Kucing Makan Kelinci, Emang Bisa Yah ?

Kucing memang dikenal sebagai hewan imut yang doyan berburu, hewan buranya pun bermacam-macam. Ada tikus, kelinci, burung, kecoa, hingga katak. Ngomongin soal kelinci, bisakah kucing makan kelinci ?

kucing makan tikus
Kucing makan kelinci by nytimes.com

Kucing bisa menangkap dan memakan kelinci hidup-hidup. Hanya saja bukan kelinci dewasa, namun anakan. Karena jika kelinci dewasa, kucing akan sulit menangkapnya, akibat ukuran badan yang hampir sama atau lebih besar.

Sebenarnya ada juga sih, jenis kelinci yang meski sudah dewasa tapi ukuran tubuhnya enggak terlalu besar, sehingga bisa ditangkap kucing lebih mudah. Karena masih menang ukuran badannya.

Kenapa Kucing Menangkap Kelinci ?

kelinci
Kelinci

Alasan kenapa kucing suka menangkap anakan kelinci karena secara instingnya kelinci memang merupakan hewan buruanya. Oleh sebab itu, seekor kucing yang insting berburunya masih tajam, ketika melihat anakan kelinci, mereka akan berusaha menangkapnya.

Musim hujan tiba dan banyak laron ? Cek bolehkah kucing makan laron ?

Oleh sebab itu, bagi kalian yang memelihara kelinci dan dibiarkan hidup di halaman rumah. Harus berhati-hati saat kelinci memiliki anak. Jaga jangan sampai ditangkap oleh kucing liar atau malah hewan peliharaanya sendiri

Bolehkah Kucing Makan Kelinci ?

Kucing boleh menyantap kelinci karena itu sangat normal dan wajar. Cuma jika di lingkungan manusia, ini sangat jarang terjadi. Karena jarang sekali ada kelinci liar yang hidup di sekitaran manusia.

Oleh sebab itu, kejadian semacam ini cukup langka, biasanya kalau ada kasus itu, akibat pemilik kelinci kecolongan. Sehingga bisa ketangkap oleh kucing. Lalu pas ditemukan tinggal sisaan sedikit bagian tubuh setelah berhasil dilahap oleh seekor kucing.

Bahaya Kelinci Bagi Kucing Apakah Ada ?

kucing dan kelinci
Kelinci

Sebenarnya karena kelinci diperbolehkan dimakan oleh kucing, maka itu artinya kelinci tidak membahayakan kucing. Selama kelincinya normal sehat gak ada penyakit.

Dan ini akan berbeda cerita jika kelinci ternyata memiliki penyakit. Maka kemungkinan kucing yang telah memakannya bisa tertular oleh penyakit itu. Jadi berhati-hatilah bagi para catslovers diluaran sana. Karena banyak sekali hewan yang bisa berbahaya untuk kucing, seperti kecoa, tikus, kadal, dan lain-lain

Sebaiknya Perbolehkan Atau Larang ?

Kalau soal ini, maka tergantung pilihan. Kalau saya, maka myhewan akan larang. Mengapa ? bukan soal bahayanya sih, tapi lebih ke kelinci siapa ? Kalau yang dimakan adalah kelinci liar sih tidak mengapa. Yang dikhawatirkan jika kucing menangkap kelinci tetangga, maka mau tidak mau kita harus bertanggung jawab. Mungkin kalau soal uang bisa cepat beres. Namun bagaimana dengan perasaan pemilik kelinci yang sudah terlanjur sayang. wkwk. Jadi semua tergantung para catslovers yah.

Mungkin bagi catslover yang tempat tinggalnya masih dideket alas atau hutan dan masih banyak satwa liar seperti kelinci. Mungkin sebaiknya biarkan saja kucing untuk berburu. Agar naluri dan instingnya tetap terjaga.

Namun meski membiarkan kucing berburu, Anda juga tetap harus memberikan makan secara teratur. Jangan sampai motif kucing untuk berburu karena kelaparan.

Selain itu, bagi kategori hewan yang cukup jarang populasinya di lingkungan situ, sebaiknya cegah kucing memburu hewan tersebut. Agar tidak terjadi kepunahan di area Anda. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!