Kucing Makan Cicak, Bahaya Atau Enggak ?

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Meski kucing tergolong hewan pemburu. Namun kucing tidak ganas dan cenderung jinak.

kucing makan cicak
kucing makan cicak by healthypawspetinsurance.com

Kucing termasuk hewan yang suka memburu hewan kecil di sekitarnya. Misalnya cicak, kecoa, tikus, belalang, katak, jangkrik, burung, kadal, dan tupai.

Ngomongin soal buruan kucing, cicak menjadi salah satu hewan yang kerap bernasib buruk ketika terlihat oleh kucing. Pasalnya kucing sangat suka sama cicak. Jadi suka memakanya.

Baca Juga : 11 Makanan Untuk Kucing Kampung Yang Top Cer

Bolehkah Kucing Makan Cicak ?

Kucing boleh makan cicak, karena pada dasarnya cicak merupakan mangsa alami bagi kucing. Meski kucing telah diberi makan, namun sebaiknya biarkan kucing tetap berburu.

Kenapa kucing sebaiknya Anda biarkan tetap berburu ? Karena untuk menjaga insting berburunya. Selain itu, kegiatan berburu juga kerap menjadikan kucing lebih bahagia. Karena terkadang kucing suka bermain-main dengan buruannya. Kayak kucing bermain dengan kecoa, katak, dan kadal.

Udah tau belum ? Bahaya kucing makan kecoa .

Bahaya Kucing Makan Cicak Apakah Ada ?

Meski kucing boleh makan cicak. Tetapi faktanya memang cicak sedikit bahaya bagi kucing. Hal ini bisa terjadi ketika cicak yang ia santap, ternyata telah terjangkit suatu parasit atau penyakit. Sehingga bisa menular ke kucing.

Namun kondisi semacam ini jarang, karena cicak yang tinggal di dinding rumah Anda hanya mencari makanan disitu saja. Tidak keluar kemana mana, sehingga kemungkinan cicak berparasit menjadi kecil.

Cicak biasanya cuma makan nyamuk atau hewan kecil lainya, terkadang juga makan sisa santapan manusia. Sehingga kemungkinan cicak tidak berparasit.

Pengin Ningkatin Nafsu Makan Kucing ? Pakai vitamin penggemuk aja, banyak yang cocok.

Gejala Kucing Yang Terinfeksi Oleh Cicak Apakah Ada ?

kucing makan cicak malah muntah
facebook.com/poopeepay

Cicak yang berpenyakit atau yang memiliki parasit, setelah termakan kucing, tentu penyakit tersebut dapat menular ke kucing. Nah jika demikian, kira – kira apa saja gejala yang bisa timbul ? Berikut daftarnya :

  1. Kucing Muntah.
  2. Kucing Sakit Perut.
  3. Kucing Perlahan Jadi Lemas.
  4. Kucing Kehilangan Nafsu Makan.
  5. Kucing Merasakan Gatal.
  6. Kucing Jadi Tidak Semangat.

Nah itu beberapa gejala yang biasa kucing alami setelah salah memakan cicak berpenyakit.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kucing Sakit Akibat Menyantap Cicak ?

Jika memungkinkan, bawalah ke dokter hewan. Hal ini untuk mengetahui kondisi kucing secara keseluruhan. Selain itu juga untuk mendeteksi apakah benar akibat cicak atau bukan.

Karena gejala seperti itu juga terjadi akibat persoalan lain, misal jika pada kucing yang sudah tua, gejala seperti itu bisa diakibatkan oleh kucing yang mau mati. Atau jika pada kucing hamil, bisa terjadi akibat persoalan lain, kayak keguguran.

Manfaat Kucing Makan Cicak Apakah Ada ?

Meski kucing memiliki bahaya untuk kucing. Namun itu terjadi hanya dalam kondisi tertentu, yaitu saat cicak terinfeksi.

Anda muslim ? Cek Merek Makanan Kucing Halal Bebas Babi

Nah saat cicak tersebut ternyata normal dan sehat. Justru cicak sangat bermanfaat untuk kucing. Kira kira apa saja yah .

Berikut manfaat cicak bagi kucing :

  1. Sumber protein alami. Cicak yang merupakan makhluk hidup, ketika dimakan akan menjadi sumber protein alami bagi kucing. Baca Juga Khasiat Madu Untuk Kucing yang sakit.
  2. Melatih insting kucing. Ketika kucing berburu cicak maka ini menjadi cara alami bagi kucing untuk tetap melatih insting alaminya.
  3. Mainan yang menghibur. Jika Anda amati, biasanya ketika kucing berhasil menangkap seekor hewan. Sebelum ia santap, maka kucing akan berusaha untuk menjadikan mainanya terlebih dahulu. Jelas ini terjadi karena kucing terhibur dengan kegiatan semacam itu.
  4. Hadiah untuk tuanya. Pernahkah Anda merasakan hadiah dari kucing ? Hadiah yang saya maksud adalah hadiah hewan mati tentunya. wk. Beberapa kucing kadang bertingkah laku dengan membawa hasil buruanya kepada tuanya. Dan ini normal. wk. Mungkin maksud kucing, buruanya ia jadikan sebagai ungkapan hadiah bagi tuanya.

Demikian artikel mengenai bahayakah kucing makan cicak , semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

3 Comments

  1. Halo min,saya ingin bertanya kucing saya dia makan kaki cicak saja apakah berbahaya bagi kucing saya?,sebelum nya ia sudah di vaksin dan dikasih nutriplus gel,mohon dijawab min

    1. Kalau Cicaknya sehat biasanya gak papa mas Naufal. Jarang sekali sih, ada cicak yang kena penyakit atau parasit, apalagi cicak rumah. Secara mereka makanya nyamuk dan sisa makanan manusia. Jadi aman amana aja sih mas. Kalau dalam beberapa hari kucing baik baik saja.otomatis aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!