12 Penyebab Mata Kucing Menjadi Juling Dan Pengobatanya

mata kucing juling

Mata juling kucing adalah sebuah penyakit yang biasa diakibatkan oleh beberapa faktor. Sering kali orang bertanya-tanya mengenai penyebab terjadinya hal tersebut. Istilah dari penyakit itu adalah third eyelid atau mata kucing tertutup oleh selaput putih.

Penyebab Mata Juling Kucing

Mata kucing juling, merupakan gejala dari masalah sekunder. Hal ini mungkin telah terjadi pada beberapa kucing tanpa sepengetahuan dari pemilik hewan peliharaan. Lantas apa saja penyebabnya? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan keadaan dimana selaput putih telah menutupi mata kucing, baik satu sisi atau kedua sisi. Penyebab utamanya adalah terjadinya infeksi. Tidak hanya itu infeksi juga menimbulkan masalah lain seperti lakrimasi, bola mata bengkak dan sebagainya.

2. Dehidrasi

Penyebab mata juling selanjutnya yakni keadaan kehausan sangat parah atau dehidrasi. Hal ini dapat memicu munculnya selaput tertia palpebra pada kucing. Oleh karena itu, ketika masalah ini tidak mendapat perhatian khusus maka akan terjadi lebih parah.

3. Luka

Ketika kucing mengalami trauma misalnya dari pukulan yang sangat parah dapat memicu terjadinya mata juling. Biasanya tanda awalnya adalah dengan munculnya selaput putih pada mata. Namun permasalahan ini akan sembuh sendiri ketika trauma telah berakhir.

4. Kemasukan Benda Asing

Tanpa disadari biasanya kucing kemasukan benda asing didalam matanya bisa jadi kotoran seperti debu, atau lainya dapat memicu munculnya selaput putih. Sebenarnya selaput ini memiliki fungsi untuk melindungi mata agar kotoran tidak masuk lebih dalam.

Ada kalanya saat kemasukan benda asing tersebut ternyata sekalian membawa bakteri, sehingga bikin belekan. Dan bila terjadi hal itu, bisa baca mengenai cara mengobati mata kucing belekan.

5. Kanker

Hal selanjutnya yang patut kamu waspadai karena adanya selaput putih pada mata kucing adalah terjadinya kanker. Namun untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan. Karena jika dibiarkan begitu saja dapat mengakibatkan permasalahan yang lebih serius.

6. Sindrom Haw

Sindrom haw merupakan penyakit yang menyerang usus kucing penyebab utamanya adalah adanya parasit. Gejala utamanya adalah timbulnya diare parah dan selaput putih pada mata. Jika selaput putih tidak segera kamu obati, maka akan semakin membengkak dan menjadi parah.

Baca Juga Apa itu Distamper Pada Kucing

Gejala Mata Juling Pada Kucing

Untuk lebih menjelaskan mengenai mata julis, kenali gejalanya di bawah ini :

  • Salah satu atau kedua mata menghadap ke arah yang tidak normal
  • Nystagmus (gerakan mata cepat yang dan tidak disengaja)
  • Gerakan mata tidak terkoordinasi dengan baik
  • Kurangnya gerakan pada salah satu mata
  • Perbedaan ukuran pupil kedua mata
  • Kepala suka miring miring
  • Mengalami kesulitan berjalan
  • Sering mengalami kelesuan
  • Kadang kejang kejang
  • Perlahan kehilangan selera makan

Cara Mengobati Kucing Juling

Untuk mengobati mata kucing yang juling, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini :

1. Membasuhnya Dengan Air Hangat

Trik pembasuhan pada mata dengan konjungtivitas ini merupakan pengobatan alamai, untuk caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambilah kain lembut yang bersih, atau gunakan tisu.
  • Sediakan air hangat di dalam wadah, bisa baskom.
  • Celupkan kain tadi dan peras sedikit saja, biarkan ada sedikit air yang tertinggal.
  • Usapkan pada mata kucing yang mengalami gangguan selaput putih tersebut.

2. Ramuan Daun Binahong

Jika Anda sering melakukan pengobatan secara alami, ketahuilah kalau daun binahong ini termasuk daun yang cukup ampuh untuk pengobatan mata.

Khasiatnya sudah teruji secara turun temurun dari nenek moyang.

3. Berikan Obat Tetes Mata

Untuk penanganan pertama, bisa coba untuk pergi ke apotik atau dokter hewan untuk minta obat tetes mata kucing. Syukur syukur sih bisa sembuh dengan hanya menggunakan tetes mata ini.

4. Antibiotik

Antibiotik mungkin akan kamu perlukan jika infeksi bakteri telah mempengaruhi sistem vestibular. Gunakan resep dokter untuk menemukan antibiotik yang tepat.

Pemberian antibiotik juga biasanya terjadi setelah pasca operasi. Karena untuk mencegah penyakit tersebut tumbuh lagi.

5. Operasi Bedah 

Jika trauma karena luka telah menyebabkan kerusakan pada otot mata, maka cara paling tepat umtuk melakukan pengobatannya adalah pembedahan.

Proses pembedahan mata ini perlu dilakukan untuk memperbaiki panjang atau kekuatan otot mata yang telah mengalami abnormal. Ini dapat membantu menyetel kembali mata. Anestesi umum diperlukan untuk prosedur ini.

6. Operasi Pengangkatan

Jika penyebab mata juling terjadi karna tumor, maka Anda sebaiknya melakukan operasi pengangkatan tumor. Hal ini sangat diperlukan demi tidak menyebarnya tumor ke kucing.

Mungkin sebaiknya konsulatiskan dulu ke dokter untuk penanganan terbaik. Soalnya biaya untuk operasi kucing tidak sedikit. Cukup menguras kantong Anda.

Demikian ulasan mengenai penyebab mata kucing juling, semoga ulasan ini memberi manfaat dan menambah rasa kewaspadaan terkait penyebab penyakit kucing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!