10 Penyebab Mata Kucing Belekan Dan Cara Mengobatinya

Bingung kenapa mata kucing belekan terus menerus? Kondisi seperti ini memang tidak normal, namun seringkali hal itu terjadi. Meskipun sudah menjadi masalah klasik, tentu sebagai pemilik hewan peliharaan Anda harus tetap waspada.

cara mengobati mata kucing belekan

10 Faktor Penyebab dan Cara Mengobati Mata Kucing Belekan

Masalah belekan pada kucing sebenarnya adalah hal umum. Meskipun demikian, sebagai pemilik tentu bertanggung jawab atas kesehatan hewan peliharaan. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab dari persoalan itu serta cara perawatannya yang harus diketahui:

1. Kekurangan Air Minum

Perlu Anda ketahui jika kucing kurang dalam mengkonsumsi air minum, hal ini akan menyebabkan dehidrasi. Tentunya kondisi itu akan berefek pada keadaan mata yang kering, akibatnya lendir serta minyak akan menempel dan menumpuk hingga kering seperti belek.

Dalam kondisi ini, langkah yang bisa Anda lakukan yakni dengan memberikan air minum sebanyak-banyaknya, sehingga menghindari dehidrasi. Selain itu, jika keadaan tidak kunjung membaik segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan obat antibiotik dan anti peradangan.

2. Debu atau Kotoran

Salah satu penyebab mata kucing belekan yang paling umum yakni debu. Jika benda asing ini masuk ke dalam indera penglihatan, maka secara auto reflek tubuh akan mengeluarkan sistem pertahanan dengan cara mengeluarkan air dan kotoran itu.

Jika belekan akibat debu. Maka cara mengobati mata kucing belekan cukup mudah. Pertama, bersihkan dahulu sekitar area mata kucing menggunakan kapas basah hingga kotoran bersih. Kedua, Anda dapat memberikan obat tetes seperti Alletrol dan Propolis non alkohol.

3. Cacingan atau Kekurangan Nutrisi

Cacingan merupakan suatu kondisi yang menggambarkan adanya kekurangan nutrisi. Salah satu gejalanya adalah muncul belekan pada mata. Biasanya kasus seperti ini banyak menyerang bayi kucing karena imunitas tubuhnya masih sangat lemah.

Dalam kondisi ini, langkah yang perlu Anda lakukan yakni memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup. Selain itu, berikan multivitamin seperti omega 3 dari minyak ikan dan obat cacing. Hal ini bertujuan agar tumbuh kembang anak kucing bisa maksimal.

Bingung menggunakan minyak ikan ? Cara memberikan minyak ikan pada kucing tuh begini

4.     Mata Asimetris

Kelainan mata seperti asimetris atau kecil sebelah pada kucing ini bisa menimbulkan gejala munculnya belek. Umumnya masalah itu akibat adanya infeksi bakteri Chlamydia. Tentu dalam kondisi itu membutuhkan penanganan secepatnya.

Penanganan pertama yang bisa Anda lakukan yakni membawa hewan peliharaan ke dokter untuk mendapat obat antibiotik serta eye drop. Selain itu, berikan juga air minum dengan takaran lebih banyak dari biasanya. Hal ini mencegah kucing mengalami dehidrasi.

Kucing dehidrasi butuh oralit ? Cek Cara bikin oralit air kelapa untuk kucing

5. Adanya Cacing Mata

Jika kucing ada mengalami belekan yang tidak normal, bisa jadi hal itu karena adanya cacing bernama Thelazia Californiensis. Biasanya hewan parasit ini akan tinggal pada saluran air mata dan Anda bisa melihatnya jika memakai mikroskop karena bentuknya tipis serta panjang.

Penyakit ini memang cukup jarang menyerang kucing, namun jika tidak segera mendapat penanganan bisa memicu masalah lainnya. Untuk mengobatinya, Anda membutuhkan bantuan dokter. Nanti dokter bakalan memberikan anastesi topikal kemudian dilakukan pengambilan cacing.

6. Alergi Konjungtiva

Konjungtiva merupakan penyakit yang umum menyerang indera penglihatan kucing, khususnya pada bagian sklera, akibatnya mata akan mengeluarkan belek. Biasanya hal ini terjadi karena alergi pada rumput, serbuk sari, virus ataupun bakteri.

Jika hewan peliharaan mengalami konjungtiva, sebagai pertolongan pertama Anda bisa memberikan obat anti peradangan. Namun sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter agar bisa ketahuan jelas faktor pemicunya.

