16 Vitamin Kucing Hamil, Bulu Lebat & Penggemuk Badan

Seekor kucing memiliki kebutuhan harian yang harus ia penuhi. Namun biasanya, makanan yang ia makan tak mampu mencukupi kebutuhan nutrisinya. Oleh sebab itu kehadiran vitamin kucing sangat perlu untuk membantu melengkapi nutrisi harian yang belum terpenuhi.

Tenang saja, dalam dunia perkucingan. Ada banyak sekali merk vitamin yang tersedia, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. Misal beli untuk apa ? apakah untuk menambah berat ? atau untuk nutrisi kehamilan ? atau untuk kucing sakit ? Pokoknya ada semua. Dan admin bakal kasih daftar terlengkapnya. Ok ?

vitamin kucing

Jenis Vitamin Berdasarkan Kegunaanya

Vitamin adalah nutrisi tambahan yang dikonsumsi untuk menunjang kebutuhan harian. Oleh sebab itu macam macam vitamin pun banyak. Karena tergantung kondisi yang terjadi.

Berikut daftar jenis vitamin yang bermanfaat bagi kucing :

1. Vitamin A Dan B ( Bagus Untuk Mata )

Vitamin A sudah sejak lama terkenal sebagai nutrisi yang baik buat mata. Ini juga berlaku bagi kucing. Apabila kucing Anda mengalami masalah pandangan atau penyakit mata yang mengganggunya. Segerah beri merk obat yang memiliki kandungan vit. A .

Kemudian ternyata tidak hanya Vit. A, Vitamin B juga memilik manfaat yang bagus untuk meningkatkan kinerja mata. Anda dapat memberikan kucing dengan kedua Vit. tersebut. Biar pandanganya lebih tajam dan bisa lebih waspada terhadap lingkunganya.

Apalagi kalau kucingmu aktif berkeliaran dan berburu. Maka sebaiknya sering sering berikan nutrisi tambahan.

2. Vitamin E Dan C ( Membuat Kulit Dan Bulu Menjadi Indah Nan Lebat )

Jika kamu seorang wanita, pasti sudah paham. Kalau Vitamin E bagus untuk kulit. Karena di setiap produk perawatan kulit pasti mengandung Vitamin E.

Ini juga berlaku bagi tubuh kucing. Apabila Anda menginginkan kulit kucing yang sehat disertai bulu yang indah dan lebat. Maka bergegaslah pilih makanan yang mengandung Vit. E dan belilah Vitamin tambahan khusus untuk melebatkan bulu.

Bulu kucing rontok, bikin stress. Baca cara melebatkan bulu kucing kampung.

Tapi ternyata tak hanya itu, Vitamin C juga bagus untuk menyehatkan kulit. Karena bisa merangsang pertumbuhan kolagen yang bagus untuk kulit kucing Anda.

Kombinasi kedua Vit. ini dapat membuat kulit kucing jadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk mereknya, bisa lihat pada bagian bawah. Atau untuk mempermudah dalam menemukanya. Gunakanan daftar isi untuk penunjuk Anda dalam membaca artikel myhewan.

3. Vitamin D ( Memperkuat Tulang Kucing Yang Lincah )

Bila Anda memiliki kitten yang aktif, maka sebaiknya berikan asupan vitamin D yang banyak. Ini karena vit. tersebut dapat memperkuat tulang dan gigi. Pokoknya vit. D khusus menangani masalah yang keras keras kayak tulang.

Oh ya, kalau untuk yang satu ini. Ternyata salah satu sumbernya berasal dari sinar matahari. Jadi bila kucing kamu suka berjemur saat pagi hari berarti bagus. Karena selama proses penjemuran tersebut mereka sedang mengumpulkan vit. D yang bermanfaat bagi mereka.

4. Vitamin K ( Membantu Proses Pembekuan Darah Dan Menjaga Organ )

Vitamin K merupakan nutrisi yang bertugas dalam hal membekukan darah ketika mengalami luka, selain itu vit. ini juga bertugas menjaga organ dalam seperti hati dan yang lainya.

Nah apabila kucing Anda kekurangan vit. ini, maka saat mereka terluka. Kemungkina mereka bakal mengalami pendarahan yang cukup hebat karena kekurangan zat pembeku darah.

Oleh sebab itu sebaiknya selalu kontrol asupanya biar kitten tumbuh dengan sehat dan normal tanpa gangguan suatu apapun.

Cara Memilih Vitamin Untuk Kucing

Jika Anda berniat untuk membeli vitamin untuk hewan peliharaan Anda, maka sebaiknya baca dulu tips dari myhewan.

