Ikan Tongkol Untuk Kucing, Beginiloh Cara Bikinya

ikan tongkol untuk kucing
Ikan Tongkol

Malam catslovers, Apakah kucing kalian sudah di beri makan ? Jika belum, segera beri makan yah. Ngomongin soal makanan kucing. Pernahkah Anda Memberikan ikan tongkol ke kucing ? Kalau belum berarti pas sekali,

Karena kali ini admin bakal membahas mengenai boleh atau tidaknya memberikan ikan tongkol. Kemudian kita juga akan membahas mengenai bagaimana cara memberikan ikan tongkol / sejenisnya ke kucing. Lalu apa efeknya ke mereka. Serta ikan apa saja yang baik dan tidak baik untuk mereka

Bolehkah Kucing Makan Ikan Tongkol ?

Kucing boleh makan ikan tongkol, tapi harus di masak terlebih dahulu sampai matang. Selain itu juga ikan tongkol yang dikonsumsi tidak boleh di asinkan.

Bila Anda bertanya mengapa harus matang dan boleh diasinkan. Maka admin bakal kasih alasanya nih.

1. Kenapa Ikan Mentah Tidak Boleh Di Makan Kucing

Menurut Dokter Perea yang merupakan dokter hewan terkemuka, menyebutkan bahwa kucing tidak boleh makan ikan mentah. Karena bisa memecah vitamin B esensial ( tiamin ) pada kucing.

Kekurangan tiamin dapat menyebabkan masalah neurologis. Lebih parahnya bahkan dalam kondisi mentah, bakalan mengakibatkan kejang pada kucing.

Selain itu pula ikan mentah sangat mungkin menjadi media pembawa penyakit. Terutama bagi kucing. Karena ikan mentah masih memeliki kuman dan parasit yang mungkin menempel padanya.

Oleh karena itu, masak saja terlebih dahulu. Tidak lama kok, hanya beberapa menit saja. Ok ?

2. Kenapa Ikan Asin Tidak Boleh Untuk Kucing

Karena ikan asin berbahaya untuk kucing. Kandungan garam yang tinggi pada saat proses pengasinan, bila di makan kucing, bisa mengakibatkan kerontokan.

Oleh sebab itu sebisa mungkin cegah kucing makan ikan asin. Pokonya jika ikan tongkol tersebut telah diasinkan, sebaiknya jangan kasihkan. Namun bila tidak, maka berikanlah ke kucing, tidak apa apa kok.

Dan apabila terlanjur, sehingga bulu kucing menjadi rontok. Segera hentikan kebiasan memberi ikan asin jenis apa saja. Lalu carilah produk makanan kucing pelebat bulu.

kucing makan ikan tongkol
Kucing makan tongkol

Cara Memberikan Tongkol Ke Kucing

Untuk memberikan ikan tongkol ke kucing ada 2 cara yaitu dengan cara di kukus dan di goreng. Setelah matang, lalu pisahkan antara duri dengan dagingnya. Baru Anda sajikan ke mereka.

Namun selain cara di atas Anda juga dapat menyajikan tongkol ke mereka dengan mencampurkan bahan lain.

Berikut Contohnya :

  • Dengan Mencampurkan Sedikit Nasi. Beberapa orang terutama yang memelihara kucing kampung. Suka sekali memberikan ikan tongkol yang sudah di siwir siwir dengan dicampurkan sedikit nasi.
  • Dengan mencampurkan makanan kemasan. Ini juga bisa Anda lakukan, terutama saat kucing melihat Anda makan. Kasihkan saja ikanya dengan cara campurkan makanan kemasan, seperti whiskas atau lainya.

Atau dapat juga Anda custom dengan berbagai bahan. seperti tempe maupun daging ayam. Cek panduan membuat makanan kucing dari tempe dan ikan.

Yang perlu di ingat dalam setiap memberikan ikan. Pisahkan antara duri ikan dengan dagingnya.

Mengapa ?

Jelas karena kalau gak dipisahkan takut kucing jadi tersedak. Dan kalau sampai tersedak, bisa Anda baca Panduan mengatasi kucing tersedak duri ikan. Pokonya segera tolong kalau sampai kejadian tersebut terjadi yah. Kasihan soalnya.

Kandungan Nutrisi Ikan Tongkol Dan Manfaatnya Bagi Kucing

Nilai nutrisi tongkol bagi kucing cukup bagus, karena mengandung protein, zat besi, magnesium. kalsium, vitamin, tiamin, zink, sodium, dll. Ini cukup untuk untuk membantu proses pertumbuhan kucing.

Sebenarnya kandungan tersebut sudah cukup bagus untuk kategori sebuah makan kucing yang layak. Namun tentu masih kurang. Karena kucing perlu memiliki kebutuhan nutrisi yang cukup banyak. Misalnya Omega 3 dan 6 .

Kedua zat tersebut penting bagi perkembangan dan kesehatan berbagai anggota tubuh. Untuk mengatasi kekurangan tersebut. Anda bisa membeli minyak ikan untuk diberikan ke kucing.

