8 Merek Makanan Untuk Anak Kucing Yang Bisa Anda Coba

Kucing yang baru lahir masih memiliki anggota tubuh yang rapuh dan lemah, oleh sebab itu biasanya induk kucing hanya akan memberikan susu ASI pada anak mereka.

Namun setelah sekian bulan, anggota tubuh kucing seperti gigi, rahang, dan pencernaan tentu sudah mulai kuat dan siap menerima berbagai makanan.

makanan untuk anak kucing
Makananan anak kucing

Bagi yang masih bingung mau memberikan makanan apa untuk kitten. Berikut 8 merek makanan untuk anak kucing yang bisa Anda coba :

  • Whiskas Kitten Pouch
  • Royal Canin Kitten Persian 32
  • Royal Canin Kitten 36
  • Pro plan Wet Kitten Chicken
  • Royal Canin Kitten
  • Royal Canin Mother And Baby Cat
  • Me O kitten Ocean Fish
  • Friskies Kitten

Ke 8 merek makanan tersebut bagus untuk semua ras, baik sebagai makanan anak kucing kampung, persia, anggora, himalaya, bengal, maine coon, dll.

Harga Makanan Anak Kucing

Nah untuk daftar harganya, bisa lihat tabel berikut ini :

JenisUkuranHarga
Whiskas Kitten Pouch Junior100 gramRp 5.500
Royal Canin Kitten Persian 32500 gramRp 60.000
Royal Canin Kitten 36100 gramRp 15.000
Pro plan Wet Kitten Chicken100 gramRp 14.000
Royal Canin Kitten2000 gramRp 230.000
Royal Canin Mother And Baby Cat300 gramRp 27.000
Me O kitten Ocean Fish1000 gramRp 50.000
Friskies Kitten400 gramRp 24.000
Harga makanan untuk anak kucing di bawah 1 tahun

Penjelasan Mengenai Masing Masing Merek

Meski sama sama di peruntukan bagi anak kucing, tentu setiap merek memiliki formula yang berbeda yang disesuaikan dengan fungsi yang mereka tawarkan. Berikut Kelebihan dan kekuranganya :

1. Whiskas Kitten Pouch

Ketika Anak kucing baru berusia sekitar 1 sampai 4 minggu, maka makanan terbaik baginya adalah ASI dari induknya. Lalu ketika mulai menginjak usia 7 mingguan, baru kitten sudah boleh memakaa selain ASI, terbukti dengan sudah mulai explore makanan padat selain susu.

Nah di saat inilah Anda dapat memberikan Whiskas Kitten Pouch kepada mereka.

Kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari merek ini adalah ketersediaan stok yang melimpah dan cara menemukanya pun cukup mudah. Apalagi produk ini telah di pasarkan di beberapa Alfamart dan Indomaret.

Cek Harga Whiskas di Alfamart Dan Indomaret terdekat .

2. Royal Canin Kitten Persian 32

Nah sesuai dengan nama yang di pakai, makanan ini memang telah di sediakan khusus bagi anak kucing persia. Sedangkan angka 32 pada tipenya merupakan identitas. Dimana RC Kitten 32 ini di buat khusus untuk membantu menyehatkan dan melebatkan bulu anak kucing.

RC 32 ini bagus di berikan ketika anak kucing menginjak usia 4 bulan ke atas hingga 1 tahun. Jadi apabila Anda bingung mau memberikan makanan anak kucing usia 4 bulan dengan makanan apa, maka berikan saja Royal Canin Kitten Persian 32.

Apalagi salah satu kelebihan merek ini adalah dapat membantu menyehatkan dan melebatkan bulu kucing.

Baca juga Daftar Makanan Pelebat Bulu Kucing Yang terkenal

3. Royal Canin Kitten 36

Nah, jika versi 32 untuk bulu. Maka RC kitten 36 di buat khusus untuk membantu menggemukan anak kucing Anda.

Baca Juga Perbedaan Royal Canin Kitten 32 dan 36

Apabila Anda ingin berat badan kucing Anda ideal saat dewasa, maka Anda bisa berupaya dengan cara menggunakan produk ini mulai dari usia 6 bulan ke atas. Jika cocok bisa teruskan sampai usainya 1 tahun. lalu cek berat badanya. Apakah ideal atau tidak.

