Perhatikan ! Cara Menolong Kucing Tersedak Tuh Begini

kucing tersedak makanan
Ilustrasi by firstforwomen.com

Kasus kucing yang tenggorokanya tersangkut makanan merupakan kasus yang jarang terjadi. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali. Kasusnya ada hanya jarang.

Hal ini disebabkan karena kucing sebenarnya merupakan tipikal hewan yang suka memilih – milih makanannya. Oleh sebab itu, kasus kucing yang tenggorokanya kesangkut makanan tidak sebanyak kasus manusia.

Meski jarang, namun tetap saja ada, karena terkadang yang namanya musibah datangnya tak terduga. Misal ketika empus sedang menguyah namun malah dikagetkan Atau semacamnya, maka bisa saja akhirnya mereka kaget dan malah menjadi tersedak.

Penyebab Kucing Tersedak

Mengalami tersedak tentu tidak mungkin jika tidak ada penyebabnya. Oleh karena itu myhewan telah merangkum beberapa makanan yang biasanya membuat mereka menjadi tersedak. Berikut daftarnya :

1. Kucing Tersedak Duri Ikan

Cara mengatasi tersedak duri ikan, yang durinya nyangkut di mulut maupun gigi adalah dengan cara minta bantuan saudara untuk memegangi kucing. Lalu Anda buka mulut kucing, dan ambil duri secara perlahan dengan pinset.

Lalu apabila durinya sudah masuk lebih jauh kedalam tenggorokan. Maka sudah pasti langkah di atas tidak berguna untuk itu ikuti langkah dibawah ini.

Cara menghilangkan duri ikan di tenggorokan kucing adalah sebagai berikut:

  1. Minumkan atau berikan makanan lain. Tujuanya untuk mendorong duri masuk ke dalam perut.
  2. Apabila tidak mau, pegang kedua sisi dada kucing.
  3. Pukul secara pelan area belikat kucing. Tujuanya untuk membantu kucing batuk dan memuntahkan duri.
  4. Pegang kedua sisi dada kucing, tekan salah satu bagain dengan hentakan. Lakukan secara berulang. Ini juga gerakan untuk membantu kucing batuk demi mengeluarkan tulang dari tenggorokan. ( Jangan terlalu Keras )
  5. Apabila tidak berhasil juga, segera bawa ke klinik hewan.

Ikan memang jenis makanan yang umumnya membuat kucing sering mengalami masalah saat makan.

Apalagi Kucing merupakan tipikal hewan yang suka sekali dengan ikan. Tak heran, ketika kucing asyik melahap ikan, mereka jadi kurang hati-hati, dan akhirnya duri ikan membuat masalah kepada kucing.

Artikel Terkait :

Ini alasan kenapa ikan Asin bahaya untuk Kucing ?

2. Tulang Hewan

tulang ayam
Ilustrasi tulang

Tulang hewan seperti tulang ayam juga bisa menjadi penyebab kucing keselek. Terlebih jika mereka kurang mengunyah saat memakan tulang hewan maka bisa membuat ia tersedak.

Tulang hewan yang umumnya membuat dia tersedak adalah tulang ayam, bebek dan beberapa tulang unggas lainya.

Jika Anda seorang pemelihara kucing, sebaiknya jangan kasih makan kucing Anda dengan tulang. Melainkan dengan dagingnya. Agar tidak membahayakan kucing.

Cara Mengeluarkan Tulang Di Kerongkongan Kucing :

  1. Posisi kan kucing di depan Anda.
  2. Hadapkan kucing ke depan dan tahan bagian belakang kucing menggunakan lutut.
  3. Pukul tulang belikat agar kucing batuk dan memuntahkan tulang.
  4. Bila Tidak berhasil
  5. Pegang kedua sisi dada kucing, tekan salah satu sisi dengan hentakan.
  6. Ulangi hingga kucing batuk dan mengeluarkan tulang dari tenggorokan.
  7. Jika tidak berhasil, bawa ke dokter hewan.

3. Air Minum

Saat kucing sedang minum lalu terkagetkan, maka sangat mungkin membuat mereka tersedak air. Tapi ini tidak apa apa, awalnya memang kasihan, tapi kalau keselek air tidak ada yang nyangkut jadi biarkan saja. Dalam beberapa menit, nanti kucing akan pulih dan normal lagi tidak kesakitan.

4. Benda Mainan

Selain makanan, si empus juga bisa tersedak oleh mainan. Ini karena kucing merupakan hewan yang suka bermain. Jika kucing Anda sedang bermain dengan benda-benda kecil menggunakan mulutnya lalu dikagetkan dengan seketika. Maka dapat membuat kucing menjadi kaget dan reflek menelan mainan tersebut.

Yang lebih bahaya, jika yang dimainkan berupa benda kecil yang memiliki ujung tajam. Maka ketika terjadi kasus tersedak. Bisa sangat membahayakan kucing. Baca juga alasan kucing saat bermain suka berguling.

