10 Ciri Ciri Kucing Keguguran Di Dalam Perut Apa Saja ?

ciri ciri kucing keguguran
Ilustrasi Kucing Murung Keguguran

Ciri Ciri Kucing Keguguran- Jika Anda seorang pemilik kucing betina dewasa, cepat atau lambat pasti akan mengalami dimana kucing Anda hamil. Layaknya manusia, kucing hamil juga bisa mengalami keguguran.

Entah itu disebabkan oleh kecelakaan, makanan, maupun penyakit. Namun yang pasti, kucing juga bisa mengalami kejadian semacam itu.

Nah sebagai seorang pemilik kucing, Anda juga diharuskan mengetahui ciri ciri kucing yang hamil dan keguguran. Agar Anda bisa siaga dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Ciri Ciri Kucing Keguguran Di Dalam Perut

Ciri ciri yang dimiliki kucing kira-kira sama kaya manusia atau enggak yah ? Untuk lebih jelasnya. Berikut ciri ciri kucing yang keguguran :

1. Perubahan Prilaku

Nah, biasanya kucing yang telah mengalami keguguran akan berperilaku aneh. Hal ini disebakan oleh efek yang dirasakan pasca mengalami kejadian itu.

Selain itu, perasaan sedih dan kehilangan turut menyebabkan kucing berperilaku aneh. Seperti tidak biasanya, karena stress.

2. Pendarahan Pada Vagina

Seperti pada manusia, kucing yang keguguran juga akan mengalami pendarahan pada vaginanya. Apalagi jika si janin baru berusia beberapa hari saja.

Untuk itu, Anda sebagai pemilik kucing harus, tetap memerhatikan kesehatan dan perilaku kucing.

Terutama pemilik kucing betina. Anda sebaiknya juga harus tahu bagaimana ciri ciri jika kucing sedang hamil maupun sedang keguguran.

Pokonya kalau sampai kamu melihat ada darah yang keluar dari rahim kucing hamil dan itu belum waktunya melahirkan. Maka kamu harus memeriksakanya ke dokter. Untuk memastikan keadaan janin dan induknya.

3. Vagina Jadi Berbau Busuk

Bila Anda seorang pemilik kucing yang tahu kondisi kucing Anda sedang hamil. Maka apabila Anda sedang bermain dengan kucing lalu mendapati ada bau bau busuk dari kucing.

Coba periksa lah bagian belakang kucing. Apakah sumber bau dari area situ atau bukan. Jika iya, bisa saja itu disebabkan oleh kucing yang mengalami keguguran.

Sebaiknya Anda coba perhatikan tanda tanda keguguran pada kucing. Jika tanda yang dihasilkan banyak. Bisa saja memang benar.

Anda juga bisa memeriksakannya ke Dokter jika ingin lebih jelas.

4. Kucing Menjadi Kurang Semangat

tanda tanda kucing keguguran
Ilustrasi Kucing Kurang Semangat

Tanda yang selanjutnya bisa anda lihat adalah kondisi sang kucing. Apakah kucing terlihat kurang sehat dan semangat atau tidak. Jika iya, maka kemungkinan kucing mengalami keguguran.

Karena setelah proses kehamilan tersebut gagal, kucing biasanya akan mengalami berbagai gangguan psikis, seperti tidak semangat, murung, dan sebagainya.

5. Kucing Mengalami Demam

Selain mengalami berbagai gangguan psikis, kucing biasanya juga akan mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti demam.

Maka jika kucing Anda hamil dan tiba-tiba demam, maka Anda harus waspada. Karena bisa saja, itu merupakan salah satu tanda gejala keguguran pada kucing.

6. Kucing Mengalami Sakit Perut

Selain demam, kucing biasanya juga akan mengalami sakit perut setelah mengalami keguguran. Hal ini wajar sih, karna pada manusiapun sama.

Nah untuk mengetahui bagaimana tanda kucing sakit perut adalah dengan melihat tingkah lakunya. Apabila dia tiba-tiba aneh, tidak mau makan, dan murung. Bisa saja dia sedang sakit perut.

7. Kucing Mendadak Tidak Nafsu Makan

Nah, jika Anda memiliki kucing yang sedang hamil, namun tiba-tiba tidak mau makan dan diiringi dengan perilaku aneh beserta pendarahan pada vagina. Kemungkinan kucing telah keguguran.

