√ 11 Makanan Kucing Kampung Terbaik Dan Cara Bikinya

Sepertinya kamu sedang mencari makanan kucing kampung yang terbaik dan aman bagi mereka yah. Kalau iya, maka kebetulan sekali. Karena kali ini aku bakalan share mengenai makanan buat ras domestik ini.

makanan kucing kampung

Sebenarnya, untuk memberikan makanan pada kucing kampung terasa lebih mudah daripada ras yang lain. Alasanya karena kucing kampung tipikal kucing yang doyan makan apa saja. Bahkan saya pernah melihat ada kucing yang sedang makan nasi, bakwan, dan sedikit daging ikan.

Bayangkan, betapa mudahnya memberikan makanan ke kucing ras ini kan. Tapi yang bakalan myhewan bahas adalah makanan yang aman, jadi tidak sembarangan yah. Meski mungkin menunya sama, tapi akan berbeda penyajianya.

Makanan Kucing Kampung Yang Bagus Tapi Aman

Nah untuk daftar yang kali ini, aku pakai bahan bahan yang alami dulu yah. Atau yang kaya biasa orang orang lakukan. Berikut daftarnya :

1. Ikan Dan Nasi

Nah menu pertama yang bisa kamu kasihkan ke kucing adalah ikan dan nasi. Meski sebenarnya ada perdebatan antar catslover mengenai bolehnya nasi ke kucing. Kalau pendapat aku si boleh. Makanya aku kasih menu ini.

makanan kucing kampung nasi dan ikan

Namun meski boleh, aku kasih catatan untuk tidak memberikanya terlalu banyak. Dan bagi yang bilang tidak boleh, bisa skip yang menu ini. Tapi yang perlu kamu ingat, bahwa ketika kamu beli dryfood, bahkan komposisinya juga dari bahan bahan nabati seperti gandum, jagung, beras, dll. So saya kira sama kan, kayak yang kasih nasi, sama sama pake bahan nabati.

Ok, untuk memberikan ikan dan nasi dapat kamu lakukan dengan cara :

  1. Pilih ikan yang bukan ikan asin
  2. Lalu rebuslah
  3. Siapkan sedikit nasi
  4. Bisa bikin perbandingan 1 : 1 atau 2 :1, yang mana 2 nya adalah ikan
  5. Setelah ikan matang, pisahkan duri ikan
  6. Campurkan antara nasi dan daging ikan
  7. Bila perlu haluskan
  8. Menu siap kamu hidangkan ke kucing

Kenapa aku bilang jangan ikan asin ? alasanya karena ikan asin bisa bikin rontok. Kandungan garam tinggi pada makanan kucing bisa menyebabkan kerusakan bulu hingga menyebabkan kerontokan parah.

Untuk melihat ikan apa saja yang sebaiknya kamu gunakan, bisa lihat ke artikelku yang lain ikan yang aman untuk kucing.

Oh ya, disini kucing akan mendapatkan protein dari daging ikan yah, sedangkan serat dan vitaminnya akan mereka peroleh dari nasi.

2. Daging Ayam Dengan Nasi

Campuran antara daging ayam dengan nasi juga merupakan menu favorit kucing yang aman. Kamu dapat memberikan ati ayam atau dada ayam pada kucing kamu. Kalau kamu ingin kucing mendapatkan protein leih banyak, maka berikan dada ayam.

Sebab kandungan protein terbanyak pada ayam adalah pada bagian dadanya.

Untuk memberikannya bisa ikuti cara kami :

  1. Rebus daging ayam
  2. Siapkan nasi
  3. Ketika sudah matang pisahkan tulang dan dagingnya
  4. Campurkan nasi dan gaing ayam
  5. Kalau perlu haluskan
  6. Makanan sudah siap kamu hidangkan

Oh ya alasan kenapa aku menyuruh untuk memisahkan tulang dan dagingnya adalah agar kucing nantinya tidak ikut memakan tulang. Sebab tulang dapat menyebabkan kucing menjadi tersedak.

