Kucing Tiba Tiba Lemas ? Bagaimana Cara Mengobatinya ?

kucing lemas

Memiliki peliharaan kucing yang lucu dan menggemaskan memang memiliki kepuasan tersendiri. Terlebih jika si kucing aktif dan gemar bermain dengan Anda, itu tentu menyenangkan. Namun kadang kala, ada saja gangguan kesehatan yang menyerang kucing, salah satunya Adalah kucing lemas.

Ngomongin soal gangguan pada kucing berupa kondisi tubuhnya yang menjadi kelihatan lesu, Anda sebagai pemiliknya harus segera mencari tahu penyebabnya. Lalu setelah mendapatkan informasi mengenai apa permasalahannya. Segera obati kucing biar bisa sehat lagi dan bermain dengan Anda.

Penyebab Kucing Menjadi Lemas

Kucing yang tadinya aktif dan gemar bermain lalu tiba tiba berubah menjadi lesu dan tidak mau bermain tentu ini tidak boleh kamu biarkan begitu saja. Berikut beberapa penyebab kucing menjadi lemas dan lesu :

  • Kucing Tidak Mau Makan
  • Kucing Sakit Gigi
  • Dehidrasi
  • Memiliki Permasalahan Pada Perutnya
  • Kucing Mengalami Gangguan Pada Kakinya
  • Stress
  • Kucing Habis Berantem

Nah dari beberapa gangguan kucing yang biasa mereka alami, sebenanya paling gampang didiagnosa adalah jika penyebabnya adalah tidak mau makan. Ini biasanya terjadi jika kamu sebagai pemilik telah melakukan pergantian merk makanan kucing. Atau jika ingin lebih jelas, bica baca alasan kucing tidak mau makan.

Lalu apabila penyebabanya bukan karena makanan, maka Anda harus melakukan pemeriksaaan fisik mengenai gangguan yang dialami kucing maupun anak kucing.

Cara Mengobati Kucing Yang Lemas

Untuk mengatasi kucing yang lemas, admin telah merangkum beberapa cara yang bisa Anda lakukan lakukan, berikut daftar lengkapnya :

1. Berikan Air Putih

Usaha pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberikannya air putih, Mengapa ? Karena bisa saja, kucing tiba tiba lemas karena disebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, coba dekatkan sekotak air minum ke kucing. Jika tiba tiba dia langsung meminumnya. berarti memang benar karena efek haus.

2. Berikan Susu Kucing

Jika di rumah Anda tersedia susu kucing, coba tuangkan sedikit dan berikan ke dia. Susu mengandung banyak sekali nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Oleh sebab itu, memberikan susu kucing di saat mereka lemas, sangat berpotensi bisa membuatnya menjadi lebih segar dari sebelumnya.

Atau jika tidak memiliki susu kucing, bisa cek ada susu merk ini gak dikulkas ? merk susu manusia untuk kucing. Kalau ada, bisa coba Anda berikan.

3. Gunakan Merk Makanan Lama

Apa maksudnya ? Maksudnya adalah jika Anda baru baru ini mengganti merk makanan kucing, lalu tiba tiba kucing menjadi sering tiba tiba lemas. Maka Anda bisa mencoba memberikan makanan yang merk lama. Siapa tahu, penyebab dari kucing menjadi lesu adalah karena efek pergantian makanan. Mungkin makanannya tidak cocok, atau nutrisinya tidak selengkap makanan yang sebelumnya.

4. Ganti Makanan Ke Yang Ada Penambah Nafsu Makan

Hal lain yang bisa Anda lakukan adaah mencoba ngasih makan kucing, dengan makanan yang mengandung penambah nafsu makan. Biasanya ini ada di merk merk yang dikhususkan untuk menggemukan badan. Silahkan liat daftarnya ! makanan penambah nafsu makan kucing.

5. Berikan Vitamin

Salah satu cara lain untuk mengatasi kucing yang tiba tiba lemas adalah memberikan vitamin kepadanya. Ini bertujuan untuk menutrisi badan kucing sehingga menjadi fit kembali.

Selain itu, Anda dapat mencoba memberikan vitamin penggemuk kucing biar kucing doyan makan dan cepat segar kembali. Tidak lemas lemas lagi.

6. Berikan Obat Cacing

Penyebab lain kucing mendadak lesu adalah bisa karena cacing yang menyerap nutrisi pada tubuh kucing. Oleh karena itu, bisa coba Anda lakukan pemberian obat cacing kucing untuk mengatasi permasalahan ini.

Tapi dengan catatan, memberikan obat ini tidak boleh sembarangan. Gunakan saat Anda mencurigai adanya cacing dengan tanda tanda misal pada hari hari sebelumnya, kucing nafsu makannnya banyak, tapi tetap kurus. Ini bisa saja kamu curigai.

7. Bawa Ke Dokter Hewan

Kenapa harus di bawa ke dokter ? Karena dokter bisa melakukan diagnosa secara khusus demi mengetahui penyakit apa yang empus derita. Apakah gangguan pencernaan atau yang lainya.

Ini sangat diperlukan apabila poin poin diatas tidak mempan saat kamu coba, sebagai pertolongan pertama yang bisa kamu berikan saat kucing mendadak lemas.

Dari pengalamanku sih, seringkali masalah yang muncul terhadap perubahan perilaku kucing yang menjadi tidak bertenaga adalah adanya gangguan pada nafsu makannya. Oleh sebab itu, jika yakin memang kucing baik baik saja namun tidak bertenaga, segera lakukan pergantian merk makanan.

Jika Anda ingin mencari merk makanan kucing yang bisa menambah nafsu makan, bisa cari di artikel kami mengenai merk makanan penggemuk dan penambah nafsu makan kucing.

Demikian artikel kami, semoga membantu kalian yah.

2 Replies to “Kucing Tiba Tiba Lemas ? Bagaimana Cara Mengobatinya ?”

  1. Assalamualaikum kak Kucing ku terkena tungan telinga dan gak mau makan sama sekali kucingku lemes banget …aku kasih susu beruang dan pup nya encer banget
    Tolong saran dan bantuan nya kak kira kira harus bagaimana…

    1. Wangalaikum salam..Untuk masalah tungau telinga, coba bersihkan telinga kucing kaka. Kalau bisa kasih obat tetes telinga kucing. Sementara kalau masalah gak mau makan..
      Coba kasihkan makanan kesukaan kucing kaka, atau kasih vitamin yang bisa nambah nafsu makan.. atau jika takut tambah parah, segera bawa ke dokter aja kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!