Berikut tips memilih vitamin versi myhewan :

  1. Tentukan tujuanya. Jadi misal kamu tujuanya mau ngasih vitamin untuk apa ? untuk menggemukan atau untuk indukan hamil ? karena setiap merk menjual dengan fungsi yang berbeda.
  2. Buatlah list dari 2 – 3 merek dengan fungsi yang sama. Jadi misal kamu sudah menemukan tujuanya. Maka carilah daftar merknya yang menjual apa yang Anda butuhkan.
  3. Lihat reviewnya. Nah ini juga penting, bacalah review dari orang orang mengenai produk tersebut.
  4. Sesuaikan harganya. Jadi setelah anda lihat reviewnya, segera lihat dana yang Anda siapkan. Lalu pilihlah yang terbaik namun tetap pas di kantong Anda.

Vitamin Untuk Melebatkan Bulu Kucing

vitamin untuk bulu lebat

Apabila Anda ingin melebatkan bulu kucing dan menyehatkan kulitnya. Bisa menggunakan vitamin sebagai nutrisi tambahan.

Berikut daftarnya :

1. Ketwol

Ketwol berbentuk cair dan berguna untuk melebatkan serta memperindah bulu kucing. Anda dapat memberikanya kepada kucing yang mengalami kebotakan atau kerontokan.

Aturan pakai dari ketwol adalah 2 – 3 tetes dalam sehari. Dan sebaiknya kamu berikan jika usia kitten lebih dari 3 bulan. Kemudian untuk cara memberikanya bisa langsung ke mulut atau dengan mencampurkanya ke menu makannya.

Untuk Review ketwol dari para pelanggan cukup bagus loh. Banyak yang merasa cocok dengan produk ini, dalam pemakaian 3 hari saja. Banyak yang mengatakan sudah berefek. Dimana kerontokan yang terjadi mulai berkurang.

Untuk harganya sendiri cukup murah 15.000 -an. Anda dapat membelinya di apotik hewan. Atau beli di toko online.

Pengin nyari makanan khusus bulu ? cek Makanan Untuk Melebatkan Bulu Kucing Kampung

2. Dermatrix

Dermatrix merupakan obat vitamin yang berfungsi sebagai penutrisi bulu dan kulit. Sehingga bisa memperindah dan melebatkan bulu kucing.

Vitamin ini berbentuk tablet sehingga untuk cara pemberianya bisa kamu taruh di kibble. Biar ikut kemakan bersama makanannya. Atau bisa juga digerus dan dicampur air. Lalu kasihkan ke kucing.

Untuk dosis Dermatrix adalah 1/2 tablet sehari sekali. Kecuali jika berat kucing mencapai 10 Kg, baru bisa berikan 1 tablet sehari.

3. Kitzyme

Kitzyme juga merupakan vitamin yang berfungsi untuk melebatkan bulu kucing. Tapi tak hanya itu, kelebihan dari produk ini juga menambah imun tubuh. Sehingga bisa menambahkan kebugaran kucing.

Bentuk dari vit. ini adalah tablet, sehingga untuk memberikanya bisa Anda gerus atau dengan cara mencampurkannya ke makanan. Sementara untuk dosis dari kitzyme adalah maksimal 6 tablet/hari.

Tapi sebaiknya berikan 3-4 tablet saja. tidak usah banyak banyak.

4. Megaderm

Megaderm merupakan vit. yang sangat kompleks. Karena selain bisa menambah bulu menjadi lebat, tapi juga bisa menambah nafsu makan sehingga bisa bikin gemuk.

Obat nutrisi ini, sangat cocok bagi kucing yang mengalami kerontokan bulu gara gara alergi, kulit kemerahan maupun gatal gatal.

Karena Megaderm bentuknya cair, jadi untuk memberikanya bisa campurkan ke makanan. Sementara untuk dosis Megaderm adalah 1 cc untuk 2Kg berat kucing per hari.

Catatan : 1 cc = 1 ml .

Untuk harganya sekitar 16 ribu perbotol. Silahkan beli di toko online.

5. Kis Kis Cat Pastilles Green Seaweed

Merk Kis kis merupakan salah satu vitamin yang berguna untuk melancarkan metabolisme dan menyehatkan kulit. Tak hanya itu, Kis kis juga dapat melebatkan bulu kucing.

Anda dapat memberikan kis kis pada kucing dengan dosis 2-3 tablet dalam sehari. Untuk memberikanya bisa Anda gerus dan campurkan dengan makanan kucing.

