Kucing Makan Kecoa, Apakah Bahaya ? Ini Efek Ke Kucing

Ilustrasi by kimberlytownsendpalmer.com

Memiliki peliharaan kucing tentu merupakan kebahagian tersendiri. Karena kucing merupakan salah satu hewan yang lucu dan gemar bermain. Selain itu, kucing juga gemar berburu. Beberapa hewan buruan yang sering kucing intai saat berada dalam rumah adalah burung, cicak, dan kecoa. Padahal kecoa merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak sekali parasit dan bakteri jahat dalam tubuhnya.

Sebenarnya kucing makan kecoa itu tidak boleh, alasanya karena beberapa kecoa cenderung memiliki parasit. Selain itu umumnya kecoa tidak cocok untuk pencernaan kucing, bisa bikin muntah.

Apakah Kucing Makan Kecoa Adalah Hal Yang Wajar?

Ternyata kucing yang memakan kecoa sebenarnya kurang wajar. Meski sejatinya mereka merupakan hewan pemakan daging. Namun mereka harusnya telah mendapatkan makanan yang cukup dari Anda, sehingga tidak memakan hewan lain.

efek kucing makan kecoa
Ilustrasi by bugoutinc.com

Lazimnya kucing hanya berburu untuk bersenang senang dan mengikuti insting. Biasanya kucing rumahan hanya membuat hewan buruanya menjadi mainan, yah sekedar ditangkap dan dilepaskan, begitu terus sampai bosan.

Baca Juga kucing saya makan laron, bagaimana ini ?

Terlebih biasanya kucing rumahan mendapatkan jatah makanan secara teratur, sehingga perutnya selalu dalam kondisi kenyang.

Apakah Anda tahu kucing bisa makan katak ?

Apakah Kucing Admin Suka Makan Kecoa ? Dan Apa Akibat Yang Ditimbulkan ?

Sejauh ini saya belum pernah melihat kucing saya maupun yang liar berhasil menelan seekor kecoa. Palingan saya pernah melihat kucing liar mencoba mau mengunyah namun ia muntahkan lagi.

Dan seringnya para kucing hanya mengejar tanpa memakannya. Mereka hanya menganggap kecoa sebagai mainan saja, untuk dikejar, dilepaskan, lalu dikejar lagi sampai mereka bosan sendiri.

Pengalaman Para Pemilik Kucing

Ahmad Nurul Sidiq : Merupakan pemilik kucing persia yang berumur 3 bulan. Harus bersedih karena bernasib buruk. Pasalnya kucing persia nya mati setelah memakan kecoa.

Anonim : Seorang pemilik kucing yang memiliki pengalaman kucingnya pup berdarah setelah kedapatan makan kecoa. Dan Alhamdulillah kucingnya sembuh setelah mendapatkan pengobatan yang tepat oleh dokter hewan.

Anonymous : Adalah seorang catslover yang kucingnya telah memakan kecoa dan kemudian memberikan kuning telur+madu lalu setelah itu kucing menjadi lincah kembali tanpa mendapat gangguan kesehatan.

Admin Myhewan : Seorang catslover, beberapa kali melihat kecoa menjadi mainan kucing. Tapi belum pernah melihat kucing kami mati akibat makan kecoa.

Perbedaan pengalaman tersebut santa terpengaruhi oleh beberapa faktor. Enteh keturunan, ketahanan tubuh kucing, kebiasaan, dll. Jadi jangan terlalu terpaku, hanya buat referensi saja yah. Beda kucing tentu beda nasib, jadi jangan terlalu khawatir. Stay Calm.

Bahaya Dan Efek Samping Kucing Makan Kecoa Apakah Ada ?

Untuk sebagian besar kucing, maka efek samping kucing makan kecoa tidak terlalu bahaya. Biasanya, apabila kucing tersebut baru pertama kali makan serangga ini. Bisa saja dia akan memuntahkan kecoa yang telah ia makan.

Atau apabila sebelumnya Anda telah menyemprotkan obat serangga atau obat semprot seperti baygon, kemudian kecoa berhasil menghirupnya sedikit namun tak sampai mati. Tapi kemudian malah apes tertangkap kucing Anda dan termakan olehnya. Maka bisa saja kucing akan mengalami keracunan insektisida.

Gejala yang timbul akibat keracunan kecoa sangat beragam. Namun kemungkinan kucing Anda akan mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Berikut bahaya yang ditimbulkan akibat kucing keracunan kecoa secara umum :

  • Muntah
  • Diare
  • Kesulitan berjalan
  • Pusing
  • Kelesuan
  • Sulit bernafas

Untuk itu tetap berhati-hatilah. Lalu jika Anda ingin mengusir kecoak dari rumah Anda, bisa Anda lakukan dengan cara alternatif lain selain obat semprot. Atau jika ngotot ingin menggunakan obat semprot, gunakanlah dengan benar serta pastikan semua serangga mati, dan Anda bersihkan mayatnya setelah itu. Ini demi mencegah kucing keracunan insektisida.

Cek Tanda keracunan pada kucing.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Mau Memuntahkan Kecoa ?

Atau apabila kejadianya belum lama, dan Anda melihat kucing Anda sedang berusaha memuntahkan sesuatu misalnya kecoa. Maka coba usahakan untuk membantu kucing memuntahkan kecoanya dari dalam perut dengan sedikit memukul bagian belakang / punggung dengan pelan. Atau Lihat Cara menolong kucing yang tersedak.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Keracunan Kecoa ?

