Bolehkah Kucing Makan Sosis ? Ini Penjelasanya

Bagi pemilik kucing, pengetahuan mengenai makanan apa yang bagus atau bahaya untuk kucing sangatlah penting, karena menyangkut kesehatanya. Seperti makanan berupa sosis, kira kira apakah boleh kucing makan sosis ?

kucing makan sosis
Kucing Makan Sosis by petbucket.com

Meski sosis terbuat dari daging olahan, namun kucing tidak dianjurkan makan sosis, karena sosis banyak mengandung garam, bahan pengawet, dan bahan berbahaya lainya.

Udah tau belum ? Vitamin yang bikin bulu jadi indah

Apa Itu Sosis ?

Sosis adalah sebuah produk daging olahan yang terbuat dari daging merah pilihan yang mengandung lemak jenuh dan tinggi kalori. Namun dalam pengelohanya, sosis sering dicampur dengan pigmen warna seperti haem untuk menarik penampilanya.

Apesnya, senyawa pigmen dari haem ketika berada diperut dapat menyebabkan iritasi usus dan peradangan .

Selain itu, dalam prakteknya sosis juga ditambahkan bahan pengawet dan garam yang cukup berbahaya bagi kucing.

Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam mengawasi segala makanan yang dimakan kucing. Agar tidak sampai kecolongan.

Apakah Kucing Suka Sama Sosis ?

Kucing ada yang suka makan sosis dan ada juga yang tidak suka. Semua tergantung pola maka keseharianya, jika kucing sering diberi makan daging-dagingan biasanya sih doyan sosis.

kucing suka sosis
Kucing Suka Sosis by Toptipsforher.com

Namun jika biasa diberikan berupa sedikit vegetrian mungkin saja kucing tidak akan suka terhadap sosis.

Selain itu, tingkat kepintaraan kucing juga akan berpengaruh, karena secara naluri, jika insting kucing berbicara makanan tersebut bisa membahayakan. Maka biasanya kucing tidak mau makan.

Kucing memang terkenal memiliki sensor naluri yang cukup bagus terhadap suatu makanan. Namun ini tentu setiap naluri kucing berbeda beda. Ada yang tajam ada yang enggak, sehingga kadang kita masih menjumpai adanya kucing yang keracunan makanan.

Kenapa Kucing Makan Sosis Bahaya ?

Seperti yang sudah dibahas diatas, sosis mengandung bahan-bahan pengolahan yang cukup berbahaya bagi kesehatan kucing. Misalnya saja kaya garam. Dalam ilmu kedokteran hewan, garam di kenal sebagai biang kerok penyebab rontoknya bulu kucing.

Oleh sebab itu, karena sosis menganduk banyak garam, jadi tidak dianjurkan untuk dimakan kucing. Baca juga cara melebatkan bulu kucing.

Apalagi jika Anda pemilik kucing ras seperti, anggora, persia dan lainya. Maka sosis tentu tidak pas untuk dijadikan makanan untuk kucing anggora.

Apakah So nice Dan Merek Sosis Lainya Juga Bahaya ?

Jika yang dimakan buka sosis so nice melainkan merek sosis khusus kucing. Maka tingkat bahaya tidaklah terlalu fatal, dengan catatan hanya dimakan sedikit saja dan tidak setiap hari.

Misal hanya sepotong doang akibat kasian melihat kucing yang mengeong terus saat melihat kita makan sosis. Sehingga kita memberikan sedikit potongan sebagai wujud berbagi kita.

sosis khusus kucing
Sosis

Mungkin jika seperti itu, tidak terlalu bahaya. Anda juga dapat mencari produk sosis pilihan yang dikhususkan untuk makanan kucing di toko perlengkapan hewan.

Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara online jika Anda mau. Ada beberapa merek sosis yang dikhususkan untuk kucing.

Jika kucing diberi sosis yang khusus hewan, tentu sosis tidak akan bahaya untuk kucing. Karena pasti bahan – bahannya sudah dikhususkan buat kucing.

Jadi jika Anda berhasil menemukan sosis khusus kucing, maka Anda dapat memberikan sosis kapan saja. Asalkan selalu tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik.

Baca Juga Bahayakah mie bagi kucing ?

Bahaya Apa Saja Yang Bisa Dirasakan Kucing Setelah Makan Sosis ?

Sebenarnya tidak semua kucing akan mengalami gejala sakit pasca memakan sosis. Namun secara umum, gejala kucing akibat makan sosis antara lain :

  1. Bulu pada rontok.
  2. Muntah.
  3. Diare.
  4. Dehidrasi.
  5. Nyeri perut.
  6. Obesitas.
  7. Dll.

Gejala gejala tersebut muncul tergantung kucingnya. Kadang ada yang biasa saja, ada yang sampai muntah, bahkan ada yang sampai diare.

Intinya sih sebaiknya jangan beri makan sosis. Apalagi jika kucing Anda termasuk kucing ras mahal, sangat disayangkan jika akibat makan sosis, nanti malah terganggu kesehatanya atau bahkan malah bulunya rontok.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Terlanjur Menghabiskan Sepotong Sosis ?

Apabila Anda mendapati kucing Anda telah menghabiskan sosis Anda, maka hal yang pertama Anda harus lakukan adalah tenang dan rileks.

Lalu coba amati terus si kucing sampai beberapa jam kedepan, apakah dia akan memperlihatkan sebuah gejala gangguan kesehatan atau tidak.

Jika ternyata kucing muntah atau diare, Anda bisa carikan di dokter hewan. Atau jika dirasa tidak perlu, maka biarkan saja. Dengan catatan jangan sampai kucing menyantap sosis lagi.

Namun jika ternyata kucing baik baik saja pasca memakan sepotong sosis. Maka biarkan saja dan terus awasi kucing Anda.

Jika Anda ngotot ingin memberikan kucing sebuah sosis, carilah sosis khusus hewan yang tidak membahayakan bagi tubuh kucing.

Merk Sosis Khusus Kucing

Sebenarnya ada beberapa merek sosis khusus kucing yang dijual secara online di marketplace. Namun myhewan coba rangkum beberapa saja. Berikut rangkumanya :

  1. Sosis untuk kucing merek Bioline snack cod Sausage isi 10pcs per box. Harga 38.000 di bukalapak.
  2. Sharepack Snack Sosis All Varian Khusus Untuk Kucing homemade. Harga 7.047 di shopee.
  3. Snack Anjing Kucing Rasa Sosis Daging Ayam Ikan Sapi Cemilan Pet Harga 2705 di shopee.

Demikian artikel mengenai kucing makan sosis, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!