Yah, salah satu hal lain yang mungkin Anda dapat setelah memelihara kucing adalah urusan urusan kamu menjadi lebih lancar. Karena salah satu manfaat / pahala memelihara kucing adalah memperlancar rezeki berupa urusan urusan yang lancar tanpa halangan berarti.

7. Di Cintai Nabi

Dalam berbagai kisah telah disebutkan bahwa kucing menjadi salah satu peliharaan favorit Nabi Muhammad. Bahkan beli memberikan nama kucingnya dengan nama Muezza.

Seperti yang kita tahu, mengikuti setiap perbuatan Nabi ( sunnah ) tentu kelak di hari kiamat bakal menjadi salah satu orang yang beliau cintai. Dan ini juga berlaku untuk pemelihara kucing yang menyayangi kucingnya, sebab Nabi Muhammad SAW juga dulu sangat baik terhadap kucingnya. Wallohu Allam.

Hadis Tentang Keutamaan Kucing

Salah satu hadis mengenai keutamaan kucing adalah riwayat dari HR. Muslim, begini bunyinya : “Ketika Nabi Muhammad akan berwudhu dihampiri oleh seekor kucing dan kucing tersebut minum di bejana tempat beliau wudhu. Nabi berhenti hingga kucing tersebut selesai minum lalu berwudhu”. (HR Muslim).

Hadis tersebut sangat menunjukan betapa sayangnya Nabi terhadap kucing, bahkan saat hendak berwudhu saja, harus menunggu kucing selesai minum agar tidak mengganggu ia saat minum.

Hadis Keutamaan kucing yang lain adalah pada hadis ini “Kucing itu tidak najis, ia binatang yang suka berkeliling di rumah (binatang rumahan)”. (HR Tirmidzi). Kucing merupakan salah satu hewan yang tidak dianggap najis, sehingga cocok untuk kamu pelihara.

Karena kalau kamu harus melihara hewan yang bernajis, maka akan cukup menyusahkan kamu. Terutama saat akan beribadah.

Demikian ulasan mengenai pahala memelihara kucing semoga bermanfaat dan mendorong umat muslim untuk selalu berbuat baik terhadap binatang peliharaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!