Sementara itu, soal harga Kis Kis Cat adalah 45.000 an per botol.

Daftar Merk Vitamin Kucing Agar Gemuk

vitamin agar kucing gemuk

Jika Anda memiliki kucing yang kurus dan ingin mencari vitamin kucing agar kucing menjadi gemuk. Silahkan lihat daftar di bawah ini :

1. Nupro

Vit. Nupro cukup terkenal di kalangan pecinta kucing. Terutama varian penggemuknya, karena terkenal cukup ampuh.

Bentuk Nupro seperti nugget atau menyerupai makanan kucing pada umumnya, sehingga untuk memberikanya terasa gampang. Karena tinggal campurkan pada makananya, maka akan ikut terkunyah.

Untuk masalah keunggulan dsb, silahkan lihat daftar berikut ini.

Kelebihan Nupro :

  • Meningkatkan nafsu makan kucing
  • Bentuknya menyerupai makanan kucing
  • Gampang ngasihnya
  • Ampuh khasiatnya
  • Dapat kamu berikan setiap hari
  • Bagus untuk menjaga kesehatan kucing

Kekurangan Nupro :

  • Jarang tersedia di toko hewan, jadi harus nyari online
  • Harganya cukup mahal
  • Kurang pas untuk kucing kampung karena harganya mahal

2. Body Fat Cat Fattener

Body Fat Cat Fattener memiliki nutrisi yang cukup komplit dengan disertai multivitamin dan kandungan proteinya yang tinggi. Sehingga cocok sebagai vit. penggemuk kucing.

Jadi apabila kucing kamu kurus, tinggal kombinasikan antara makanan penggemuk dengan Body Fat Cat Fatterner. Maka insyaalloh bakalan bagus hasilnya. Tidak akan mengecewakan.

Pengin Kucing Anda jadi gemuk ? Lihat Merk Makanan Penggemuk Kucing

Kelebihan Body Fat Cat Fattener adalah harganya yang murah tapi penggunaanya sedikit dan ampuh. Jadi lebih hemat.

Untuk dosis Body dat Cat Fattener bagus itu sekitar 1 hingga 2 tetes untuk satu sachet ukuran 85 gram. Atau 1 sendok teh untuk ukuran kemasan 1 Kg.

Jadi untuk cara pemberianya ya sebaiknya campurkan ke makanan dengan dosis seperti di atas. Anda dapat membelinya di toko online. Harga Body Fat pun cukup murah, hanya Rp 17.000 .

3. Exotic M

Exotic M merupakan vitamin untuk anjing dan kucing. Kelebihan dari Exotic ini adalah dapat menambah nafsu makan hewan peliharaan, sehingga dapat membuat hewan yang mengkonsumsinya menjadi gemuk.

Tapi nyatanya gak hanya itu, banyak review Exotic M dari orang orang yang mengatakan kalau vitamin ini juga menambah imun. Sehingga kucing mereka menjadi jarang sakit semenjak mengkonsumsi ini.

Namun kekurangan dari merek ini adalah apabila ada riwayat alergi pada hewan. Bisa berakibat pada jeleknya bulu. Jadi lihat saja selama beberapa hari, bila dalam masa itu tubuh kucing bertambah dan bulunya normal. Berarti cocok, tapi sebaliknya jika bulunya jadi jelek, segera hentikan penggunaanya.

Dosis pemberian Exotic pada kucing :

  1. Kitten : 1/2 tutup botol untuk 1/2 liter air minum kucing
  2. Kucing Dewasa : 1 tutup botol untuk 1/2 liter air minum kucing

Harga Exotic M adalah sekitar Rp 22.000 per botol. Anda dapat membelinya di toko online biar tidak susah susah mencarinya.

Catatan : Exotic M juga cocok untuk kucing hamil.

4. Neovitamax

Neovitamax merupakan vitamin yang terbuat dari bahan pilihan dan mengandung vitamin A, B, C, D, E, K dan mineral. Lalu untuk targetnya berupa hewan peliharaan. Kaya Anjing dan kucing. Sementara itu untuk kelebihan dari Neovitamax adalah dapat membantu melancarkan pencernaan dan menggemukan kucing.

Anda dapat mencampurkanya pada makanan, agar kucing yang tadinya kurus, secara berangsur angsur berubah menjadi gemuk.

Dosis bagi kucing dewasa adalah 1 tutup botol Neovitamax untuk 1 liter air minum. Dan itu bisa bertahan hanya sampai 3 hari.

Jadi kalau mau memberi dalam jumlah sedikit bisa kurangi takaranya menjadi 1/2 atau 1/4 saja.

