5 Jenis Makanan Untuk Kucing Hamil Dan Menyusui

Kucing tergolong kedalam hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Oleh sebab itu, kucing juga bisa hamil dan menyusui layaknya hewan mamalia lainya.

makanan untuk kucing hamil
Kucing hamil by catster.com

Bagi seorang pecinta dan pemelihara kucing, selain harus mengetahui ciri-ciri kucing hamil. Ia juga harus tahu jenis makanan untuk kucing hamil yang bagus seperti apa. Karena pastinya kucing yang hamil dan tidak hamil memiliki komposisi makanan yang berbeda.

Anda bisa melihatnya kepada manusia sebagai contoh, ibu hamil dan suami tentu akan mengalami perbedaan komposisi dan porsi makannya. Nah ini juga terjadi pada seekor kucing.

5 Jenis Makanan Untuk Kucing Hamil Dan Menyusui Yang Benar

Agar janin kucing bisa tumbuh sehat dan bisa lahir dengan selamat, induk kucing harus diberi makanan yang sehat dan bergizi. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa diberikan pada kucing hamil dan menyusui :

1. Makanan Berprotein Tinggi

Kucing yang sedang hamil tentu di perutnya terdapat janin kucing yang sedang mengalami proses pembentukan badan. Oleh sebab itu, makanan berprotein tinggi akan sangat diperlukan untuk menunjang proses pembentukan dan pertumbuhannya.

ikan makanan kucing hamil
ikan by rahasiatrikmancing.blogspot.com

Protein akan sangat berguna terhadap berbagai pertumbuhan anggota badan, entah itu bulu, daging, dan sebagainya.

Untuk kucing yang tengah menyusui, protein juga dapat membantunya dalam kelancaran pemberian asi terhadapat anak kucing.

Contoh beberapa jenis makanan alami yang mengandung protein tinggi adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan pati, telur, dada yam, daging sapi, dan lainya.

Baca Juga Khasiat Kuning Telur Untuk Kucing Kesayangan

Anda bisa memberikan dada ayam atau beberapa jenis ikan untuk indukan. Atau Anda juga bisa membeli beberapa produk makanan kemasan terkenal yang dijual dipasaran

2. Makanan Yang Disukai Kucing

Layaknya manusia, seekor hewan juga kerap memiliki selera yang berbeda dari yang lainya. Dimana seekor hewan terkadang memiliki makanan kesuakaanya sendiri yang bisa membuatnya senang.

Nah, seekor induk kucing yang tengah hamil, tentu akan merasa senang jika sering diberi makanan kesukaan. Efek senang pada induk kucing tentu akan berbanding lurus dengan Kandungannya. Yang mana jika kucing selalu senang dan tidak stress maka resiko kucing keguguran akan semakin kecil.

Pada indukan yang sedang menyusui, stress dapat mengakibatkan indukan menelantarkan anaknya atau malah ia memakan anaknya sendiri. Nah oleh sebab itu, menghindarkan indukan dari rasa stress, akan sangat bermanfaat.

Anda tentu ingin induk kucing bisa melahirkan dengan sukses tanpa memiliki gangguan saat mengalami kehamilan bukan ?

3. Susu

Pemberian susu untuk kucing yang tengah hamil akan membuat kandungannya lebis sehat. Berbagai kandungan gizi pada susu bisa dimanfaatkan oleh badan kucing dalam proses pembentukan anaknya. Selain pada induk yang hamil. Pemberian pada kucing yang menyusi juga akan sangat bermanfaat terhadapan kelancaran asinya.

susu minuman untuk kucing hamil
Susu Untuk Induk Kucing

Baca juga takaran susu yang pas untuk bayi kucing.

Yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh memberikan susu sapi pada kucing. Karena ini cukup berbahaya. Sebaiknya berikan susu yang lain. Anda bisa membelinya di marketplace atau toko kebutuhan hewan terdekat.

4. Makanan Kemasan

Selian menggunakan makanan yang sudah disediakan alam, Anda juga dapat memberikan makanan untuk kucing hamil menggunakan makanan kemasan yang laris dijual di Indonesia. Salah satu contonya adalah merek Royal Canin Mother Baby Cat atau merek Nature Bridge.

Kemudian merek makanan kucing menyusui salah satunya adalah HiQ. Makanan ini cocok untuk Induk Kucing yang menyusui beserta bayinya.

Selain merek diatas sebenarnya masih banyak merek lain. Anda bisa mencarinya di marketplace yang menurut anda bagus dan harganya cocok bagi kantong.

5. Vitamin Atau Suplemen Tambahan

Seperti pada manusia, kucing hamil dan manusia hamil juga sebaiknya diberi suplemen tambahan agar kebutuhan gizinya dapat terlengkapi dengan baik. Selain itu, suplemen juga akan berguna untuk menjaga kesehatan induk kucing.

Madu untuk kucing hamil
Madu

Anda dapat memberikan suplemen tambahan yang alami seperti madu maupun vco, namun jangan terlalu sering. Cukup seminggu satu kali atau dua kali.

Cek yuks, Daftar Merk Vitamin untuk kucing hamil yang bagus

Ini sifatnya opsional saja. Jadi jika Anda tidak berminat. Maka tidak apa apa.

Demikian artikel mengenai 5 jenis makanan untuk kucing hamil yang benar. Semoga Bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!