Untuk kandungan gizi pada makanan kucing kampung ini, maka protein akan kucing peroleh dari daging ayam, sedangkan serat dan vitaminya akan mereka peroleh dari nasi.

3. Tahu / Tempe, Ikan, Dan Nasi

Untuk menu yang ketiga, kamu bisa pakai 3 jenis bahan. Yaitu nasi, tahu / tempe, dan ikan. Sebenarnya untuk cara penyajianya sudah saya bikinin artikelnya di cara membuat makanan kucing sendiri dari tempe.

Tapi gak papa dah, saya bikinin lagi.

Cara penyajianya adalah sebagai berikut :

  1. Rebus tahu / tempe, kamu bisa pilih salah satu
  2. Rebus ikan
  3. Siapkan nasi
  4. Setelah ikan matang, pisahkan durinya
  5. Angkat tahu atau tempe yang sudah matang
  6. Campurkan ikan, tempe / tahu, dan nasi
  7. Bila perlu haluskan
  8. Sajikan segera ke kucing

Oh ya untuk perbandinganya bisa 1 : 1 : 1 untuk ikan : tempe/tahu : nasi. Atau 2 : 1 : 1 yang mana ikannya yang 2 bagian. Tapi sebaiknya gunakan yang 2 : 1 : 1 , alasanya karena ikanya nanti selain sebagai sumber protein juga akan menjadi makanan pancingan, karena bau ikan sangat kucing sukai.

Untuk gizi yang kucing peroleh maka protein hewani berasal dari ikan, protein nabati dari tempe/tahu, serta serat dan vitamin akan mereka peroleh dari nasi.

4. Telur, Daging Ayam, Dan Nasi

kucing kampung lagi makan

Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi bagi kucing, terutama pada kuning telurnya. Kalau kamu mau tau manfaat kuning telur, bisa baca pada artikel kami yang lain.

Baca juga khasiat ajiab kuning telur bagi kucing Anda

Untuk membuat menu ini Anda bisa ikuti cara myhewan. Berikut langkahnya :

  1. Rebus telur
  2. Rebus daging ayam
  3. Siapkan nasi
  4. Angkat telur dan daging yang sudah matang
  5. Pisahkan tulang ayam dengan dagingnya
  6. Campurkan nasi, telur, dan daging ayam
  7. Untuk daging ayam bisa kamu siwir siwir
  8. Sajikan ke kucing selagi masih lapar

Untuk perbandinganya bisa 1 : 1 : 1 . Jadi masing masing bahan mendapat 1 bagian. Kucing akan mendapat protein dari daging ayam dan telur, serta nutrisi lainya bakalan mereka dapat dari nasi.

5. Telur, Ikan, Dan Tempe

Kalau menu yang satu ini full protein yah, jadi masing masing bahan membawa kandungan protein. Cuma kalau dilihat lihat untuk menu ini kamu harus menyiapkan uang yang lumayan untuk sekali bikin. wkwk

Bagi yang mau menu ini, begini caranya :

  1. Rebus telur, ikan , dan tempe
  2. Angkat ketiga bahan ketika udah matang
  3. Pisahkan duri dari daging ikan
  4. Campurkan daging ikan dengan telur dan tempe
  5. Haluskan bila perlu dengan cara diulek, atau cukup campurkan
  6. Menu siap kamu hidangkan

Oh ya untuk merebus ketiga bahan, jangan dalam satu wadah yah, soalnya tingkat kematangan dan pengapian masing masing bahan berbeda. hehehe

Makanan Kucing Kampung Dryfood Yang Murah Tapi Bergizi

Nah kalau kamu gak mau ribet, bisa tiru admin myhewan yang memberikan dryfood ke kucing kampung liar atau istilahnya street feeding.

Untuk dryfood cat yang aku rekomendasikan adalah :

1. Bolt

Merk pertama yang bisa kamu kasihkan ke kucing adalah merk bolt. Kenapa harus bolt ? karena harganya murah tapi gizinya lumayan. wkwkw.

dry food untuk makanan kucing kampung

Selain untuk street feeding, makanan ini juga cocok untuk kucing ras lain.