Sementara untuk harga di toko online skitar 25.000 per 250ml.

5. Stimulo

Stimulo merupakan vitamin penggemuk kucing yang mengandung vitamin B kompleks, Lysin, dan Curcuma Zanthorissa. Ke 3 bahan tersebut akan berkolaborasi dalam tubuh kucing. Sehingga nanti akan menambah nafsu makan dan otomatis juga akan menambah berat badan kucing.

Kucingku ideal gak mas ? Pengin tahu emang ? Baca Berapa Berat Badan Kucing Ideal Berdasar Ras nya ?

Zat curcuma memang sudah sejak dulu terkenal bisa menambah nafsu makan pada makhluk hidup. Makanya tak heran vitamin ini sangat ampuh untuk program penggemukan hewan.

Dosis dan aturan pakai stimulo untuk kucing :

  1. Kitten : 2 sampai 3 tetes / hari
  2. Kucing Remaja : 4 tetes / hari
  3. Kucing Dewasa : 6 tetes / hari

Berikan secara bertahap menjadi 3 kali sehari sebelum makan. Jadi untuk memberikanya bisa diteteskan langsung ke mulut kucing.

6. Pussy Drop

Pussy Drop merupakan vitamin khusus kucing. Gunanya untuk meningkatkan nafsu makan kucing. Kandungan Vitamain B kompleks, B1, B2 dan Nicotinamide dalam Pussy Drop sangat bagus dalam memelihara kesehatan tubuh, kesehatan bulu dan nafsu makannya.

Apabila kucing Anda kurus dan nafsu makanya kurang. Bisa berikan Pussy Drop untuk merangsang nafsu makanya dan menggemukan badanya.

Untuk Dosis Pussy Drop adalah 2 sampai 3 tetes per hari. Bisa langsung Anda kasihkan ke mulut kucing atau diberikan lewat campuran makanan.

7. DeGrow

Degrow merupakan vitamin buatan lokal. Cocok untuk mengobati kucing yang nafsu makanya kurang. Selain itu setiap pemberian vitamin ini, maka secara otomatis juga dapat membuat kucing menjadi tidak stress dan membunuh cacing yang mungkin bersarang pada perut kitten.

Karena Degrow memang bisa membantu mengurangi depresi pada kucing dan juga mampu mengobati kucing cacingan.

Kucing suka makan diluar, terus mencret ? jangan jangan cacingan ? Kasih combatrina aja. Dosis combatrin untuk kucing cacingan

Kekurangan dari vitamin ini adalah lumayan sulit dicari, karena belum banyak yang menjualnya.

8. Curcuma Plus

Curucuma plus adalah vitamin untuk anak manusia, namun banyak catslovers yang memakainya untuk kucing. Emang boleh yah ?

Sebenarnya memberikan curcuma plus pada kucing boleh saja kamu lakukan, dengan catatan tidak boleh berlebihan. Artinya kamu harus menggunakan aturan pakai yang dokter anjurkan.

Dosis Curcuma Plus Untuk Kucing :

  • Kitten 1/2 ml perhari
  • Dewasa 1 ml perhari

Anda sangat tidak kami anjurkan untuk memberikan dosis Curcuma melebihi batas yang kami beritahukan, biark kucing tidak mengelami kelebihan dosis.

Manfaat Curcuma Plus Untuk Kucing :

  1. Menambah nasfu makan kucing
  2. Menambah Berat badan kucing
  3. Bisa menaikan imuns kucing.

Jadi apabila kamu memberikan vitamin curcuma plus ini, selain bisa menambah nafsu makan kucing, juga dapat menaikan imuns kucing.

Vitamin untuk Kucing Hamil

vitamin untuk kucing hamil

Apabila Anda memiliki indukan yang sedang hamil, silahkan lihat merk vitamin rekomendasi kami.

Berikut listnya :

1. Vibra Nutri Plus Gel

Nutri Plus Gel merupakan vitamin yang cukup terkenal dan lari di pasaran hewan. Kelebihan dari Nutri Plus Gel adalah dapat merubah nutrisi menjadi energi secara cepat.

Oleh sebab itu, kucing yang sering mengkonsumsi Nutri Plus Gel biasanya lebih bertenaga dan aktif dari yang lainya.

Karena Vitamin ini diformulasikan untuk hewan berkebutuhan khusus, maka cocok bagi indukan yang hamil. Pasalnya induk kucing yang hamil membutuhkan energi dan asupan nutrisi yang lebih banyak. Sehingga cocok kalau dikasihkan vitamin ini.

