10 Penyebab Kucing Tidur Terus Dan Cara Mengantisipasinya

Layaknya wanita, kucing yang sedang tidur terlihat lucu dan menggemaskan, namun saat kucing tidur terus dan tak bangun-bangun. Maka Anda harus mencari tahu apa penyebabnya.

kucing tidur terus
Kucing tidur terus

Sebenarnya banyak sekali hal yang dapat menyebabkan kucing tidur terlalu lama, bisa diakibatkan karena kebanyakan aktifitas hingga karena sedang mengalami kondisi tertentu.

Namun Anda tidak perlu cemas, yang penting ketahui dulu penyebabnya, baru nanti mencari solusi yang tepatnya bagaimana.

10 Penyebab Kucing Tidur Terus

Ada banyak sekali penyebab kucing tertidur lama tanpa bangun-bangun. Untuk itu myhewan akan berikan 10 penyebab yang biasanya menjadikan kucing tertidur pulas hingga lama, berikut daftarnya :

1. Kucing Sedang Hamil

image by catster.com

Kucing yang sedang mengandung tentu akan lebih banyak istirahat dibandingkan melakukan aktivitas tertentu. Lalu cara terbaik untuk istirahat adalah tidur. Oleh sebab itu sangat wajar jika kucing Anda yang tengah hamil sering tertidur. Ini murni normal dan Anda tak usah khawatir. Bila perlu Anda harus membaca ciri-ciri kucing hamil untuk lebih yakin mengenai kondisi kucing Anda.

Jadi bila penyebabnya karena masalah ini, maka tidak ada solusi. Karena semua ini adalah normal jadi tidak perlu ada yang diperbaiki.

2. Kucing Sedang Menghemat Energi

Aslinya kucing merupakan hewan yang gemar bermain dan berburu. Oleh sebab itu, kucing membutuhkan banyak energi untuk melakukan aktivitas tersebut. Kebanyakan hewan predator sejenis kucing, singa, harimau, dan lainya, memang suka tidur di waktu siang.

Ini dikarenakan untuk menghemat energi setelah sebelumnya melakukan aktivitas berat seperti berburu. Kadang juga energi di hemat untuk tujuan sorenya. Agar bisa bermain atau berburu seekor mangsa.

Karena kendati kucing sering di beri makan. Namun kucing akan tetap berburu, entah itu dimakan atau tidak. Yang penting dia akan berburu. Karena ini merupakan aktivitas alaminya. Seperti pada kecoa, yang kadang kecoa hanya ditangkap untuk mainan dan bukan untuk di makan.

Baca Juga Bahaya Kucing Makan Kecoa

Untuk penyebab ini maka tidak perlu dicarikan solusi untuk mengatasinya.

3. Kucing Sedang Sakit

kucing sakit jadi tidur terus
Kucing sakit

Selain untuk istirahat, penyebab umum kucing sering tidur adalah karena sakit. Penyakit yang menyerang kucing biasanya akan membuatnya menjadi lemas dan tak bergairah, sehingga akan tidur terus.

Bila Anda menemukan penyebab demikian, maka jika tidak tahu jenis sakit apa yang di derita kucing. Maka solusi terbaiknya adalah segera bawa kucing ke dokter hewan agar cepat ditangani oleh orang yang berkompeten.

Sehingga kucing bisa kembali normal dan bermain lagi bersama Anda. Tentu ini yang diinginkan, bukan ?

4. Anemia Pada Kucing

Anemia ternyata tidak hanya menimpa manusia, tetapi juga dapat menimpa pada kucing. Ciri khas gejala penyakit ini adalah penderitanya akan sering merasa lemas tak berdaya, sehingga akan sering tertidur.

Dan gejala seperti itu juga menimpa pada kucing yang terkena anemia. Dan apabila sudah parah, bisa saja kucing akan tidur sepanjang hari akibat penyakitnya itu.

Solusi dari masalah ini adalah, Anda harus segera memeriksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyakit apa yang diderita oleh kucing.

5. Genetik

Gen pada kucing ternyata juga dapat mempengaruhi perilaku pada kucing, termasuk perilaku tidurnya. Kucing merupakan jenis hewan yang memang lebih suka beraktivitas di pagi dan sore hari. Dan pada siangnya akan bersantai dan tiduran untuk beristirahat.

