Cara Memberikan Minyak Ikan Pada Kucing Beserta Manfaatnya

Minyak ikan adalah salah satu suplemen makanan kucing yang cukup diminati dikalangan pecinta kucing. Kandungan Omega 3 pada minyak ikan murni sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing Anda.

minyak ikan untuk kucing
Minyak ikan

Dengan berbagai manfaat minyak ikan. Kira kira bagaimana cara memberikan minyak ikan pada kucing dengan tepat ?

Pemberian Minyak Ikan Pada Kucing

Cara memberikan minyak ikan pada kucing bisa Anda lakukan dengan menusukan jarum pada kapsul yang berisi minyak ikan, lalu berikan ke kucing. Biasanya bau yang berasal dari minyak tersebut akan membuat kucing otomatis menjilatinya.

Namun apabila cara tersebut tidak berlaku pada kucing Anda. Maka Anda dapat memberikanya dengan cara lain.

Yaitu dengan membuka kapsul minyak ikan dan campurkan ke makanan kucing yang telah Anda sediakan.

Untuk konsumsi harian, sebaiknya cukup berikan 1 -2 kapsul perhari. Jika Anda menginginkan sekali, maka bisa Anda berikan saat pagi atau sore. Namun apabila Anda menginginkan 2 kapsul sehari. Maka sebaiknya berikan 1 saat sore dan 1 saat pagi hari.

cara memberikan minyak ikan pada kucing
Memberi kucing minyak ikan

Perlu Anda tahu, minyak ikan cocok untuk semua kucing RAS, baik kucing kampung, persia, Anggora, British Shor Hair, maupun jenis kucing lain. Yang penting jangan berikan secara berlebihan, cukup sesuai anjuran.

Harga Minyak Ikan Untuk Kucing

Untuk masalah harga sebenarnya tergantung penjual dan model yang dipilih. Jadi ada yang menjual berdasarkan harga per kapsul dan ada juga yang menjual dengan harga berbotol yang sudah terisi beberapa kapsul minyak ikan.

Namun harga rata rata yang ada di dalam toko online adalah Rp 200/kapsul. Jadi jika Anda ingin membeli 100 kapsul minyak ikan maka Anda harus menyiapkan uang Rp 20.000 .

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

Sebenarnya manfaat dari minyak ikan sangatlah banyak, namun akan myhewan bagikan 8 saja.

Berikut 8 manfaat minyak ikan untuk kucing :

1. Mengobati Kucing Yang Alergi Kulit

Apabila kucing Anda menderita alergi kulit saat memakan sesuatu sehingga menyebabkan mereka merasa gatal dan sering menggesek gesekan tubuh mereka ke dinding. Maka salah satu cara yang paling tepat untuk mengobati mereka adalah dengan rutin memberikanya minyak ikan.

Nanti perlahan lahan, reaksi alergi pada kucing akan berkurang dan lama kelamaan sembuh.

Baca juga cara mengobati kucing jamuran yang ampuh.

2. Menyehatkan Kulit Dan Bulu Kucing

Ini yang tak kalah dahsyat dari minyak ikan. Jadi jika kucing Anda mengalami kerontokan bulu dan masalah kulit lainya. Coba rutinkan kasih minyak ikan kepada mereka. Tak lupa coba Anda padukan juga dengan makanan kucing untuk pelebat bulu.

Maka sangat dipastikan perlahan pertumbuhan bulu kucing Anda akan normal kembali dan kekuatan bulunya pun akan bertambah sehingga tidak mudah rontok.

3. Membantu Penyembuhan Penyakit Ginjal

Jika Anda memiliki kucing Persia atau sejenisnya yang sedang mengalami gangguan ginjal, maka bisa Anda coba rutinkan mengkonsumsi minyak ikan saat pagi dan sore.

Ini untuk membantu mengobati penyakit tersebut dari dalam

4. Meningkatkan Jumlah Kolestrol Sehat

Kandungan Omega 3 dan zat lainya memang dapat meningkatkan jumlah kolestrol sehat yang ada dalam tubuh kucing. Sehingga dengan begitu, jumlah kolestrol jahat yang dapat membahayakan kucing akan terus berkurang.

5. Menyehatkan Jantung Kucing

Kesehatan jantung pada makhluk hidup ada kaintanya dengan jumlah kolestrol sehat dan jahat yang ada didalam tubuh.

Jadi apabila kolestrol sehat lebih banyak jumlahnya maka kemungkinan jatung akan tetap sehat akan menjadi besar. Namun sebaliknya jika jumlah kolestrol jahat yang lebih banyak, maka ini benar benar tidak baik untuk kucing.

Meski kelihatan agak sepele. namun Anda tetap harus memerhatikan masalah semacam ini.

6. Mengurangi Resiko Penyakit Degeneratif Pada Kucing

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang berhubungan dengan terganggunya fungsi tubuh. Di mana apabila suatu makhluk hidup menderita penyakit seperti ini maka kemungkinan usia mereka tidak akan setua yang lainya. Alias mati muda.

Jadi cegah kucing Anda terkena penyakit degeneratif dengan rajin konsumsi minyak ikan.

7. Mencegah Dan Mengurangi Pertumbuhan Sel kanker

Tak hanya manusia yang dapat terkena kanker, tapi kucingpun ternyata bisa kena loh. Biasanya ini diakibatkan oleh konsumsi makanan yang buruk. Terkadang juga akibat keturunan dan lingkungan.

Kandungan nutrisi pada minyak ikan nanti akan bertugas untuk membantu membuat sel tubuh bekerja secara normal, sehingga kanker lama kelaman akan hilang.

8. Membantu Menjaga Tubuh Kucing Tetap Fit

Karena ini termasuk ke dalam kategori suplemen makanan, maka fungsi utamanya memang menjaga tubuh agar tetap fit dan selalu sehat.

Untuk menambah asupan suplemen kucing, bisa Anda gunakan madu untuk kucing maupun minyak VCO untuk kucing. Kedua suplemen tersebut juga sangat bagus untuk kucing.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!