Kucing Makan Tikus, Biarkan Atau Larang ?

kucing boleh makan tikus

Melihat kucing makan tikus merupakan hal yang sudah lumrah, saking lumrahnya bahkan sampai di buatkan film, yaitu tom and jerry. Meski terlihat imut dan lucu, namun kucing pada dasarnya merupakan jenis hewan predator yang gemar berburu. Jadi wajar saja jika Anda melihat kucing Anda sering berburu hewan seperti, tikus, burung, tupai, kecoa, belalang, katak, kelinci, dan lain sebagainya.

Lalu Sebenarnya bolehkah kucing memakan tikus ? Kucing boleh makan tikus, ini merupakan hal yang wajar dan benar-benar normal. Karena tikus merupakan mangsa alami bagi kucing. Di alam liar, kucing suka berburu hewan ini.

Kenapa Kucing Suka Tikus ?

kucing makan tikus
kucing makan tikus by thepetshome.com

Kucing menyukai tikus adalah hal yang wajar, karena ini merupakan naluri alamiahnya. Memang seharusnya tikus di mata kucing adalah makanan yang enak.

Sudah diwariskan dari generasi ke genarasi jika tikus merupakan hewan buruan bagi kucing. Sampai-sampai terkadang ada manusia yang memelihara kucing karena motifnya ingin rumah dia gak banyak tikus. Baca juga Apakah Kucing Bisa Makan Kecoa ?

Tapi Kok Sekarang Malah Kucing Takut Tikus ?

Saat ini memang kucing sudah mulai tidak tertarik tikus dan malah takut. Seperti yang sering saya jumpai, dimana kucing malah takut dengan tikus got dan jijik pada tikus kecil. Ini merupakan hal aneh.

Tikus got by cnnindonesia.com

Namun jika di pikirkan menggunakan logika, ada wajarnya juga. Penyebab utama kucing tak mau makan tikus adalah karena semakin turunya insting berburu kucing rumahan dari generasi ke generasi.

Sekarang kucing lebih tertarik makan sisa-sisa bekas manusia di banding harus berburu. Ini bahkan pernah saya uji langsung, dimana kucing saya kasih cicak dan tidak dimakan, malah dibiarkan. Ini saya uji pada kucing rumahan yang tidak memiliki pemilik. ( Cara Kucing Mengenali Pemiliknya ? )

Selain itu, ukuran tikus juga lama-lama membesar hampir seukuran kucing. Jadi wajar jika kucing akhirnya takut. Apalagi tikus dikenal memiliki gigi taring yang tajam. Sehingga cukup membahayakan.

Bahaya Kucing Makan Tikus Apakah Ada ?

Ada bahaya jika kucing menyantap tikus. Namun ini berlaku pada tikus-tikus yang hidup ditempat kotor seperti tikus got. Sebenarnya jika kucing Anda takut pada tikus got, ini justru bagus. Setidaknya bisa meminimalisir kemungkinan kucing Anda terkena bahaya dari tikus got.

kucing sakit
Kucing sakit

Beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh tikus kepada kucing antara lain :

  1. Berpindahnya racun tikus ke tubuh kucing. Ini bisa terjadi jika sesat sebelum menyantap tikus, ternyata si tikus telah terkena jebakan racun Anda. Baca juga tanda kucing keracunan.
  2. Kucing terkena toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah sebuah penyakit yang dapat menyebabkan kucing menjadi diare, gangguan saraf, radang paru-paru, dan penyakit hati. ( dapat menular ke manusia ).
  3. Cacing usus. Penyakit ini disebabkan oleh cacing gelang, biasa ditularkan setelah kucing memakan hewan lain seperti tikus. Jika di tubuh kucing ada cacing gelang, maka akan menyebabkan nutrisi makanan yang ia makan malah diserap cacing.
  4. Penyakit hantavirus. Merupakan penyakit yang bisa menyerang organ pernapasan, sehingga membuat hewan yang terinfeksi mengalami berbagai macam gangguan pernapasan baik yang ringan hingga akut. Dan ini bisa menular ke manusia

Jadi Sebaiknya, Larang Atau Biarkan Kucing Makan Tikus ?

Ini kembali ke pertimbangan dan prinsip para catslovers. Untuk membiarkan atau melarang, banyak faktor pertimbangan. Baik dari kondisi lingkungan hingga jenis kucingnya.

Jika Anda tinggal di desa yang lingkungannya bersih, bisa biarkan kucing Anda berburu tikus, agar instingnya tetap terjaga. Namun jika Anda tinggal dikota yang lingkunganya kotor, sebaiknya cegah kucing makan tikus. Karena dipastikan tikus tinggal di lingkungan yang kotor, sehingga kemungkinan besarnya bisa membawa penyakit bahaya ke kucing.

Selain itu, jika Anda memelihara kucing RAS mahal yang harganya puluhan juta, sebaiknya benar-benar harus diperhatikan secara seksama soal makanannya. Bahkan jika soal tikus, sebaiknya benar-benar cegah agar tidak membahayakanya.

Review makanan Maxi Cat Food

Bagaimana Kalau Kucing terlanjur Makan Tikus ?

Jika sudah terlanjur, maka biarkan saja. Namun periksalah secara berkala selama beberapa hari. Jika normal-normal saja, berarti tikus yang ia makan merupakan tikus sehat. Jadi Anda tidak usah khawatir.

Namun bila sebaliknya, kucing malah mengalami gangguan kesehatan. Usahakan segera bawa kucing ke dokter hewan. Agar ditangani oleh orang yang kompeten dibidangnya.

Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Menangkap Tikus ?

Untuk membuat agar kucing tetap diam saat melihat tikus, bisa dilakukan beberapa upaya sebagai berikut :

  1. Beri makan secara teratur. Kucing yang selalu kenyang tidak kekurangan makan, pasti akan malas untuk berburu.
  2. Bersihkan rumah. Kucing suka pada tempat kotor. Jadi rajin-rajinlah membersihkan rumah agar tidak ada tikus. Jika tikus tidak ada, sudah pasti kucing tidak akan berburu tikus.
  3. Latih memlalui verbal atau perkataan. Kucing sebenarnya akan paham dengan perintah tuanya jika memang sudah tinggal bersama cukup lama. Jadi mulailah belajar melatih kucing Anda menggunakan kata.

Itulah artikel mengenai biarkan atau cegah kucing menyantap tikus. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!