Anda bisa melihat gejala lainya, untuk lebih memastikan. Atau bila Anda terlalu khawatir dan tidak mau terjadi apa-apa dengan kucing. Anda bisa memeriksakan kondisi kesehatannya pada dokter hewan.

8. Mendadak Badan Jadi Kurus

Kucing yang kehilangan nafsu makan saat divonis hamil, kemudian lama-kelamaan jadi kurus kurang berat badan. Maka kemungkinan ada masalah pada kehamilannya.

Entah karena penyakit atau karena telah keguguran. Bila Anda menjumpai kondisi semacam ini, segera lakukan pemeriksaan lebih dalam lagi dengan menghubungkan gejala lain yang menimpa induk kucing.

Namun bila Anda merasa tidak yakin, Anda dapat membawanya ke dokter hewan saja.

9. Ketika di USG, Janin Dan Plasenta Gelap

Bila Anda membawa kucing Anda yang tengah hamil ke sebuah klinik hewan. Lalu disana, kucing Anda di USG dan hasil gambarya janin maupun plasenta berwarna gelap. Maka biasanya dokter akan menyimpulkan janin yang ada dalam kucing telah mati.

Atau bisa disebut jika kucing telah keguguran di dalam kandungan.

10. Kucing Lahir Prematur

Jika Anda mendapati kucing Anda melahirkan secara prematur. Maka biasanya si janin telah mati, kalaupun hidup. Kasusnya jarang sekali, apalagi harus dibantu dengan berbagai upaya khusus, karena kondisi anak kucing sangat lemah, akibat belum waktunya lahir.

Kucing yang melahirkan secara prematur biasanya bertanda bahwa kucing awalnya telah mengalami keguguran di dalam perut.

ciri ciri kucing keguguran dalam perut
Ilustrasi by catster.com

Oh ya, masa kehamilan kucing adalah 9 minggu atau paling cepat adalah 57 hari pasca proses pembuahan.

Artikel Terkait :

Panduan Cara Mengubur Kucing Mati Yang Benar

Alasan Kucing Makan Anaknya Sendiri

Penyebab Kucing Keguguran

Selain harus mengetahui gelaja keguguran. Sebagai pemilik kucing, Anda juga diharuskan mengetahui penyebab kucing mengalami itu. Berikut penyebab kucing mengalami keguguran :

1. Kucing Jatuh

Jika induk kucing berlarian karena dikejar sesuatu, lalu terjatuh atau semacamnya, ini bisa menyebabkan pendarahan dan keguguran pada kucing.

Terutama yang tetangganya memiliki peliharaan seperti anjing. Waspadai, jangan sampe kucing terlalu sering keluar rumah. Takutnya nanti induk yang lagi hamil malah dapat gangguan dari peliharaan tetangga.

2. Kekurangan Nutrisi

Kucing hamil yang kekurangan nutrsi bahkan kelaparan juga dapat mengakibatkan keguguran atau malah janin yang ada dalam kandungannya menjadi mati. Jadi jika Anda punya kucing, tolong lebih teliti lagi soal makanannya, terutama saat induk kucing hamil.

Baca Juga Bolehkah Kucing Makan Belalang ?

Kamu bisa mencoba berbagai makanan kucing kemasan yang khusus untuk mother and kitten. Biar asupanya sesuai dengan kebutuhan harian induk yang hamil.

3. Faktor Hormonal

Selain karena faktor ekternal, faktor internalpun ada, misalnya seperti karena kelainan hormonal yang menyebabkan keguguran atau janin mati dalam kandungan.

Karena sama seperti manusia, kucing juga dapat mengalami berbagai gangguan, termasuk hormonya.

4. Kelainan Sitem Reproduksi

Selain faktor hormonal, kelainan sistem reproduksi juga dapat memicu kegagalan proses kehamilan pada induk kucing. Terutama yang menyangkut rahimnya.

5. Penyakit

Nah, beberapa penyakit yang menyerang induk kucing juga dapat menyebabkan keguguran. Seperti penyakit leukimia, gagal ginjal, penyakit reproduksi dan penyakit berbahaya lainnya.

Atau kadang juga disebabkan oleh virus yang menyerang organ reproduksi kucing. Sehingga membuat proses kehamilan kucing menjadi terganggu dan akhirnya berhenti di tengah jalan karena pendarahan.

Demikian artikel mengenai ciri ciri kucing yang keguguran di dalam perut beserta penyebabnya, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!