7. Tumor

Tahukah Anda jika belekan pada mata menjadi salah satu pertanda bahwa ada gangguan di indera penglihatan?. Pada beberapa kasus, kucing dapat mengalami kebutaan karena sakit parah seperti tumor yang diawali dengan gejala seperti itu.

Penyebab tumor pada kucing ini biasanya induk sering memakan tikus. Seperti Anda ketahui hewan itu memiliki banyak bakteri dan virus dalam tubuhnya. Cara untuk mengatasi masalah tersebut bisa melalui operasi atau alternatif lainnya dengan memberikan serbuk kulit manggis.

8. Efek Samping Vitamin

Pada beberapa kasus, kucing dapat mengalami belekan akibat dari pemberian multivitamin ataupun tambahan nutrisi lainnya secara berlebihan. Jika kondisi tubuh hewan itu tidak bisa menerima, maka hal seperti itu akan terjadi sebagai efek samping.

Mengatasi kondisi demikian, langkah yang bisa Anda lakukan yakni menghentikan sementara pemberian multivitamin. Kemudian berkonsultasilah ke dokter mengenai cara pemenuhan nutrisi yang baik. Selain itu, jangan lupa melakukan pembersihan belek pada area mata secara rutin.

9. Iritasi

Faktor lainnya yang menyebabkan mata kucing mengalami masalah ini karena iritasi. Hal ini bisa dipicu akibat adanya luka terbuka, baik berupa cakaran maupun goresan. Selain itu, dapat juga diakibatkan karena shampoo masuk ke dalam indera penglihatan.

Jika kucing peliharaan mengalami iritasi, untuk menyembuhkannya Anda harus rajin membersihkan belek atau kotoran lainnya pada area mata. Selain itu, berikan juga obat tetes namun hal ini tidak boleh sembarangan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

10. Kemasukan Air Ketuban

Biasanya pada saat proses melahirkan, mata anak kucing kemasukan air ketuban sehingga pada area pinggir bagian luar warnanya berubah hitam kecoklatan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya belek pada indera penglihatan.

Dalam kondisi seperti ini, langkah untuk mengobatinya yakni dengan membersihkan area mata anak kucing. Caranya cukup dengan membasuh memakai kapas yang dicelupkan dalam larutan air hangat bercampur propolis. Lakukan hal itu secara berulang, hingga benar-benar bersih.

obat mata kucing belekan

Obat Kucing Belekan

1. Garam

Cara mengobati mata kucing dengan air garam bisa Anda lakukan dengan membasuhkan garam yang sudah kamu larutkan ke mata kucing yang bermasalah.

Garam memang terkenal memiliki kandungan zat yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Selain itu garam juga terkenal sebagai zat penetral.

2. Daun Sirih

Daun sirih memang terkenal sebagai obat alami yang manjur menyembuhkan berbagai penyakit. Termasuk penyakit mata.

Berikut cara mengobati mata kucing dengan daun sirih :

  1. Sediakan daun sirih 2 hingga 3 helai
  2. Bersihkan dengan air
  3. Rebus dengan 1 gelas air
  4. Setelah mendidih, angkat dan diamkan
  5. Lalu setelah dingin segera oleskan ke mata kucing
  6. Bisa dilakukan untuk membersihkan beleknya.

3. Kompres

Untuk melakukan kompres pada mata kucing, bisa menggunakan air hangat. Berikut langkahnya :

  1. Siapkan kain bersih
  2. Siapkan air hangat
  3. Celupkan kain ke air hangat tadi
  4. Peras kain tersebut
  5. Lalu tempelkan perlahan ke mata kucing

4. Trixin

Trixin adalah obat tetes mata yang khusus untuk mengatasi permasalahan pada kucing. Manfaat dari obat trixin adalah mengobati mata merah, mata berair, belekan, infeksi dan hidung meler pada kucing.

Aturan Pakai Trixin Untuk Kucing Belekan adalah 1 tetes pada pagi hari dan 1 tetes pada malam hari.

5. Terramycin

Terramycin merupakan obat salep untuk mengatasi permasalah mata kucing. Seperti mata tertutup sebelah, mata kering, berair, kering, belekan, gatal, bengkak atau kemerahan.

Dosis Terramycin untuk kucing

Sebaiknya berikan Terramycin 2x kepada kucing. Yaitu pada pagi hari dan malam hari hingga sembuh.

Cara Penggunaan Terramycin Bagi Kucing

Oleskan obat ini ke area mata yang sakit, yaitu bisa kamu oleskan pada sekitar kelopak mata, jangan lupa bersihkan tangan sebelum memberikanya.

Itulah deretan faktor penyebab lengkap dengan cara mengatasi mata kucing belekan yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan tentang perawatan hewan peliharaan ketika sakit.

You May Also Like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!