Pahala Memelihara Kucing, WOW Sangat Luar Biasa

pahala memelihara kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang disayangi Nabi Muhammad SAW sehingga tidak heran jika kucing pun disenangi banyak orang. Banyak orang merasa takut untuk memelihara kucing, namun tahukah mereka terkait pahala memelihara kucing.

Pahala Memelihara Kucing

Ketika seseorang memelihara hewan apapun itu selama di dalam hatinya penuh dengan keimanan kepada Allah niscaya akan membawa kebaikan. Bahkan ketika diniatkan ibadah maka akan bernilai pahala, sebagaimana ulasan pahala memelihara kucing berikut:

1. Melatih Sikap Empati

Memelihara kucing merupakan salah satu latihan untuk menumbuhkan sikap empati di antara sesama makhluk hidup. Misalnya saja ketika seorang anak kecil dibekali dengan memelihara kucing nantinya ia akan tumbuh menjadi orang penyayang dan peduli sesama.

Ini terbukti dengan mayoritas manusia yang menjadi pemelihara kucing adalah wanita. Karena untuk memelihara kucing memang sangat perlu sifat kasih sayang dan ekstra sabar.

Baca juga Hukum Memelihara Kucing Itu Bagaimana ?

2. Mendapat Rahmat pada Hari Kiamat

Siapapun yang menyayangi binatang peliharaan entah itu kucing maupun binatang sembelihan kelak di hari kiamat akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Tentunya dengan syarat keikhlasan dan kelulusan dalam hati seseorang.

Sebagaimana hadis riwayat Imam Bukhari yang artinya, Barang siapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada Hari Kiamat. Dengan ini tidak perlu merasa takut atau khawatir ketika hendak memelihara kucing.

3. Memperoleh Ampunan dari Allah SWT

Dalam kitab syarah Adabul Mufrod menyebut bahwa setiap Muslim sangat dianjurkan untuk selalu berbuat baik dalam semua makhluk di bumi termasuk dengan binatang peliharaan. Diterangkan bahwa orang yang selalu berbuat baik akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Baca Juga Doa Kucing Untuk Tuanya

4. Memelihara Kucing Merupakan Bentuk dari Sedekah

Allah SWT sangat menganjurkan umat muslim untuk selalu memelihara, memberi makan dan minum terhadap hewan. Hal ini merupakan bentuk dari sedekah. Apalagi ketika binatang-binatang itu dalam keadaan haus dan kelaparan. Memelihara kucing disini masuk kedalam bentuk sedekah.

5. Diampuni Dosa-dosanya

Setiap muslim di perintahkan untuk saling tolong menolong terhadap apapun dan siapapun. Termasuk di sini menolong hewan yang sedang kelaparan dan kehausan. Dengan memeliharanya, maka seseorang telah berbuat baik dan bernilai ibadah sehingga dosanya dapat terampuni.

6. Di Cintai Nabi

Dalam berbagai kisah telah disebutkan bahwa kucing menjadi salah satu peliharaan favorit Nabi Muhammad. Bahkan beli memberikan nama kucingnya dengan nama Muezza.

Seperti yang kita tahu, mengikuti setiap perbuatan Nabi ( sunnah ) tentu kelak di hari kiamat bakal menjadi salah satu orang yang beliau cintai. Dan ini juga berlaku untuk pemelihara kucing yang menyayangi kucingnya, sebab Nabi Muhammad SAW juga dulu sangat baik terhadap kucingnya. Wallohu Allam.

Demikian ulasan mengenai pahala memelihara kucing semoga bermanfaat dan mendorong umat muslim untuk selalu berbuat baik terhadap binatang peliharaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!