Aduh ! Kucing Saya Makan Ikan Asin, Bagaimana?

kucing makan ikan asin
Ilustrasi by cookpad.com

Kucing merupakan salah satu hewan yang suka makan apa saja, bahkan makanan manusiapun doyan. Seperti makan nasi, kerupuk, gorengan, dan ikan asin. Berbicara mengenai ikan asin. Kenapa kucing suka makan ikan asin yah ?

Kucing makan ikan asin karena kucing memang aslinya hewan pemakan daging. Jadi merupakan hal yang wajar jika kucing doyan ikan asin.

Bahayakah Kucing Makan Ikan Asin ?

Sebenarnya jika kucing makan daging adalah sesuatu yang wajar. Karena memang kodratnya kucing adalah seperti itu. Lantas bagaimana dengan ikan asin ? Yang memiliki kandungan garam tinggi ? Apakah berbahaya bagi kucing ?

Sebaiknya memang jangan terlalu sering memberikan ikan asin kepada kucing. Karena berbahaya bagi kesehatan bulu kucing. Selain itu duri ikan juga bisa bikin bahaya bagi kucing, kalau kesangkut di tenggorokan.

Baca juga cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan kucing

Konsumsi garam berlebih pada kucing, bisa berakibat bulu kucing menjadi rontok. Anda tidak mau bukan, jika kucing kesayangan Anda bulunya pada rontok. Selain kasian, juga sebenarnya mengurangi rasa nyaman pada pemilik.

Bulu kucing yang sudah rontok, kerap kali nempel pada celana dan baju. Dan hal itu tentu saja merupakan hal yang tidak menyenangkan.

Baca Juga Cara melebatkan bulu kucing yang benar

Bila Anda sering menjumpai kucing rumahan bulunya pada rontok, mungkin saja disebabkan karena sering dikasih makan ikan asin oleh pemiliknya.

kucing sakit perut
Ilustrasi by okdogi.com

Apakah Kucing Tidak Sakit Perut Setelah Memakan Ikan Asin ?

Tidak, selama sudah terbiasa. Namun jika kucing Anda termasuk kucing yang belum pernah memakannya. Lalu tiba-tiba Anda kasih ikan asin, bisa saja akan membuatnya menjadi sakit perut.

Bolehkah Kucing Makan Udang ?

Selain itu, jika Anda terlalu sering memberikan ikan asin pada kucing. Misal setiap hari, bisa saja kucing lama-kelaman akan mencret dan sakit perut. Karena pada dasarnya kucing tidak sama dengan manusia, yang memang dapat mengkonsumsi banyak garam.

Jika Memang Berbahaya ? Apakah Bisa Menyebabkan Kucing Mati ?

Selama saya hidup, memang belum pernah mendengar ada berita kucing mati gara-gara overdosis ikan asin.

Namun hal ini bisa saja terjadi, jika ternyata kucing alergi ikan asin lalu sudah terlanjur makan ikan asin. Kemudian kucing jatuh sakit, seperti lemas, muntah, dan mencret. Bila dibiarkan tanpa ditangani. Bisa saja bisa mati.

Tapi semoga saja tidak ada kejadian semacam itu.

Bolehkah Kucing Makan Ikan Mentah ?

Lalu Apakah Ada Manfaat Ikan Asin Bagi Kucing ?

Setelah mengetahui jika, ikan asin sangat tidak disarankan bagi kucing. Maka pasti akan menimbulkan sebuah pertanyaan. Apakah ikan asin tidak bermanfaat sama sekali bagi kucing ?

Sebenarnya ikan asin memiliki sejumlah manfaat bagi kucing. Salah satunya sebagi sumber protein. Selain itu ikan asin juga bisa dijadikan sebagi variasi makanan agar kucing tidak bosan.

Yang perlu Anda ingat adalah jika kucing kesayangan tidak terbiasa makan ikan asin. Maka jangan dilatih, sebaiknya di beri ikan lain saja, seperti ikan bawal atau lainya.

Namun apabila memang sudah terbiasa, sebaiknya jangan terlalu sering diberikan. Apalagi jika kucing anda termasuk kucing hias seperti kucing Anggora. Sayang bukan ? Jika kucing anggora Anda bulunya pada rontok.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Jatuh Sakit Akibat Ikan Asin ?

Apabila kucing Anda sakit setelah ketahuan makan ikan asin, maka langkah paling aman adalah membawanya ke dokter. Sedangkan apabila Anda tidak memiliki kontak dan tidak tahu letak klinik dokter hewan. Maka Anda bisa mencoba memberikan sedikit madu maupun kuning telur untuk membantu agar kucing cepat pulih.

Atau Coba Lihat

Manfaat Kuning Telur Untuk Kucing

Manfaat Madu Bagi Kucing Yang Sakit

Tips Agar Kucing Tidak Mencuri Atau Tidak Memakan Ikan Asin

  1. Ganti persediaan Ikan Anda dengan jenis ikan lain, seperti ikan bawal, ikan munjaer atau ikan lainya. Yang penting bukan ikan asin yang dari laut.
  2. Jika memang sedang ingin makan ikan asin, sebaiknya beli juga ikan lain. Untuk dikasihkan ke kucing.
  3. Jika memang memiliki ikan asin tapi lupa tidak membeli ikan lain. Sebaiknya habiskan ikan asin dengan segera. Atau simpan ikan asin ditempat yang tidak terjangkau kucing.

You May Also Like

error: Content is protected !!