Jenis Warna Kucing Apa Saja ? [Terlengkap]

Kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki jenis warna yang cukup beragam, bahkan corak dan spot warna antar spesies bisa berbeda-beda. Apalagi jika kucing merupakan hasil persilangan, maka sudah pasti warna bulu dan matanya bakal unik-unik.

jenis warna kucing
Kucing

Berbicara mengenai jenis warna kucing, ada 2 hal dasar yang bisa dilihat. Yaitu warna bulu kucing dan warna mata kucing. Kedua bagaian warna itu memiliki daya tarik yang cukup besar bagi manusia.

Baca juga cara melebatkan bulu kucing paling ampuh

A. Jenis Warna Bulu Kucing

Sebagai seekor hewan peliharaan favorit manusia, kucing tentu memiliki keaneragaman warna bulu yang cukup banyak dan indah. Apalagi dengan maraknya praktik kawin silang, maka membuat motif bulu kucing jadi tambah banyak. Untuk itu myhewan merangkumnya menjadi sebagai berikut :

1. Polos / solid

jenis warna kucing bulu putih
Kucing Putih Polos

Kata polos disini berarti kucing hanya memiliki satu macam warna saja, tanpa pola, maupun bintik-bintik warna lain. Beberapa warna yang kerap menjadi andalan adalah hitam, putih, abu-abu, orange, coklat, dan krem.

Mungkin jika Anda tahu istilah “kucing orange”, maka ada beberapa yang masuk dalam kategori kucing polos.

2. Dua Warna / Bicolors

kucing bicolors
Kucing bicolors

Umumnya untuk jenis bicolors adalah gabungan antara warna hitam dan putih. Bisa hitamnya yang dominan, atau bisa juga putihnya yang dominan. Kadang berbentuk seperti badut, dimana warna dasarnya putih dengan gabungan beberapa spot hitam yang cukup lebar.

Selain itu juga, kadang bisa berbentuk tutul-tutul atau bintik. Dimana ada warna dasar yang di selingi oleh bintik-bintik warna lain.

3. Tiga Warna / Tricolors

kucing tiga warna
Kucing tiga warna

Motif kucing tricolors juga sebenarnya hampir sama, ada yang memiliki warna dasar yang cukup lebar kemudian divariasikan dengan 2 warna lain. Atau bisa juga antar masing-masing warna memiliki komposisi warna bulu yang hampir seimbang. Contoh perpaduan warnanya adalah warna orange, hitam dan putih.

4. Pucat / Dilute

warna bulu pucat
Kucing pucat

Untuk jenis warna kucing ini, memiliki karakteristik warna yang hampir serupa sehingga terlihat pucat, tidak ada yang dominan. Myhewan sendiri cukup senang melihat bulu tipe seperti ini, umumnya kucing dengan warna seperti ini adalah ada warna abu-abunya.

5. Bayangan / Asap / Shading

kucing warna bayangan
Kucing warna bayangan

Karakteristik warna ini adadalah memiliki warna diujung lapisa bulu, namun pada dasarnya bagian bawahnya putih. Sehingga terlihat seperti bayangan. Jadi kalau dilihat ini seperti ada 2 jenis warna pada setiap bulunya.

6. Banyak Warna / Tabbies

kucing tabbies
Kucing tabbies

Karakteristik warna pada kucing ini adalah memiliki lebih dari 3 warna dengan motif yang cukup beragam. Biasanya dimiliki oleh jenis kucing kampung. Contoh perpaduan warnanya adalah coklat, perak, orange dan abu-abu.

Untuk jenis ini, cukup banyak kita temui disekitaran rumah. Biasanya kucing dengan bulu tabbies merupakan kucing jinak.

7. Poin / Spot

Kucing spot by petnyaku.com

Untuk jenis ini sebenarnya mirip dengan model bicolors. Namun yang berbeda dimana warna kedua hanya ada di bagaian moncong, ekor, telinga, maupun kaki. Ini jelas berbeda dengan tipe bicolors yang warna ke dua bisa di bagian manapun.

Punya anak kucing ? Cek 100 nama kucing islam yang bagus

B. Warna Mata Kucing

Selain bulu, warna pada mata kucing ternyata tidak hanya satu melainkan juga beragam. Di lansir dari laman catster ada 3 macam warna dasar mata kucing, yaitu :

1. Warna Biru

mata kucing biru
Mata biru

Warna biru merupakan warna yang cukup umum ditemui pada kucing. Karena hampir semua anak kucing dilahirkan dengan jenis warna mata biru. Dan untuk beberapa kucing, setelah mulai menginjak dewasa, maka warna matanya akan berubah ke warna permanennya.

2. Warna Emas / Orange-kuning

mata kucing emas
Mata kucing emas

Selain biru, warna emas juga cukup mudah ditemukan. Terutama pada jenis dan spesies kucing kampung yang bercorak tubbies. Maka sebagian besar matanya berwarna emas.

3. Warna Hijau

mata kucing hijau
Mata kucing hijau

Warna pada mata kucing yang berikutnya adalah warna hijau layaknya pada batu zamrud. Namun, meski begitu, kadang warnanya tidak sama, meski terlihat hijau, tapi ketika dilihat secara seksama. Hijau pada masing-masing kucing terkadang berbeda.

Catatan : Terkadang pada sebagian kecil kucing. Ada yang memiliki 2 warna berbeda pada matanya. Misal yang kiri biru dan yang kanan berwarna emas. Ini terjadi akibat kelainan genetik. Namun Anda tidak perlu khawatir jika menjumpai hal ini.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!