Penyebab Dan Cara Mengatasi Kucing Susah Tidur Terampuh

kucing susah tidur
Kucing by gesindo.sindonews.com

Kucing memang terkenal hewan yang suka tidur, namun ada kalanya malah seekor kucing susah tidur dan malah terlihat aktif terus. Jika biasanya saat siang hari, mayoritas kucing akan tertidur beberapa jam. Namun pada kucing yang mengalami gangguan malah susah tertidur.

Layaknya manusia, memang beberapa kucing dapat berpotensi mengalami gangguan tidur akibat beberapa kondisi abnormal yang menimpanya.

Penyebab Kucing Susah Tidur

Untuk menentukan apa penyebab hewan peliharaan Anda mengalami gangguan tidur memang gampang-gampang susah. Karena kucing tidak bisa diajak berbicara untuk menceritakan keluhanya. Oleh karena itu, myhewan rangkum beberapa hal yang mungkin jadi penyebab kucing susah tidur berdasarkan beberapa narasumber. Berikut penyebabnya :

1. Kucing Stres

Kucing yang stress akan mengalami insomnia yang cukup berat. Karena masalah yang menimpanya akan membuat dia menjadi was-was atau tidak tenang. Sehingga tidak bisa tidur dengan tenang.

Beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan kucing stress misalnya, memiliki musuh kuat dilingkunganya, memiliki saingan hewan kesayangan, kurang perhatian dari majikan, dan lain sebagainya.

2. Kucing Merasa Lapar

kucing lapar
Kucing mau makan

Jika malam malam kucing sering terbangun. Dan tidak mau tidur seolah-olah seperti mencegah Anda untuk beristirahat. Ada kemungkinan kucing Anda sebenarnya merasa lapar. Apalagi jika disertai dengan bunyi mengeong terus-menerus yang mana seolah-olah seperti memberikan sebuah insyarat kepada Anda, jika dia lapar.

Apalagi seperti yang kita tahu, seluruh makhluk hidup, baik manusia maupun hewan, akan mudah tertidur jika kenyang. Oleh sebab itu, kemungkinan memang kucing Anda insomnia karena kelaparan. Baca juga review makanan kucing maxi terbaru.

3. Kucing Ingin Bermain

Jika Anda memiliki peliharaan kucing, namun sering ditinggal bekerja saat siang hari. Maka ada kemungkinan saat malam hari kucing Anda akan mengajak Anda bermain karena kangen dengan Anda.

Oleh sebab itu, Anda mungkin menyangka kucing sedang mengalami insomnia. Padahal aslinya tidak, kucing hanya sedang ingin bermain saja dengan Anda, dan kebetulan hanya bisa bertemu Anda secara lama saat malam tiba.

4. Kucing Kurang Aktif

Rumus sederhana jika ingin tidur nyenyak tentu buatlah tubuh Anda selelah mungkin. Nah rumus ini tentu juga berfungsi pada kucing.

Oleh sebab itu, kucing yang kurang aktivitas tentu akan kesulitan istirahat saat malam, karena dia tidak merasa lelah.

kucing pasif
Kucing pasif

Lalu keesokan harinya saat siang hari ia akan tertidur akibat malamnya yang kurang tidur. Dan itu akan berlanjut terus menerus sehingga membuat kucing memiliki waktu istirahat yang tidak bagus.

Dan kejadian ini tidak akan berhenti sampai Anda menemukan solusi untuk mengatasi penyebabnya.

Nah itulah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kucing Anda terkena insomnia.

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Pada Kucing

Untuk mengatasi kucing yang sulit tidur di malam hari maka bisa Anda lakukan beberapa trik dibawah ini :

1. Tentukan Jam Tidur Kucing

Untuk melatih kucing Anda istirahat di waktu yang sama secara rutin, bisa dimulai dengan cara mematikan lampu saat jam yang sudah Anda tentukan. Lakukan itu setiap hari sampai kucing beradaptasi.

Kemudian Anda juga bisa lakukan dengan berhenti bermain sesaat sebelum jam tidur datang. Coba hentikan segala aktivitas sesaat jam tidur yang Anda tentukan. Lalu taruhlah kucing ke kandangnya dan matikan semua lampu yang diperlukan.

Selain dengan membuat jadwal tidur. Anda juga bisa membuat jadwal bangun bagi si kucing agar terbiasa. Intinya sih biar jam tidur dan jam bangun sama dengan Anda. Agar lebih bisa di pantau segala aktivitasnya.

2. Beri Makan Kucing Sebelum Jam Tidurnya

Nah karena kucing yang insomnia saat malam hari bisa disebabkan karena kelaparan. Maka solusinya sekitar sejam sebelum kucing akan beristirahat malam. Sebaiknya berikan sedikit makanan agar saat kucing akan beristirahat, ia tidak merasa kelaparan. Alhasil nanti tidurnya nyeyak.

Namun yang pelu diperhatikan adalah jangan berikan makanan terlalu dekat dengan jam tidurnya. Satu jam saya rasa sedang. Karena jika waktu makanya terlalu dekat dengan jam tidur. Dikhawatirkan kucing akan mengalami kegemukan atau malah obesitas. Baca Juga Berapa berat Ideal Kucing ?

3. Bantu Kucing Beraktivitas

Guna dari kucing beraktivitas adalah agar membuat dia merasa lelah. Karena semakin lelah seekor kucing, maka saat malamnya pun tidurnya akan semakin nyenyak.

Anda bisa ajak kucing bermain saat sore setelah pulang bekerja, agar kucing merasa diperhatikan sekaligus nanti merasa lelah butuh istirahat. Sehingga malamnya nanti bisa tidur.

4. Berikan Teman Bermain

Hal yang tak kalah penting adalah berikan kucing teman bermain agar dia bisa menikmati hari-harinya dengan seru dan lelah.

Anda bisa pelihara satu kucing lagi untuk dijadikan teman kucing utama Anda. Selain itu, Anda juga bsia memberikan hewan lain yang kira-kira bisa menjadi teman mainnya.

Jika diperlukan buatlah taman bermain khusus untuk kucing Anda agar saat siangnya, ia bisa bermain dengan leluasa. Sehingga pas malamnya nanti bisa tidur nyenyak.

Demikian artikelya, semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!