Jenis Tanaman yang Disukai Kucing Beserta Alasanya

Tanaman yang Disukai Kucing – Sebagai seorang manusia yang suka terhadap hewan, biasanya punya kecenderungan juga untuk menyukai tanaman. Selain berguna untuk bumi, tanaman juga bagus untuk udara disekitar kita.

tanaman yang disukai kucing
Tanaman yang disukai kucing : catnip

Oleh sebab itu, selain mencintai kucing sebagai peliharaan, Anda juga bisa belajar untuk menyukai tanaman. Nah untuk menyelaraskan dengan hobi Anda dalam memelihara kucing, maka Anda dapat menanam tanaman yang disukai kucing untuk ditaman di sekeliling rumah Anda.

Dengan adanya hubungan antara menanan tanaman dan rasa suka terhadap kucing , tentu akan menambah semangat Anda untuk tidak bermalas malasan dalam menanam sebuah tanaman.

Daftar Tanaman Yang Disukai Kucing Beserta Alasanya

Nah agar Anda tidak malas dalam menanam pohon, memang sebaiknya selaraskan dengan hobi Anda. Untuk itu myhewan.com kasih beberapa daftar tanaman yang paling disukai kucing untuk Anda coba. Berikut jenisnya :

1. Cat Thyme

Tanaman Cat thyme merupakan salah satu tanaman yang disukai kucing, aromanya yang sedap bagi kucing, membuat ia menjadi nyaman di dekat tanaman tersebut.

cat thyme
Cat thyme

Cobalah tanam beberapa pohon di sekitar rumah Anda, agar tidak penasaran. Lalu lihatlah baik – baik, bagaimana nyamanya kucing Anda saat menciumi tanaman tersebut.

Aroma khas pada tanaman tersebut memang terbukti menarik perhatian para kucing.

2. Catnip

Nah, catnip ini bisa dibilang salah satu yang paling disukai oleh kucing. Mengapa ? karena tanaman ini mengandung zat sejenis terpenoid atau yang biasa disebut nepetalactone. Zat tersebut berinteraksi melalui bantuan epitel penciuman kucing sehingga menyebabkan efek halusinogen.

Ya kurang lebihnya sama kaya orang yang makan obat penghilang depresi wk. Maka dari itu kucing akan sangat bahagia dan hilang stressnya jika mencium tanaman ini. Dan semua kucing bisa terpengaruh, entah kucing kampung hingga kucing ras himalaya.

Selain itu, ada hal yang menarik lagi. Ternyata tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati kucing yang sakit gatal.

Anda bisa mencoba mencari orang yang menjual tanaman ini, lalu belilah untuk ditanam di sekeliling rumah Anda. Setelah beberapa lama, lihatlah bagaimana kucing Anda memperlakukan tanaman tersebut.

3. Licorice Root

Tanaman yang ketiga adalah Licorice root. Entah apa yang dirasakan kucing sehingga suka pada tanaman ini. Mungkin aromanya terasa lezat bagi kucing, entahlah.

licorice root
Licorice root

Namun yang pasti, selain disukai kucing Licorice Root pun baik bagi manusia. Karena sebagai kotison alami, Licorice Root mampu mengurangi rasa gatal akibat alergi dan dapat mengurangi masalah pencernaan.

Ajaibnya, tak hanya masalah pernapasan, ternyata tanaman ini juga bisa untuk mengobati penyakit demam.

Manfaat lain dari tanaman ini adalah Licorice Root mampu membersihkan darah dan merupakan bahan anti-peradangan yang baik.

Baca juga cara mengatasi kucing yang tersedak .

4. Valerian

valerian
Valerian

Valerian ternyata juga salah satu tanaman yang disukai kucing. Aroma khasnya yang tajam membuat makhluk hidup nyaman menciumnya dan bisa rileks serta tidur nyenyak. Dan ini berpengaruh ke kucing maupun manusia.

Beberapa orang bahkan mengatakan sesuai pengalaman mereka bahwa Valerian bisa menstimulasi kucing. Dimana ini berguna  sekali untuk mengubah kucing malas menjadi kucing yang aktif.

Tak hanya itu, ternyata mengonsumsi valerian dengan rutin akan membantu membuat kucing memiliki bulu yang sehat dan tebal.

5. Chamomile

Tanaman ini digadang gadang baik bagi kucing, terutama untuk mengatasi penyakit kulit seperti gatal-gatal dan yang lainya.

tanaman yang disukai kucing seperti chamomile
chamomile

Jika Anda ingi mencoba memberikan Chamomile pada kucing, coba tanyakan pada dokter hewan Anda. Bagaimana cara menyajikan tanaman itu untuk kucing Anda. Nah, biasanya dokter hewan akan memberikan tanaman herbal ini dalam bentuk larutan seperti sirup.

Baca juga manfaat madu untuk kucing .

6. Dandelion Root

Zat yang terkandung dalam dandelion root dikenal mampu menyembuhkan gatal – gatal pada kucing. Terutama yang disebabkan oleh alergi. Aramonya yang khas juga membuat kucing menjadi suka.

tanaman yang disukai kucing
Dandelion Root

Manfaat anti gatal tersebut nampaknya didapat karena Dandelion Root mengandung zat Kartison yang dikenal mampu membantu mengatasi gatal – gatal.

Sepertinya jika Anda memiliki tanaman idi di pekarangan rumah Anda, maka sangat bermanfaat sekali bagi Anda dan peliharaan Anda.

7. Goldenseal

Goldenseal selain aromanya yang menggoda kucing. Ternyata tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai desinfektan untuk luka. Tak hanya itu, goldenseal nyatanya juga bermanfaat untuk manusia.

harga goldenseal
Goldenseal

Beberapa manfaat yang bisa didapat antara lain Goldenseal mampu mengecilkan mata bengkak akibat infeksi dan alergi.

Bila berkenan, Anda dapat memelihara tanaman ini dirumah sebagai hadiah bagi kucing.

Intinya sih, masing masing tanaman yang disukai kucing tentu memiliki manfaat yang besar baik bagi kucing maupun bagi Anda sebagai pemilik kucing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatirkan jika memang ingin menanamnya.

Tanam saja satu jenis tanaman, atau dua jenis. Terserah Anda, yang pasti tidak usah semuanya.

Atau bila perlu pilihlah tanaman yang menurut Anda tampilan serta aromanya juga enak. Sehingga Anda juga bisa memanfaatkanya untuk tanaman hias atau semacamnya.

Harga Tanaman Yang Disukai Kucing

Nampaknya sudah banyak orang yang berjualan aneka tanaman yang memiliki ciri bisa menarik kucing.

Setelah myhewan cari informasinya, kami mendapat info perihal harga berbagai tanaman seperti diatas.

JenisHarga
CatnipRp 45.000
Cat ThymeRp 25.000
ValerianRp 23.500
Lacorice Root
ChamomileRp 7.500
Dandelion RootRp 21.000
Goldenseal
Tabel harga berbagai tanaman yang disukai kucing

Harga mungkin berbeda tergantung yang jual. Namun buat patokan ada di kisaran Rp 45.000 .

Video Kucing Mabuk Catnip

Kucing mabuk catnip by youtube.com/Indie Driver

Demikian artikel mengenai daftar tanaman yang disukai kucing. Semoga bermanfaat.

Ani

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!