Dosis Vibra Nutri Plus Gel adalah 1 sendok teh untuk 2.5 Kg berat BB kucing. Jadi misal berat kucing Anda 1 Kg, maka kasihkan saja 1/2 sendok teh.

Sementara untuk cara memberikan Nutri Plus Gel adalah bisa dilakukan secara langsung ke mulut kucing. Atau bisa juga campurkan ke makananya.

Harga dari Vitamin ini berkisar 110.000 di toko online.

Catatan : Nutri Gel Cocok juga untuk kucing menyusui, kucing pekerja, kucing habis sakit operasi, dan kucing dengan aktivitas tinggi.

2. Fluffy Magic Collagen

Fluffy mengandung protein, kolagen asli, dan Vitamin C yang bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan seekor hewan. Anda dapat memberikan Fluffy pada anjing maupun kucing dengan aktivitas yang lumayan.

Kucing aku kawin mulu, hamil gak yah ? Ciri ciri kucing hamil tuh seperti apa ?

Bahkan cocok juga untuk kucing hamil dan menyusui.

Kelebihan Fluffy Magic Collagen :

  • Melebatkan bulu dan memperindahnya
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Meningkatkan Imun
  • Menambahkan nafsu makan pada hewan.
  • Menyehatkan pencernaan
  • Cocok untuk kucing hamil dan menyusui

Dosis pemberian Fluffy Magic Collagen untuk kucing adalah 1/2 sendok teh untuk kucing dewasa. Sementara untuk kitten sekitar 1/4 sendok teh saja.

Untuk cara memberikan Fluffy, bisa langsung diteteskan ke mulut. Atau kamu campurkan ke makanannya.

Untuk Harga, sekitar 250.000 an per wadah. Memang cukup mahal sih, tapi memang ampuh. Anda dapat membelinya di toko online

3. For Asi

Merk For Asi merupakan vitamin yang diperuntukan untuk kucing yang hamil dan menyusui. For Asi mengandung zat Selenium, Fatty, Amino Acids, Asam Amino, Calcium, dan Mineral.

Merk ini dapat Anda berikan pada induk yang telah hamil lebih dari 4 minggu sampai ia melahirkan dan menyusui.

Adopsi kucing ? Susu yang pas apa yah ? Takaran susu growssy untuk bayi kucing yang benar.

Aturan pakai For Asi adalah :

  • 2 tetes/ sajian untuk 2 Kg berat
  • 3 tetes/ sajian untuk 3 Kg berat
  • 4 tetes/ sajian untuk 4 Kg berat
  • 5 tetes/ sajian untuk 5 Kg berat
  • 6 tetes/ sajian untuk 6 Kg berat

Untuk cara pemberian For Asi dapat dilakukan secara langsung ke mulut atau dengan mencampurkanya ke makanan dan minuman kucing.

Harga dari For Asi adalah sekitar Rp 40.000 per botol.

4. Vitamin B Complex

Merupakan vitamin yang berbentuk tablet dan memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Bisa digunakan untuk anjing maupun kucing.

Kelebihan Vitamin B Complex :

  • Melebatkan dan mengkilapkan bulu
  • Cocok untuk indukan kucing dan anjing yang tengah hamil
  • Meningkatkan sistem imun hewan
  • Menjaga kebugaran tubuh hewan

Aturan Apakai Beserta Dosis Vitamin B Complex :

  • Berat Kurang dari 2.5 Kg dosisnya 1/2 tablet per hari
  • Berat 2.5 Kg – 5 Kg dosisnya 1 tablet per hari
  • Kucing berat 5 Kg – 7.5 Kg dosisnya 1.5 tablet per hari
  • Kucing berat 7.5 Kg – 10 Kg dosisnya 2 tablet per hari

Harga Vitamin B Complex adalah sekitar 200 rupiah per tablet. Anda dapat mencarinya di toko online.

Vitamin Untuk Kucing Sakit

Apabila Anda mencari daftar vitamin untuk kitten yang sakit bisa coba beberapa merk di bawah ini :

  • Booster Vita Plus
  • Vibra Nutri Plus Gel
  • Fluffy Magic Collagen
  • Vitamin B Complex
  • Pussy Drop
  • Exotic M

Sebenarnya, untuk masalah kucing yang sakit terutama yang gak mau makan. Maka Anda dapat memberikan vitamin penambah nafsu makan seperti daftar yang telah myhewan buat.

Empus susah makan ? Coba cari tahu penyebabnya. Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan.

Itulah beberapa rekomendasi vitamin yang bisa Anda coba untuk hewan kesayangan. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!