Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing Beserta Menunya

manfaat kuning telur untuk kucing
Ilustrasi racikan

Yap, apakah Anda merupakan pemilik seorang kucing ? Lalu apakah Anda tahu manfaat kuning telur untuk kucing ? Nah, jika Anda merupakan pemilik kucing dan tidak tahu bahwa ternyata memberikan kuning telur untuk kucing adalah hal yang wajar. Bahkan bermanfaat.

Maka myhewan akan membahasnya secara mendalam disini.

Jadi kuning telur merupakan salah satu sumber makanan yang cukup bergizi. Bahkan pada manusia, kuning telur dijadikan jamu penambah stamina. Lalu bagaimana pada kucing ?

Selayaknya pada manusia, ternyata ada manfaat kuning telur bagi kucing. Namun tentu harus disesuaikan dengan dosis dan tatacara yang berbeda. Karena walau bagaimanapun, ukuran tubuh manusia dan kucing jauh berbeda. Maka takaranya pun pasti ada yang berbeda.

Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

Kucing makan kuning telur ternyata bagus bagi kesehatan dan penampilannya. Kok bisa ? Ya karena, memang kuning telur sangat bermanfaat bagi kucing. Berikut beberapa manfaatnya :

1. Memperindah Bulu Kucing

Yah, ternyata kuning telur untuk kucing memiliki manfaat untuk memperindah penampilan dan kesehatan bulunya. Kandungan gizi pada kuning telur akan merangsang pembentukan bulu dan memperkuatnya sehingga tidak mudah rontok.

Untuk Cara pemberiannya adalah dengan memberikan kucing 3 kali dalam satu minggu. Cukup satu butir dalam setiap pemberian. Anda bisa mencampurkanya dengan bahan lain seperti madu dan susu. Agar memiliki rasa yang lebih menarik bagi kucing.

2. Menggemukan Badan Kucing

Layaknya manusia yang akan menaikan badan dengan ngegym. Maka untuk kucingpun demikian. Anda bisa menambahkan menu kuning telur bagi kucing untuk menaikan berat badannya.

Anda bisa memberikanya dalam dosis, satu butir untuk dua hari. Dan terus lakukan selama seminggu atau lebih, sampai berat badan kucing yang diinginkan tercapai. Anda bisa menambahkan susu dancow atau semacamnya untuk menambah rasa. Baca juga cara menambah bb kucing.

3. Menambah Nafsu Makan Kucing

Yap, benar sekali. Karena salah satu manfaat kuning telur untuk kucing adalah dapat menaikan berat badan. Maka secara tidak langsung nafsu makannya pun ikut bertambah.

Oleh karena itu, untuk proses pemberianya bisa disamakan dengan cara diatas.

Yang penting saat nafsu makan kucing bertambah, maka Anda juga harus siap menambah jatah makan kucing. Sehingga nanti ada keseimbangan antara nafsu makan kucing dengan jumlah makanan kucing yang mampu Anda siapkan perharinya.

4. Menambah Stamina Kucing

Meski kucing peliharaan rata-rata pemalas. Namun tentu tidak semua, jika Anda memiliki yang lumayan aktif. Maka Anda dapat menambahkan menu kuning telur untuk penambah staminanya.

manfaat kuning telur untuk kucing
Ilustrasi by wingsbirdpro.com

Anda bisa berikan langsung dengan mencampurkanya dengan madu maupun susu dancow. Atau bisa juga ditambah minyak ikan. Yang penting usahakan agar si kucing kesayangan mau mengkonsumsinya.

Lihat manfaat madu bagi kucing yang harus Anda tahu.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Hal yang tak kalah menariknya adalah ternyata kuning telur juga bermanfaat dalam proses penyembuhan luka. Bila Anda mendapati kucing kesayangan mengalami luka. Anda dapat memberikan kuning telur, untuk membantu proses penyembuhannya.

Anda dapat merebusnya setengah matang, atau memberikanya seperti biasa berupa cairan yang ditambahkan bahan lain. Untuk memberikan rasa bagi lidah kucing.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kucing

Bila pada manusia biasanya kuning telur dapat memberikan manfaat bagi daya tahan tubuh. Maka bagi kucingpun demikian. Ia akan merangsang tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda dapat memberikannya berupa kuning telur yang dicampur madu maupun susu. Aturlah pemberian semisal 2x dalam seminggu, intinya jangan terlalu sering juga jangan terlalu jarang, sedang sedang saja.

7. Mempercepat Pertumbuhan Bulu Kucing

Jika Anda memiliki tipe kucing yang pertumbuhan bulunya lambat namun sering rontok. Maka Anda dapat memberikan kuning telur untuk membantu proses pertumbuhan bulu kucing.

Anda bisa berikan sekitar 3x dalam seminggu selama beberapa hari. Namun Anda juga sebaiknya tambahkan treatment lain seperti sampo untuk membantu merangsang tubuh kucing dari bagian luar. Baca juga cara melebatkan bulu kucing.

8. Membantu Kesehatan Tulang Dan Gigi Kucing

Yah, kandungan gizi pada kucing ternyata mampu membantu proses perawatan tulang dan gigi kucing. Kucing yang makan kuning telur ternyata bisa memiliki tulang yang lebih sehat daripada kucing yang tidak dikasih untuk beberapa kasus.

Aturan minumnya pun sama. Anda bisa campurkan kuning telur dengan susu dancow agar memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Bahan Campuran Untuk Memaksimalkan Manfaat Kuning Telur

Karena kuning telur masuk dalam kategori jamu, maka memang bagusnya Anda kombinasikan dengan bahan lain. Lalu kira kira bahan sapa saja ?

  • Susu

Susu adalah salah satu bentuk minuman yang sangat bagus untuk kucing, apalagi kucing termasuk hewan mamalia, jadi secara alami juga termasuk hewan penyuka susu. Jadi bisa Anda tambahkan susu khusus kucing ke dalam campuran kuning telur.

Baca juga daftar susu manusia yang cocok untuk kucing.

  • Madu

Madu juga termasuk kedalam kategori jamu yang bagus untuk kucing. Anda bisa tambahkan ke kuning telur untuk memaksimalkan manfaatnya.

  • Vco

Vco atau Virgin Coconut Oil merupakan minyak dari kelapa yang memiliki khasiat yang banyak, termasuk ke kucing. Anda bisa tambahkan juga ke dalam menu ini.

Anda juga bisa membaca manfaat VCO bagi kucing apa saja ?

Catatan

Penting untuk selalu menjaga agar tetap higenis pada saat kucing dikasih makan kuning telur. Demikian artikelnya, semoga bermanfaat.

Ani

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!