Anda bisa cek harga minyak ikan, manfaat, dan cara memberikanya di artikel saya yang lain. Harga Minyak Ikan

Tips Memilih Ikan Tongkol Yang Bagus Dan Aman

ikan tongkol fresh
Contoh ikan tongkol fresh

Untuk dapat memilihnya dengan benar, ikuti saran admin di bawah ini :

  1. Pilihlah yang tidak diasinkan. Ini untuk mengantisipasi kebanyakan garam
  2. Pilih tongkol yang matanya masih kelihatan jernih. Ini menjukan ketika hidup, si ikan sehat.
  3. Tekan Ikannya, kalau masih kenyal berarti fresh.
  4. Pilih yang insanya masih bewarna merah. Karena berarti masih segar
  5. Cium Aroma. Bila tidak busuk, berarti aman.

Daftar Ikan Yang Bagus Untuk Kucing

Tentunya selain tongkol, ada ikan lain yang baik dan aman untuk empus. Sebenarnya inti pokonya sih segala jenis ikan bagus, asal bukan ikan asin dan beracun.

Namun tetap saja, admin bakal kasih daftarnya :

1. Tuna

Ikan tuna boleh di makan kucing. Bahkan beberapa perusahan besar, telah menjadikan tuna sebagai salah satu varian rasa. Ini tentu bukan tanpa sebab.

Ikan tuna memang terkenal akan kelezatan dan nilai gizinya yang tinggi, tak heran harganyapun cukup mahal.

Jika seandainya Anda tidak berkenan memberikan ikan tuna. Kasihkan saja makanan kucing kemasan yang memiliki komposisi tuna. Seperti pada artikel saya yang lain.

8 Merek Makanan Penyedia Rasa Ikan Tuna Yang Bagus

2. Ikan Bawal

Bawal termasuk kedalam ikan yang aman untuk dikonsumsi oleh kucing. Namun dengan catatan, pisahkan dulu dengan durinya.

Hal ini untuk mencegah berbagai hal yang bisa membahayakan kucing, terutama mengenai menyangkutnya si duri pada tenggorokan mereka.

Karena memang ikan bawal terkenal sekali dengan durinya yang banyak. Jadi jangan lupa pisahkan dulu sebelum Anda kasihkan ke kucing.

3. Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan super bergizi yang cocok dan aman untuk diberikan ke kucing. Pokoknya ya berikan saja, kalau memang Anda menghendaki.

Yang penting masak terlebih dahulu, direbus, dikukus, atau digoreng. Jangan lupa kalau mau tambahkan garam, jangan banyak banyak, bahaya.

Cuma memang harganya lumayan mahal, mungkin bakal sayang kalau Anda berikan ke kucing. Mending buat kamu dan sekeluarga. hehehe.

4. Ikan Pindang

Bila Anda ingin memberikan ikan pindang ke kucing, maka tidak apa apa. Karena pindang tidak bahaya dan bukan ikan beracun, asalkan sudah dimasak hingga matang, maka kasihkanlah.

Anda dapat mengkukus ikan tersebut lalu anda siwir siwir. Kemudian baru nanti berikan ke kucing Anda.

Atau bisa Anda campurkan dengan bahan lain, misal nasi, whiskas, royal canin, dsb.

Tergantung kreativitas Anda. Yang penting jangan kasihkan makanan berbahaya ke mereka yah.

5. Ikan Mas

Mas juga masuk ke dalam jajaran ikan tawar yang boleh di makan kucing. Malah bagus, jadi misal Anda lagi makan ikan mas. Maka kasihkan saja sedikit ke kucing, itung itung berbagi. Nggak ya ? hehehe.

Tapi memang semua ikan tawar itu aman kecuali yang beracun.

List Ikan Yang Tidak Aman Untuk Kucing Beserta Alasanya

Nah satu hal yang menyebabkan nama nama ikan di bawah ini masuk ke dalam list yang tidak disarankan karena kehidupanya yang berada di area kotor, sehingga ditakutkan mengandung logam berat atau parasit.

1. Ikan Sapu Sapu

Alasan logis mengapa ikan sapu sapu bisa berbahaya bagi kucing adalah karena lingkungan hidupnya yang berada pada air yang kotor.

Mereka hidup pada sungai sungai yang airnya sangat tidak jernih, bahkan kadang malah warnanya hitam. Jadi hindarkanlah apapun alasanya.

Karena sangat rawan adanya kandungan logam berat pada ikan sapu sapu, sehingga meski dimasak tentu tidak hilang.

Dan apabila termakan kucing hingga berkali kali, lambat laun kesehatan kucing bisa terganggu. Jadi memang Anda harus berhati hati yah.

2. Ikan Munjaer

Ikan munjaer sebenarnya tidak beracun, namun dengan banyaknya duri pada dagingnya. Sungguh berbahaya. Bisa bikin keselek.

Jalan satu satunya bila ingin munjaer aman untuk kucing. Tentu dengan memisahkan antara daging dengan durinya. Namun ini tentu pekerjaan yang tidak enak pasalanya jumlahnya banyak dan kecil kecil.

Masih mendingan tidak usah dan ganti dengan makanan lain. Kayak makanan kemasan. Selain lebih aman juga bergizi serta murah harganya. Hehehe

Anda bisa cek daftar merek makanan kucing murah di artikel saya.

3. Ikan Buntal

Ikan Buntal adalah jenis ikan laut yang tidak boleh di berikan ke segala macam hewan. Tak terkecuali kucing. Pasalnya ikan tersebut mengandung racun pada tubuhnya.

Kan gak lucu, niatnya mau ngasih makan ke kucing, malah jadi keracunan. Pokonya kalau ini sih sangat dilarang.

Baca Juga : Cara mengobati kucing keracunan

Demikian artikelnya Yah semoga Bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!