Baca Juga : Cek Berapa Berat Kucing Ideal

4. Pro Plan Wet Kitten Chicken

Nah kalau merek ini merekomendasikan penggunaanya setelah 4 minggu. Jadi Anda dapat memakai Pro Plan Wet kitten sebagai makanan untuk anak kucing umur 1 bulan sampai 1 tahun.

Kelebihan dari merek ini adalah adanya kandungan DHA dan antioksidan. Ke dua zat ini dapat membantu mengatasi kesehatan mata kucing dan juga dapat meningkatkan antibodi kucing.

Atau Baca Juga Proplan Kitten Vs Equilibrio Kitten, Apa Kata Orang Orang ?

5. Royal Canin Kitten

Berbeda dengan versi persian, varisi RC ini bisa digunakan untuk semua jenis kucing secara umum. Dalam penggunanya pun sama, yaitu khusus untuk anak kucing usia satu tahun ke bawah. Anda dapat memberikan ini dengan cara mencampurkannya ke susu. Jadi pemberianya tidak murni berupa makanan saja. Tapi juga diselingi susu.

Apalagi kalau anak kucing baru pertama kali makan makanan kering, maka sebaiknya basahi dengan susu atau air, agar pas di gigit sedikit lunak.

6. Royal Canin Mother And Baby Cat

Nah kalau ini merupakan paket lengkap dari Royal Canin, yang mana isinya khusus buat induk kucing sekaligus anak kucing.

Jadi Anda akan lebih hemat, karena induk dan anaknya Anda kasih makanan yang sama.

Oh ya, Bagi Anda yang ingin membelinya, sebaiknya berikan ini ke kitten ketika usianya sekitar 4 bulanan. Anda bisa membelinya kemasan repack untuk mencobanya terlebih dahulu.

7. Me O kitten Ocean Fish

Nah kalau merke Me O Cat food juga ternyata menyediakan variasi untuk anak kucing dengan rasa ikan. Bila Anda tertarik untuk membelinya, silahkan cari di toko online. Banyak juga yang menjualnya.

Salah satu kelebihan dari merek ini adalah harganya yang cukup murah dari pada merek premium.

Selain itu kandungan yang ada dalam produknya juga cukup bagus.

8. Friskies Kitten

Salah satu merek lain yang menyediakan versi untuk anak kucing adalah Friskies. Untuk rasa yang tersedia ada yang ikan dan ada yang ayam.

Menurut beberapa narasumber yang saya tanya, pengalaman mereka selama pemberian makanan ini adalah kucingnya jadi cepat gemuk.

Tapi ya cocok cocok kan sih. Kalau yang cocok memang cepat gemuknya.

makanan anak kucing biar gemuk
Anak kucing gemuk

Tips Terkait Makanan Untuk Kitten

Nah, Ada beberpa tips yang myhewan sampaikan terkait pemberian makanan bagi kitten :

  1. Waktu yang tepat untuk mulai memberikan makanan selain susu pada kitten adalah saat mereka mulai menciumi dan mulai mencicipi makanan induknya. Maka sejak saat itu Anda harus membeli makanan khusus untuk kitten.
  2. Saat mulai memberikan makanan pada kitten, cobalah campurkan air ataupun susu agar makanan tersebut sedikit lunak. Ini sangat penting bagi kucing, terutama karena mereka baru saja beralih dari makanan asi ke makanan padat.
  3. Ketika Anda memutuskan untuk membeli satu merek, maka usahakan untuk membeli kemasan kecil dulu, dan lihat perkembanganya. Apabila dilihat cocok maka teruskan dan apabila terasa tidak cocok, segera ganti.
  4. Saat awal awal pemberian usahakan dosis seimbang antara pemberian susu dengan makanan padat. Jadi jangan berikan makanan full padat. Baca juga merek susu khusus untuk anak kucing.
  5. Hindari juga pada makanan sisi manusia saat awal awal pemberian makanan. Seperti ikan goreng, sosis, dan makanan manusia lainya. Usahakan untuk hindarkan terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!