Untuk reviewnya bisa lihat di Pendapat orang mengenai makanan kucing bolt.

Ada satu hal yang menarik, makanan ini sudah perusahaan lengkapi dengan Appealing Flavor, yang mana maksdunya makanan kucing ini memiliki rasa yang bikin nafsu kucing jadi bertambah, alias jadi bikin kucing doyan makan.

2. Ori Cat Adult

Nah merk selanjutnya yang pas buat memberikan makanan kucing kampung adalah merk ori cat. Tapi yang adult yah.

Aku sudah pernah mencoba merk Ori Cat Adult kepada 3 kucing sekaligus, dan hasilnya 2 kucing suka dan lahap. Sedangkan yang 1 cuma nyium nyium doang. Karena ini kucing kampung liar aku gak tau apa karena kucing yang satunya habis makan di tetangga apa emang gak doyan.

Cuma kalau buat kucing kampung, merk ini sih recomended banget. Soalnya masuk ke dalam makanan kucing murah 20 ribuan.

3. Power Cat

Power cat juga merupakan salah satu makanan kucing kampung yang murah, apalagi ini buatan lokal. Jadi pasti yang bikin udah tau selera kucing kampung tanah air yah.

Udah gitu, makanan ini ada label halal dari MUI, jadi yang suka nyari nyari makanan kucing halal. Ini sangat recomended.

Oh ya, kalau kalian nyari makanan halal lain, bisa kunjungi artikel saya yang lain mengenai daftar merk makanan kucing halal.

4. Whiskas

Nah whiskas juga sangat recomended buat street feeding. Alasanya tentu harganya yang murah tapi gizinya juga gak kalah sama yang mahal.

Kamu dapat melihat reviewnya di Apa kata orang mengenai whiskas ? .

Oh yah, kan whiskas itu ada yang dry food dan wet food. Untuk street feeding sih belinya yang dryfood aja.

Soalnya cara penyimpananya lebih gampang. Udah gitu menurut aku harganya jaug lebih murah. Bedanya bisa 2x lipat antara yang wet food dan dry food.

5. Excel

Excel merupakan salah satu merk yang paling sering ada pada petshop, ini tentu ada alasannya. Nah kalau menurut saya, alasanya tentu karena harganya yang tergolong murah dan cocok buat street feeding.

Kamu dapat membeli makanan Excel dalam jumlah banyak, semisal 10 Kg untuk jangka panjang. Bisa untuk 1 – 2 bulan, tergantung jumlah kucing yang kamu kasih makan.

Penggunaan makanan seperti ini memang tergolong lebih simple daripada dengan membuat makanan sendiri. Cuma kadang kadang selera orang beda beda.

6. Nice

Saran dari beberapa teman teman pecinta kucing Indonesia, merk nice juga sangat bagus buat ngasih makan ke kucing kalian. Baik yang domestik maupun yang ras mahal.

Apalagi harga Nice yang murah cocok banget ke kantong kaum kaum seperti saya. Ada banyak ukuran kemasan yang bisa kamu beli, mulai dari yang ukuran 500 gram hingga yang ukuran 1 Kg.

Kalau menurut aku pribadi tinggal sesuaikan aja sama kebiasan kalian dan kucing kalian. Yang biasa beli dryfood ya sebaiknya gunakan dryfood untuk kucing kampung kalian atau untuk kegiatan amal kalian ( street feeding ).

Baca Juga : Makanan Kucing Hutan Terbaik Yang Cocok

Sedangkan yang terbiasa kasih makan dengan menu manusia, ya silahkan. Asal kucing doyan dan tetap kamu perhatikan kesehatannya.

Sama kalau yang terbiasa kasih yang bergoreng dan kasih ikan asin. Mulai sekarang kurangi hingga hindari. Sebagai gantinya bisa kamu masak dengan rebus atau kukus. Sedangkan pemilihan ikan sebaiknya gantikan dengan ikan biasa, bukan ikan asin.

Karena minyak goreng dan garam tidak bersahabat dengan kesehatan kucing, ok sekian dan terimakasih.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!