6 Cara Menurunkan Berat Kucing Paling Efektif

menurunkan berat badan kucing
Menimbang Kucing by imgur.com

Sebagai pemilik kucing yang obesitas atau terlalu gemuk, sudah sewajarnya ingin menurunkan berat kucing agar menjadi ideal. Selain bermanfaat untuk kesehatannya, memiliki tubuh ideal juga akan memudahkan kucing dalam bergerak.

Pemberian makanan yang berlebihan dan penerapan gaya hidup yang kurang bagus adalah faktor utama penyebab kucing menjadi gemuk hingga obesitas.

Cara Menurunkan Berat Kucing

Meski kucing gemuk terlihat lucu dan menggemaskan, namun saat keadaanya sudah berlebihan dan membuatnya obesitas. Maka menurunkan berat kucing perlu diupayakan. Ini harus dilakukan demi keselamatan kucing kedepannya. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan kucing yang efektif :

1. Kurangi Porsi Makan Kucing Secara Perlahan

Tak bisa dipungkiri, porsi makan yang berlebih menjadi faktor utama penyebab kucing menjadi kelebihan berat badan. Kucing yang telah terobsesi dengan makanan, lama kelamaan porsi makanya semakin banyak hingga akhirnya, ia menjadi obesitas dan susah bergerak.

mengurangi berat badan kucing
Kucing Ideal

Oleh sebab itu, salah satu trik untuk program diet kucing adalah mengurangi porsi makanya secara perlahan agar kucing tidak kaget.

Karena jika porsinya dikurangi banyak secara tiba-tiba malah bisa membuat menjadi stress dan sakit, karena kaget.

2. Jangan Biarkan Kucing Terlalu Banyak Tidur

Kucing yang terlalu banyak tidur akan membuat makanan yang ia konsumsi menjadi tidak terproses menjadi tenaga sehingga malah tersimpan sebagai lemak. Kumpulan lemak inilah yang akhirnya membuat berat kucing menjadi semakin bertambah.

Maka dari itu, usahakan untuk tidak membiarkan kucing terlalu banyak tidur. Cukupkan istirahat hanya saat tidur malam dan sedikit tidur siang. Kalau perlu berikan teman main agar kucing ada temannya dan tidak tiduran lagi.

Baca juga 4 hal yang bikin kucing susah tidur.

3. Sering Ajak Main Dan Bergerak

Kucing bermain
Kucing Bermain

Sebagai pemilik hewan, mengajaknya bermain itu sangat penting. Selain sebagai tanda peduli Anda terhadap hewan peliharaan. Mengajak kucing main juga menjadi salah satu upaya menurunkan berat kucing yang efektif. Karena saat kucing bermain maka ia akan aktif bergerak sehingga dapat bermetabolisme membakar lemak.

Anda juga dapat memaksa kucing secara perlahan untuk melakukan treadmill seminggu sekali atau dua kali demi menurunkan beratnya.

4. Memberikan Kucing Teman Bermain

 Kucing Dan Anjing
Kucing Dan Anjing

Salah satu trik agar kucing tidak terlalu sering tidur adalah dengan memberikanya teman bermain. Teman bermain tidak harus dari hewan kucing juga, namun bisa dari hewan lain semisal anjing, kucing, ayam, burung berukuran agak besar atau semacanya.

Yang penting yang kira-kira bisa akrab dengan kucing, sehingga bisa menjadi teman mainya setiap hari. Jika kucing aktif bermain dan bergerak, tentu berat badanya bisa terkontrol dan tidak kegemukan.

5. Membiarkannya Aktif Berburu

Jika kucing Anda merupakan hewan yang aktif berburu, baik berburu burung, cicak, kecoa, tikus, atau hewan lain. Maka biarkan, alasanya jika dia aktif berburu maka ia juga akan aktif bergerak.

kucing dan hewan buruanya
Kucing dan hewan buruanya

Terlebih lagi biasanya kucing akan bermain main dahulu dengan hewan buruanya sebelum akhirnya memakannya atau meninggalkanya. Tergantung keinginan kucing.

Yang perlu diingat bila kucing memakan hewan buruanya, maka jangam kasih makan lagi, tunggu sampai waktu makan berikutnya.

Yang terpenting adalah sebisa mungkin kucing harus aktif bergerak agar berat badanya bisa turun dan tidak obesitas lagi. Kalau perlu biar berat kucing menjadi ideal.

6. Makanan Penurun Berat Kucing

Selain dengan berbagai upaya diatas, Anda juga dapat membeli makanan penurut berat badan kucing. Makanan atau obat ini telah dirancang khusus agar bisa membantu Anda dalam upaya mengurangi berat kucing.

Anda dapat mencarinya di bergai marketplace besar di Indonesia, atau Anda juga dapat mencarinya di toko perlengkapan hewan terdekat.

Demikian artikel mengenai cara mengurangi berat badan kucing, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!