Cara Membuat Makanan Kucing Dari Tempe Dan Bahan Lain

Makanan kucing dari tempe – Bagi seorang pemelihara kucing, memang benar jika menemukan makanan kucing instan, tidaklah sulit. Karena banyak sekali toko hewan dan toko online yang menjual makanan tersebut.

makanan kucing dari tempe
Makanan kucing dari tempe

Namun tentu tidak semua memiliki pemikiran yang sama, ada juga yang malah lebih memilih membuat makanan kucing sendiri. Entah karena di rasa lebih aman atau mungkin karena alasan lain.

Untuk itu ada yang lebih memilih membuat makanan kucing dari tempe dari pada beli yang instan, meski sangat tidak praktis. Tapi mereka merasa lebih aman dan nyaman.

Nah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat makanan kucing adalah tempe. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat Makanan Kucing Dari Tempe

Bagi Anda yang merasa tidak ribet dengan membuat makanan kucing, maka Anda bisa memilih tempe sebagai salah satu bahanya, selain murah tapi juga bergizi. Langsung saja begini langkahnya :

  1. Siapkah nasi yang agak lembek teksturnya. Tapi jangan terlalu lembek kaya bubur yah.
  2. Rebuslah tempe dan ikan. Anda bisa pilih beberapa jenis ikan, seperti tuna, bandeng, sarden, tongkol, bawal, munjaer, dll.
  3. Siapkan minyak ikan.
  4. Ulek atau haluskan antara tempe dan ikan.
  5. Campurkan antara nasi, minyak ikan, dan ulenan tempe ikan.

Catatan : Pokoknya cara pencampuranya biar merata. Anda bisa membuat campuran adonan tadi menjadi bulat bulat kecil. Inti dari pencampuran tadi adalah agar si nasi dan tempe bisa kecium amis sama kucing, makanya dicampur ikan dan minyak ikan.

Baca Juga Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Kucing

Bikinlah untuk satu porsi saja yah, biar gak basi. Kalau sekali bikin langsung untuk 2 porsi, takutnya pas di waktu yang kedua, makanan kucing udah basi.

Bolehkah kucing makan tempe ?

Jenis Kucing Apa Yang Cocok Makan Tempe ?

Semua jenis kucing cocok, asalkan doyan. Baik anggora, american short hair, British shor hair, spinx, persia, himalaya, bengal, kucing hutan, dsb. Pokoknya semua cocok asalkan kucing Anda suka. wk.

Kandungan Nutrisi Pada Tempe

Nutrisi yang terkandung dalam adonan makanan kucing dari tempe tadi cukup lengkap. Karena mengandung protein dari ikan, karbohidrat dan serat dari nasi, dan juga probiotik dari tempe. Kesemua bahan tadi tentu sangat bagus untuk tubuh kucing. Tak kalah dari racikan yang berasal dari pabrikan.

Bahkan kandungan probiotik pada tempe bisa dijadikan sebagai obat saat mencret. Untuk lebih jelasnya, bisa baca tempe makanan yang baik untuk kucing mencret.

Daftar Bahan Lain Yang Bisa Anda Pakai

Selain tempe, Anda juga bisa membuat makanan kucing racikan dengan bahan lain seperti tahu, ikan, maupun sayuran. Berikut Cara Pembuatanya :

makanan kucing dari ikan
ikan tuna

Cara Membuat Makanan Kucing Dari Ikan

Nah, untuk cara membuat makanan kucing dari ikan juga cukup gampang, hampir sama kaya pembuatan makanan dari tempe. Berikut langkah demi langkahnya :

  1. Siapkan nasi yang teksturnya gak lembek juga gak keras.
  2. Siapkan ikan rebus atau goreng.
  3. Pisahkan duri ikan dan dagingnya.
  4. Ulek daging ikan atau blender.
  5. Campurkan dengan nasi, bisa juga Anda bentuk jadi bulat – bulat kecil.

Catatan : Anda bisa menggunakan ikan apa saja, misalkan tongkol, tuna, bawal, gurame dll. Tapi sebisa mungkin jangan gunakan ikan asin. Karena makanan yang asin tidak bagus buat kucing. Bisa menyebabkan bulu kucing menjadi rontok. Apakah Tongkol Termasuk Ikan Asin ?

Cara Membuat Makanan Kucing Dari Tahu

Untuk cara membuat makanan kucing dari tahu bisa Anda harus menyiapkan bahan lain yang beraroma amis. Entah ikan maupun ayam. Langkah langkahnya :

  1. Siapkah sedikit nasi putih yang teksturnya pas.
  2. Rebus tahu dan ikan ( atau ayam ).
  3. Ulek atau blender antara tahu dengan ikan / tahu dengan ayam.
  4. Campurkan antara nasi dan adonan tahu tadi.

Catatan : Anda bisa pilih ikan apa saja, asalkan bukan ikan asin yah. ( Kalau bisa ). Dan jika ayam, bisa Anda gunakan ati ayam, atau bagian tubuh lainya. Sedanya saja, cuma kalau ati lebih gampang pas bikin campurnya.

Baca juga daftar makanan penggemuk kucing.

Cara Membuat Makanan Kucing Dari Sayuran

Bagi yang ingin tahu cara membuat makanan kucing dari sayuran, sebelumnya Anda harus pilih dulu, jenis sayuran apa yang akan Anda pakai. Misalkan brokoli, kentang, wortel, atau yang lainya.

Kemudian setelah Anda sudah menentukan jenis sayuran yang akan Anda pakai. Anda bisa membuatnya dengan cara mencampurkan sayuran ke dalam adonan tempe maupun ikan. Misalkan saja :

Anda campurkan adonan ikan dengan brokoli yang telah dihaluskan. Atau Anda campurkan antara adonan tempe dengan kentang yang sudah halus.

Yang perlu diperhatikan, gunakan saja sedikit sayuran yah. Tidak usah banyak banyak. Takutnya kucing nggak doyan.

Kan yang penting kucing doyan, terus sehat kan. hehehe.

Oh ya perlu saya tekankan lagi. Karena ini membuat makanan tanpa pengawet. Usahkan setiap bikin hanya untuk 1 porsi yah, biar gak basi.

Demikian artikelnya, semoga bermanfaat yah.

Ani

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!