6 Ciri Ciri Kucing Hamil Terlengkap, Pemilik Wajib Tahu

Sebagai seorang pemilik kucing dewasa, mengetahui ciri ciri kucing hamil menjadi hal yang penting. Apalagi jika Anda mempunyai indukan kucing. Yang mana akan sangat sering menjumpai kucing Anda hamil.

ciri ciri kucing hamil
Ilustrasi by catster.com

Tanda kehamilan pada kucing sebenarnya hampir mirip dengan tanda tanda pada hewan lain. Kalaupun ada perbedaan hanya sedikit saja.

Masa kehamilan kucing biasanya berkisar 9 mingguan setelah terjadi pembuahan. Tapi terkadang juga lebih cepat atau lambat, ya seperti manusia. Yang tidak melulu 9 bulan 10 hari.

Baca juga cara kucing berkembang biak ?

Ciri Ciri Kucing Hamil Menurut Dokter Hewan

Sebagai seorang yang awam soal kucing hamil, atau sudah tahu namun belum terlalu paham mengenai tanda kehamilan pada kucing. Maka myhewan akan berikan informasi tentang ciri ciri kucing hamil secara lengkap :

1. Bulu Rontok

Jika Anda merupakan pemilik indukan kucing yang sehat dan bulunya jarang rontok. Lalu tiba-tiba menjadi rontok, maka selain disebabkan karena salah makan, tapi juga biasanya disebabkan karena menjadi salah satu tanda kehamilan.

Kucing yang hamil akan mengalami perubahan hormon yang menyebakan kulitnya menjadi berminyak dan bulunya rontok.

Baca Juga Kenapa Ikan Asin Bisa Bikin Bulu Kucing Rontok

Jadi bila anda menjumpai tanda semacam ini segera hubungkan dengan tanda yang lain untuk mengetahui apakah kucing sedang hamil atau tidak.

2. Kucing Sering Muntah

Layaknya manusia, kucing yang hamil juga pada usia kehamilan muda, akan mengalami muntah muntah.

Namun anda jangan sampai memutuskan bahwa kucing tersebut hamil. Karena penyebab kucing muntah bukan sekedar hamil saja, melainkan bisa juga akibat salah makan dan yang lainya.

Jadi periksa tanda lain untuk lebih jelas dalam menerka kondisi yang sedang dialami kucing.

3. Menjadi Lebih Manja

tanda kehamilan pada kucing
Ilustrasi Kucing Manja

Kucing hamil dan Manusia hamil sebenarnya memiliki lumayan banyak persamaan, salah satunya dalah menjadi lebih manja dari biasanya.

Apalagi jika usia kehamilan telah menuju ke masa melahirkan, maka induk kucing akan lebih manja dan malas bergerak.

Itu merupakan naluri dan kondisi ilmiah.

4. Nafsu Makan Meningkat

Kucing biasanya mengandung lebih dari 1 ekor anak kucing. Jadi mulai dari awal masa kehamilan, maka induk kucing biasanya sudah mulai meningkat porsi makanannya.

Baca Juga daftar jenis makanan untuk kucing hamil yang tepat.

Jika Anda menemui tanda tanda diatas, ditambah dengan perubahan nafsu makan pada kucing. Maka kemungkinan kucing sedang hamil.

5. Perut Mulai Membesar

Perubahan perut menjadi lebih besar adalah tanda kehamilan yang terjadi hampir pada semua makhluk hidup. Dan hal ini juga terjadi pada induk kucing. Mungkin pada usia kehamilan awal akan tidak terlalu kelihatan.

Baca Juga Musim Kawin Kucing Yang Benar

Namun pada masa pertengahan maka besarnya perut mulai kelihatan, Apalagi jika yang dikandung lebih dari 2 ekor kucing. Maka perubahannya terlihat sangat jelas. Tapi perut membesar tidak hanya bertanda kucing hamil, kadang juga karena perut kucing kembung atau malah mengalami obesitas.

Untuk itu coba cari tahu mengecek perbedaan kucing hamil dan gendut, lalu simpulkan sesuai ciri ciri yang tertera.

6. Puting Kucing Berubah Warna

tanda tanda kucing hamil
Ilustrasi by facebook.com/resident_cats

Perubahan puting pada kucing menjadi lebih merah muda menjadi salah satu tanda kehamilan yang cukup akurat.

Apalagi perubahan ini biasanya terjadi setelah perut membesar atau ketika waktu melahirkan kucing sudah dekat tinggal beberapa hari saja.

Perubahan ini tentu bersifat hormonal dan alamiah. Dan menjadi ciri ciri kehamilan yang cukup menyakinkan meski tidak dibawa ke dokter hewan.

Kesimpulannya, bila kucing Anda mengalami 6 tanda di atas, sudah dapat dipastikan kucing Anda sedang hamil. Anda tidak perlu mengeceknya melalui dokter hewan.

Namun bila masih pada tahap 1-3, atau sampai tahan 4, Maka untuk menentukan kucing positif hamilnya masih samar-samar. Untuk menyakinkan, Anda bisa sabar menunggu beberapa hari lagi untuk melihat tanda lainya muncul.

Jika Anda tidak sabar, maka bisa pergi ke dokter hewan terdekat.

Dan Jika Kucing Anda beneran sedang hamil, maka jagalah indukan kucing lebih dari penjagaan biasanya. Mulai dari makanan hingga keamanannya. Anda harus mulai mencari informasi mengenai makanan kucing hamil yang bagus. Selain itu jagalah si kucing agar tidak keguguran. Baca Juga ciri ciri kucing keguguran yang perlu diketahui.

Melihat Kehamilan Kucing Di Dokter Hewan

Apabila kamu merasa ragu dengan dugaan Anda, maka bisa coba periksakan ke dokter hewan. Nanti di sana dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Berikut ini hal yang paling umum di lakukan dokter :

  • Merasakan perut kucing dengan tangan.
  • Ultrasonografi. Ini biasa dokter lakukan jika kehamilan sudah hari ke-16.
  • Sinar-X. Ini biasanya dokter lakukan jika kalian ingin melihat jumlah anak kucing yang ada, tetapi tidak selalu akurat.

Tanda Kucing Sudah Mau Melahirkan

Kucing yang mau melahirkan biasanya memiliki kebiasaan khusus. Berikut tanda kucing mau melahirkan :

  • Suka mencari tempat yang sepi dan aman
  • Mulai membuat sarang yang hangat
  • Sering tidur
  • Jarang bergerak
  • Kalau jalan semakin terengah engah
  • Suka mengeong
  • Semakin sering menjilati tubuhnya sendiri
  • Keluar cairan kolostrum dari kelenjar susu
  • Saat merasa sudah dekat waktu melahirkan, nafsu makan kucing mulai berkurang.

Referensi : Kedokteran Webmd

Demikian artikel mengenai ciri ciri kehamilan pada kucing terlengkap, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!