Apabila Anda mendapati kucing Anda mengalami keracunan kecoa. Maka langkah yang paling bagus adalah dengan membawanya ke dokter hewan, agar bisa cepat sembuh. Atau Anda bisa coba berikan sedikit madu dan kuning telur untuk kucing. Seukuran satu sendok teh.

Lihat juga

Manfaat madu untuk kucing

Manfaat luar biasa kuning telur untuk kucing

Bolehkah Membiarkan Kucing Bermain Dan Menyantap Kecoa Setiap Hari ?

Meski dampak kucing makan kecoa secara umum tidak terlalu berbahaya. Namun, tidak kami sarankan untuk membiarkan kucing terus menerus memakan kecoa. Karena kecoa bukanlah makanan kucing yang baik. Selain itu, apabila kucing Anda terus menerus menemukan kecoa dalam rumah. Itu menandakan rumah Anda kurang bersih. Jadi lebih baik bersihkan rumah Anda, dan biarkan kucing bermain dan berburu hewan lain selain kecoa.

Baca Juga : Bolehkah Kucing Makan Ikan Mentah ?

Atau jika kucing Anda tetap bandel memburu kecoa, latihlah dan manfaatkan kedekatan Anda dengan kucing untuk memberitahunya bahwa memburu kecoa boleh tapi tidak dengan memakanya.

Seperti cerita seseorang yang selalu memberikan cemilan saat kucingnya berhasil menangkap seekor kecoa. Hingga akhirnya sang kucing tetap memburunya namun bukan demi memakanya melainkan demi mendapatkan hadiah dari Anda.

Jika Anda melakukan hal demikian tentu akan sangat bagus untuk kucing.

Manfaat Kecoa Bagi Kucing Apakah Ada ?

Tentu ada manfaatnya. Tapi bukan sebagai sumber nutrisi. Melainkan untuk yang lain, Seperti :

1. Sarana bermain bagi kucing

Seperti yang sudah kalian tahu. Kucing merupakan salah satu hewan yang suka bermain. Dan kecoa bisa dijadikan sebagai sarana bermain kucing. Dimana dia akan menangkap dan melepaskanya kembali sampai bolak balik. Hanya untuk kejar-kejaran.

2. Untuk menjaga insting kucing tetap hidup

Dengan sering berburu dan bermain dengan kecoa, maka insting kucing akan tetap terjaga dan terlatih dengan baik.

3. Sarana olahraga

Kucing dikenal sebagai hewan yang agak pemalas. Dengan seringnya kucing berburu kecoa, setidaknya mendorong dia untuk bergerak. Dimana hal itu dapat membantu kucing tidak kelebihan berat badan dan tetap ideal penampilanya.

4. Penghilang Kebosanan

Kucing yang aktif bermain-main bersama kecoa atau hewan lainya akan lebih ceria dan bahagia daripada kucing yang tidak memiliki banyak kegiatan. Mereka akan cenderung bosan dan pasif.

5. Mencari hadiah

Jika Anda melatih kucing Anda dengan cara memberikan hadiah makanan pasca keberhasilanya menangkap serangga maupun tikus. Maka kemungkinan kucing Anda akan terus tertarik untuk memburu. Tentu bukan demi buruanya, melainkan hadiah yang Anda beri.

mencegah kucing tidak makan kecoa
Ilustrasi by catsincare.com

Bagaimana Cara Mencegah Kucing Tidak Memakan Kecoa ?

Yup, Meski akibat dari kucing makan kecoa tidak terlalu berbahaya. Namun bagi sebagian kalangan seperti saya, juga tetap khawatir akan kesehatanya jika terus kecolongan. Lalu bagaimana cara mencegah kucing tidak memakan kecoa ?

  1. Bersihkan rumah anda secara berkala.Hal ini karena, jika rumah Anda terdapat kecoa. Berarti rumah Anda kurang bersih.
  2. Selalu berikan makanan secara teratur. Kucing yang mendapatkan asupan makanan secara teratur tentu mereka akan jarang mencari hewan lain untuk mereka mangsa. Karena perutnya sudah kenyang.
  3. Gunakan obat serangga. Jika rumah Anda memang terdapat banyak kecoa. Bisa Anda keluarkan kucing Anda. Tutup semua makanan dan minuman. Lalu bisa Anda gunakan obat serangga semprot untuk membunuh kecoa yang sering berkeliaran. Lalu bersihkan mayatnya.
  4. Gunakan Perangkap serangga. Biasanya banyak dijual bebas di toko-toko. Anda juga dapat membelinya secara online.
  5. Berilah kucing anda teman, atau sesuatu benda yang bisa mereka pakai buat bermain. Karena terkadang kurangnya perhatian dari Anda dan tidak adanya teman bermain. Akan mendorong kucing untuk mencari aktivitasnya sendiri. Salah satunya berburu serangga kaya kecoa.
  6. Sering ajak kucing keluar rumah, misal teras rumah. Karena biasanya banyak hewan lain seperti burung liar yang dapat mereka jadikan hewan buruan untuk kucing kesayangan. Video kucing makan burung.
  7. Latihlah kucing untuk boleh memburu namun tidak boleh memakanya. Anda bisa gunakan cara yang kami jelaskan, yaitu menggunakan hadiah makanan untuk melatih kucing agar tidak memakan hasil buruanya.

Kesimpulan

Meski kecoa secara umum tidak berbahaya bagi kucing. Namun tetap tidak myhewan sarankan untuk membiarkan kucing Anda asyik menyantap kecoa hasil tangkapanya. Latihlah agar kucing tetap berburu kecoa tanpa harus memakanya.

Demikianlah artikelnya. Semoga Bermanfaat.

Referensi :

Petseverload.com

Previous Post

No more post

You May Also Like

error: Content is protected !!