Dan ini murni normal, jadi tidak perlu susah payah mencari cara untuk mengatasinya.

6. Kucing Bosan

kucing bosan
Kucing bosan

Jika kucing merasa bosan maka wajar bila ia akan tidur dan istirahat sepanjang hari. Alasan kenapa kucing bosan juga cukup beragam, bisa karena tidak ada hewan lain untuk dijadikan teman bermain. Bisa juga karena Anda sibuk sehingga tidak sempat memerhatikannya.

Solusi terbaik untuk ini adalah luangkan waktu untuk bermain dengan kucing Anda, agar ia tidak bosan. Selain itu Anda juga bisa memberikannya seekor hewan untuk teman bermainya. Entah kucing atau hewan lain. Yang penting nantinya bisa bersahabat dengan hewan kesayangan Anda. Jadi nanti kucing tidak iseng bergulang guling di lantai sepanjang hari. ( alasan kucing suka berguling-guling )

7. Cuaca Dingin

Layaknya manusia, kucing yang merasa kedinginan akibat perubahan suhu maupun hujan. Maka ia akan memilih untuk tidur daripada melakukan aktivitas yang tidak perlu. Ini dilakukan agar tubuhnya tetap hangat sehingga nantinya tidak sakit.

kucing kehujanan
Hujan

Untuk mengatasi ini, sebaiknya tempatkan kucing pada tempat yang hangat agar ia tidak kedinginan. Karena bila sampai kedinginan, bisa saja nanti malah bisa sakit. Dan ini tentu tidak diinginkan oleh Anda bukan ?

Kucing Anda Flu ? Nih daftar obat flu kucing yang manjur

8. Kehilangan Nafsu Makan

Kucing yang mengalami gangguan nafsu makan, biasanya akan mengalami lemas. Lalu efek lemas ini akan membuat kucing menjadi tidur. Banyak hal yang bisa membuat kucing tidak bernafsu. Baca juga penyebab kucing tidak mau makan.

Bisa karena tidak cocok dengan makanannya, bisa karena sedang sakit, bisa juga karena stress. Semua itu mungkin saja menjadi penyebabnya. Anda perlu meneliti lebih jauh untuk menentukan penyebabnya.

Solusi terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan membuatnya bernafsu lagi. Lalu cara untuk membuat kucing bernafsu adalah dengan mengetahui penyebabnya dulu, jadi penting sekali untuk mencari informasi mengenai penyebab ini.

Tapi umumnya jika karena makanan, Anda harus sering variasikan menu makanan agar kcuing tidak bosan. Selain itu, saat ingin berganti makanan, maka penting untuk mengetesnya beberapa kali dulu, untuk tahu cocok atau tidaknya.

9. Memiliki Masalah Pada Mulutnya

Bagi kucing yang memiliki masalah pada mulutnya, entah itu akibat sariawan pada kucing atau semacamnya. Maka biasanya kucing juga akan lebih banyak tidur. Karena saat mulutnya bermasalah tentu kucing tidak akan terlalu banyak makan. Sehingga sudah pasti menjadi lemas dan tak berdaya.

kucing bermasalah
Kucing bermasalah

Sebaiknya segera priksakan ke dokter jika Anda merasa penyebab kucing tidur terus adalah akibat masalah ini. Dengan ditangani oleh dokter hewan, maka kemungkinan kucing akan sehat dengan segara menjadi mungkin Dan ini tentu sangat diinginkan Anda bukan ?

10. Masalah Makanan

Seperti pada manusia, kucing yang merasa tidak cocok dengan makanannya, maka ia akan menjadi sangat tidak bernafsu sehingga kucing kelaparan dan lemas.

Masalah pada makanan ini banyak jenisnya, bisa karena rasanya tidak enak, bisa karena buanya tidak disukai kucing, bisa juga karena setelah dimakan badan kucing merasa tidak enak. Dan ini di ingat oleh memori kucing, sehingga besok-besoknya ia tidak akan mau memakanya lagi.

Soal makanan, memang sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan tidak jor-joran. Agar kucing selalu sehat tidak mengalami banyak masalah kesehatan.

Cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah mengganti makanan dengan jenis makanan yang biasa ia sukai. Dan jangan berikan makanan yang tadi, agar kucing mau makan lagi.

Demikian artikelnya, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!