Makanan Kucing Bolt Vs Maxi, Mana Yang Lebih Bagus ?

Halo catslover, lagi bingung yah ? mau pilih mana, antara makanan kucing Bolt vs Maxi. Kebetulan nih, kali ini aku bakalan bikin review perbandingan antara bolt dengan maxi si dryfood yang harganya murah meriah.

makanan kucing bolt vs maxi

Oh ya, yang aku mau bandingin itu yang versi adult yah. Bukan yang kitten. Ok langsung saja kita ke tkp yah. hehehe

Perbandingan Produsen Atau Pembuatnya

Kalau kalian bertanya kenapa produsen itu penting untuk dibandingkan. Maka jawabanya adalah karena produsen makanan pada sebuah negara tentu akan mengikuti SOP dan kualitas produksi yang berlaku pada negara tersebut. Sebagai contoh apabila kamu mau bandingkan antara pabrik makanan Indonesia dengan german, tentu German yang bakalan menang dengan standarnya yang tinggi.

Namun begitu, untuk beberapa aspek tentu meski kualitas produksi Indonesia kalah dari german. Kalau masalah selera tentu pabrik Indonesia yang akan menang. Sebagai contoh Indomie produksi dalam negri jelas lebih laris daripada mie instan merk luar.

Nah ini juga terjadi pada makanan kucing. Lalu darimana Maxi dan Bolt diproduksi ?

Bolt merupakan makanan kucing yang diproduksi oleh Cppetindo ( PT Central Proteina Prima, Tbk (CP Prima)). Beberapa merk lain yang masih satu perusahaan dalah Meo, Kitchen Flavor, dll.

Sedangkan Maxi merupakan makanan kucing hasil import dari Australia dan memiliki beberapa merk lain seperti Super Cat, Tenderbites, dll .

Perbandingan Komposisi Yang Di Tawarkan

komposisi bolt vs maxi

Yang saya lihat pada komposisi 5 awal, pada merk Bolt lebih banyak kandungan nabatinya. Sedangkan pada Maxi lebih banyak kandungan Hewaninya.

Nah saya rasa kenapa 2 merk tersebut menggunakan komposisi dominan yang berbeda, tentu alasanya pasti ada. Dan akan catslover temukan pada penjelasan saya pada bagian bawah ini.

Perbandingan Kandungan Nutrisi Makanan Kucing Bolt Vs Maxi

Nama ZatMerk BoltMerk Maxi
Protein28 %32 %
Crude Fat9 %12.6 %
Crude Fiber4 %4. 5 %
Moisture10 %10 %

Jika kamu baca tabel perbandingan kandungan nutrisinya bisa kamu lihat bahwa protein yang terkandung dalam Maxi lebih tinggi daripada Bolt. Menurutku ini sudah jelas, karena Bolt mencoba membuat protein nabati lebih dominan pada produknya agar dapat membantu menyehatkan kulit dan bulu kucing.

Kemudian untuk kandungan crude fat, juga nampaknya maxi lebih unggul. Ini berarti seharusnya kucing yang makan Maxi akan jauh cepat gemuk dibanding yang makan bolt.

Baca Juga :

Perbandingan Proplan Vs Royal Canin, mana yang terbaik ?

Review Makanan Kucing

Kemudian untuk Crude fiber, atau serat kasarnya terdapat perbedaan sedikit, yang berarti seharusnya kedua makanan ini sama sama memiliki tingkat kesehatan untuk pencernaan dalam tingkat yang sama.

Sementara untuk moisture atau kelembapan sama sama bernilai 10 %. Intinya sih yang penting, kalau kasih kucing makanan dry food , maka kucingnya harus sering sering minum, biar gak kena FLUTD atau penyaki saluran kemih.

Perbedaan Klaim Keunggulan Antara Bolt Dan Maxi

Keunggulan Bolt Menurut Pihak Perusahaan :

  1. High Digestible
  2. Healty Skin And Coat
  3. Appealing Flavor
  4. Terdapat taurine dan vitamin A yang menjaga kesehatan mata
  5. Kibblenya diklaim akan membantu menjaga kesehatan tinggi
  6. Rendah magnesium sehingga mengurangi kemungkinan kucing kena FLUTD
  7. Mendukung Sistem kekebalan tubuh

Maksud dari High Digestible adalah makanan tersebut mudah di cerna. Jadi apabila suatu makanan kucing sudah High Digestible itu cocok untuk perut hewan yang sensitif terutama yang mudah mencret.

Kenapa Bolt menklaim Healty Skin And Coat, karena memang bahan yang mereka gunakan berasal dari protein hewani bercampur nabati, sehingga memang umumnya akan membuat kulit dan bulu kucing menjadi lebih sehat.

Appealing Flavor itu artinya makanan kucing tersebut telah diberi formula khusus agar nafsu makan meningkat. Maka logikanya, jika nafsu makan meningkat tentu berat badannya juga akan meningkat yah catslover.

Bingung pilih yang mana ? Lihat juga Proplan Vs Equilibrio, Mana yang bagus buat kucing ?

Keunggulan Klaim Maxi :

  1. Nutisilion Balanced And Complete
  2. Only selected Meat
  3. 100% Protein tinggi
  4. Bisa Membantu kesehatan gigi
  5. Mengandung Asam lemak murni
  6. Mengandung Taurine Untuk Kesehatan Mata
  7. Terdapat L-lysine yang bisa menambah nafsu makan
  8. Mengandung Yucca Extrak yang bisa mengurangi bau kotoran
  9. All stages alias cocok untuk adult and kitten

Jadi Maxi mengklaim bahwa produknya sudah memiliki nutrisi yang seimbang dan komplit dengan hanya menggunakan daging pilihan. Selain itu, protein yang mereka gunakan juga 100% merupakan protein tinggi.

Merk Mana Yang Paling Menarik Bagi Kucing

Dari beberapa kucing yang diuji coba, saya melihat merk bolt lebih sering termakan daripada merk maxi. Tapi ya kembali lagi tergantung selera. Karena pas uji coba tersebut juga ada yang hanya makan Maxi, ada yang cuma makan bolt dan ada yang mencicipi keduanya.

Cuma memang paling banyak, kucing mencicipi bolt.

Jadi Mana Yang Harus Aku Pilih ?

Kalau saran saya sih, sebaiknya coba keduanya, tapi belinya kemasan repack terkecil, ntar kalau ada yang gak habis bisa buat mix atau buat street feeding gitu.

Coba aja masing masing selama 3 hari atau berapa hari, terserah kalian. Lalu lihatlah reaksi kucing, apakah kucing suka ? apakah pup normal ? Bulu normal atau malah rontok ? Berat badan bertambah atau mahal berkurang.

Lalu setelah mendapat yang pas, berarti kucing kamu memang berselera pada makanan tersebut. Wkwkw

Demikian artikelnya, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!