Cara Kucing Mengenali Majikan Atau Tuanya

Kucing merupakan hewan yang gampang akrab pada manusia, apalagi jika sering diberi makan. Maka cepat atau lambat, kucing akan menjadi jinak.

Cara kucing mengenali majikan

Meski kita tidak memelihara kucing, tapi jika sering kita kasih makan lalu menjadi jinak. Itu artinya kucing menjadikan Anda sebagai majikan. Karena kucing memilih majikan salah satu caranya dengan melihat apakah kita sering memberikan makan ke dia atau tidak.

Jika proses kucing memilih majikanya telah sukses, maka kucing selanjutnya akan mencari cara untuk bisa mengenali majikan barunya.

Kucingmu sudah dikasih vitamin belum ? Cek daftar vitamin paling bagus agar kucing gak gampang sakit

5 Cara Kucing Mengenali Majikan

Cara kucing mengenali majikan banyak caranya, bisa dengan mengendusnya atau dengan beberapa cara lain. Berikut cara yang biasa kucing gunakan untuk mengenali majikannya :

1. Mengendus

kucing mengendus bau manusia
Kucing Mengendus

Mengendus sudah menjadi salah satu ciri khas hewan ini. Bukan kucing namanya kalau tidak mengendus. Biasanya kucing akan mengendus makanan untuk mencari tahu apakah makanan itu cocok dengan dia atau tidak.

Namun tidak hanya melulu makanan saja, kucing juga biasanya akan mengendus orang. Ini kucing lakukan untuk mengetahui apakah orang tersebut adalah majikannya atau bukan. Kucing akan mengenali bau dari tuannya.

Jadi jika ada kucing sedang mengendus Anda, biarkan saja. Karena kucing sedang berusaha mengenali Anda, ia ingin tahu Anda majikannya atau bukan.

2. Panggilan

Selain mengendus, kucing akan mengenali majikan lewat panggilan. Kucing yang sudah terbiasa dipanggilan dengan sebuah nama. Tentu akan terlatih dan akan segera menghampiri ketika dipanggil. Lalu baru ia akan mengendus untuk memastikannya.

Punya kitten belum ada namanya ? Cek Kumpulan nama kucing islam jantan maupun betina.

Jadi jika Anda seorang pemelihara kucing, memang sebaiknya Anda kasih nama kucing kesayangan Anda. Ini untuk mempermudah komunikasi.

3. Mengeluskan Kepala

kucing memilih majikan
Kucing Jinak

Cara yang lain yang biasa kucing lakukan adalah dengan mengelus atau menggesekan kepalanya ke kaki Anda. Ini tentu Anda hubunganya. Karena jika Anda tuannya. Maka kegiatan kucing semacam itu tidak akan mengganggu Anda.

Apalagi kegiatan menggesekan kepala kucing ke badan Anda adalah salah satu bentuk kemanjaan dan keakraban kucing ke Anda.

4. Bergurau

Apa maksudnya kucing bergurau ? Ini maksudnya jika kucing Anda telah memilih Anda sebagai majikan, tentu ia akan akrab. Nah bentuk akrab kucing terhadap tuannya adalah dengan bergurau atau bercanda.

Salah satu contohnya, bisa menggigit tapi tidak serius, menggoda Anda, menggesekan kepala, dan lain sebagainya.

5. Menatap Mata

kucing mengenali majikan
Kucing Menatap

Bila kucing telah memilih dan menerima manusia sebagai teman/pemilik/tuan. Maka ia biasanya akan melakukan kontak mata untuk mengenalinya. Apalagi jika dipanggil atau tuannya ngomong. Ia akan melakukan kontak mata seolah memberikan isyarat bahwa ia paham maksud majikannya.

Kesimpulan dari semua ini adalah kucing dapat mengenali majikan dengan mudah jika sudah akrab dan dirawat lumayan lama.

Baca juga ciri ciri kucing hamil yang benar biar gak kena prank

Cara Agar Kucing Cepat Jinak Dan Memilih Anda Menjadi Majikan

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penjinakan kucing, diantaranya :

  1. Sering memberikan makan pada kucing.
  2. Memberikan sebuah nama pada kucing.
  3. Sering mengajaknya bergurau atau bermain.
  4. Sering mengelus elus kucing.
  5. Biarkan jika kucing mengendus Anda.
  6. Biarkan jika kucing menggesekan kepalanya.
  7. Rawat dia.
  8. Berikat tempat tinggal.

Demikan artikel mengenai cara kucing mengenali dan memilih tuannya, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!