5. Kucing Tersedak Hewan Kecil

Kucing suka sekali bermain dengan hewan – hewan kecil seperti kecoa, belalang, jangkrik, dan beberapa hewan kecil lainya.

Jika disaat dia bermain dengan hewan kecil hasil buruannya lalu seketika Anda kagetkan. Bisa saja kucing menjadi reflek menelan hewan tersebut tanpa dikunyah. Sehingga kucingpun menjadi tersedak.

Ciri – Ciri Kucing Tersedak

Untuk menentukan apakah kucing keselek atau tidak adalah gampang – gampang susah. Karena gejalanya mirip dengan beberapa gejala penyakit pada kucing.

Berikut ciri – ciri kucing yang tersedak makanan :

  1. Tidak bisa bernapas.
  2. Batuk dengan keras.
  3. Mengeluarkan air liur.
  4. Kucing mual.
  5. Menggaruk garuk mulutnya.
  6. Warna gusi biru atau keungu – unguan.

Nah selain melihat apakah tanda – tanda di atas dialami kucing. Anda juga harus memastikan apakah sebelum tanda – tanda tersebut muncul, kucing makan sesuatu atau bermain dengan benda atau hewan mencurigakan.

Apabila tanda tersebut muncul setelah kucing tidur. Maka kemungkinan bukan merupakan gejala tersedak. Melainkan mengalami gangguan kesehatan lain seperti flu atau semacamnya.

Namun bila gejala tersebut muncul setelah Anda beri makan. Misal sesudah Anda kasih ikan atau beberapa potong daging ayam. Maka kemungkinan kucing tersedak adalah benar.

Jadi kunci untuk memastikan permasalah pada kucing adalah Anda harus mengetahui tanda – tanda atau gejala yang dialami kucing. Selain itu juga harus paham aktivitas apa yang kucing Anda lakukan di rumah.

Cara Menolong Kucing Yang Tersedak

Karena ini merupakan hewan yang ukuranya lumayan kecil, maka untuk menolong kucing yang mengalami gangguan pada tenggorokannya lumayan susah. Dan Anda harus segera melakukan sebuah tindakan tepat agar nyawa kucing bisa cepat diselamatkan.

cara menolong kucing yang tersedak
Ilustrasi by tvtropers.org

Ini karena empus yang tersedak akan mengalami susah nafas, sehingga bila tak cepat mendapat pertolongan bisa membahayakan.

Berikut tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menolong kucing :

1. Pastikan Kucing Anda Beneran Tersedak

Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah pastikan dan yakinkan bahwa kucing bukan sedang flu atau semacamnya. Melainkan beneran tersedak.

Hal ini penting agar Anda tidak salah dalam melakukan pertolongan.

2. Tenangkan Kucing

Jika kucing masih sadar, maka tenangkan kucing dan mendekatlah ke kucing secara perlahan. Anda bisa melakukan upaya melalui omongan.

Karena meski kucing tidak bisa berbahasa manusia. Namun instingnya sangat kuat, jadi jika anda dekati pelan-pelan sambil ngomong sesuatu. Maka kucing biasanya paham kalau Anda akan menolongnya, bukan untuk mengganggunya.

3. Periksa Mulut Kucing

membuka mulut kucing
Ilustrasi by memphisveterinaryspesialists.com

Sambil menenangkan kucing, coba pelan-pelan buka mulut kucing. Agar kucing merasa tidak terganggu.

Jika berhasil membukanya, coba periksa apakah Ada benda yang tersangkut di area tenggorokan kucing atau tidak.

Jika diperlukan bisa gunakan senter untuk meneranginya. Anda bisa meminta bantuan saudara atau orang tua di rumah. Untuk membantu memegangi senter.

4. Keluarkan Benda Asing

Jika Anda berhasil menemukan benda yang tersangkut, maka ambilah benda tersebut pelan-pelan menggunakan pingset atau benda apa saja yang bisa untuk mencubit.

Jangan pernah gunakan tangan, selain ukuranya yang terlalu besar. Anda juga beresiko tergigit oleh kucing. Dan ini malah bisa memperburuk keadaan.

5. Jika Tidak Berhasil, Pergi Ke Dokter

Jika dalam beberapa menit Anda gagal melakukan tindakan pertama tersebut. Sebaiknya Anda bawa kucing Anda ke dokter hewan. Agar bisa ditangani oleh ahlinya.

Jangan terlalu lama mencoba menolongnya, karena semakin lama tersedak, maka bahaya yang ditimbulkan juga semakin besar.

Apalagi jika sesaat setelah tersedak. Namun kucing Anda malah pingsan atau kesusahan bernafas. Maka segeralah pergi ke dokter.

Namun apabila Anda menjumpai kucing Anda kesusahan nafas, maka Anda bisa buka mulutnya selebar mungkin secara perlahan. Ini sebagai upaya membantu kucing bernafas. Selain itu dengan membuka mulut selebar lebarnya. Maka akan mempermudah Anda memeriksa dan mengambil benda yang mengganjal tenggorakan kucing.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi kucing yang keselek dengan benar, semoga bermanfaat.

Ani

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!