Bolehkah Kucing Makan Laron ? Ini Penjelasan Lengkapnya

kucing suka laron
Laron by petscontroljakarta.com

Sebagi pemilik dan pecinta kucing, pernahkah Anda melihat kejadian kucing asyik santap laron ? Jika pernah, berarti Anda beruntung. Karena jarang sekali ada empus makan laron. Penyebabnya selain karena tidak semua kucing doyan, musim laronpun hanya terjadi beberapa bulan saja setiap tahunnya. Lalu apakah kucing makan laron itu boleh ?

Kucing boleh makan laron. Karena di alam liarpun, kucing merupakan predator dan laron adalah salah satu jenis mangsanya. Ini merupakan sesuatu yang wajar, dan Anda tidak perlu khawatir.

Apa Itu Laron ?

Laron merupakan rayap terbang. Jika umumnya rayap itu tak bersayap, maka ini berbeda. Karena ini merupakan jenis rayap yang memiliki sayap. Laron yang terbang biasanya merupakan tanda bahwa rayap siap pergi untuk membuat koloni baru di tempat lain.

Dengan terbang, mereka akan kawin dan membuat koloni baru di tempat yang mereka kehendaki.

Rumah banyak cicak ? bahayakah kucing berburu cicak ?

Kenapa Laron Disukai Kucing ?

 kucing makan laron
Kucing Makan Laron by hiitsumeblogspot.com

Kucing menyukai laron karena laron memang mangsa alami dalam rantai makanannya. Sebenarnya tidak hanya kucing, manusia, ayam, dan burungpun ada yang doyan laron.

Namun ada juga kucing yang hanya menjadikan hewan kecil terbang itu untuk mainan, bukan dimakan. Layaknya kecoa ataupun belalang yang kadang hanya untuk kejar-kejaran saja.

Baca Juga Bahaya kucing makan kecoa ?

Bahayakah Kucing Makan Laron ?

Karena kucing boleh menyantap laron, berati laron aman untuk kucing. Asalkan makan secukupnya saja dan nggak makan terlalu banyak. Mungkin tidak akan ada gangguan pada kesehatan kucing.

Beberapa kali saya menjumpai kucing yang asyik melahap laron, dan keesokan harinya merekapun masih baik-baik saja. Bahkan sampai lusanya pun masih berkeliaran kesana kemarin.

Namun untuk beberapa kondisi, mungkin akan ada hal dimana laron bisa berdampak bahaya terhadap kucing. Yaitu ketika ternyata kucing alergi terhadap laron. Atau ketika sedang tidak sehat.

Mungkin empus akan mengalami beberapa gejala alergi. Namun ini kasusnya jarang.

VIDEO KUCING PESTA LARON

Efek Kucing Makan Laron ?

Karena kucing makan laron itu tidak apa apa. Maka tidak ada efek bahaya dari laron. Mungkin satu satunya hal yang dapat terjadi dan mengancam kucing adalah masalah tersedak.

Maklum lah, laron kan ada sayapnya dan kucing pasti gak suka sayap. Jadi pas ia mau memakanya, ada rasa rasa gimana gitu, dan berusaha menjauhkan sayapnya. Dan di saat itula kucing bisa keselek.

Kalau sampai keselek, Anda bisa Baca panduan menolong kucing tersedak pada artikel kami lainya.

Adakah Manfaat Laron ?

Karena tidak berbahaya, maka laronpun memiliki beberapa manfaat untuk kucing. Apa saja kira-kira ? Berikut daftarnya :

  1. Laron merupakan sumber varian makanan. Maksudnya laron bisa dijadikan sebagai variasi makanan. Mungkin setiap hari Anda memberikan menu makanan yang sama. Oleh sebab itu laron akan menjadi pengganti makanan kucing untuk beberapa waktu.
  2. Sumber gizi alami. Dalam laman kumparan.com disebutkan bahwa Laron merupakan makhluk hidup yang bernyawa dengan komposisi protein 36 persen. Oleh sebab itu, ini sangat berguna untuk dijadikan sumber protein bagi kucing.
  3. Media berlatih insting. Kucing yang sedang berburu laron sejatinya mereka sedang melatih insting berburunya. Jadi biarkan kucing memburu hewan tersebut, agar instingnya tetap terjaga.
  4. Teman bermain. Selain memakannya. Kucing juga kadang cuma menjadikan laron sebagai mainan saja, tidak untuk dimakan. Ia hanya akan menangkap dan melepasnya begitu saja hingga ia bosan sendiri. Baca juga bisakah kucing menangkap kelinci ?

Aku Tidak Suka Empus Makan Laron, Bagaimana Cara Mengusir Laron ?

Bila Anda ingin mengsuir laron, bisa ikuti caranya di bawah ini :

  1. Matikan Lampu. Kenapa harus dimatikan ? Karena laron suka sekali cahaya. Jadi kalau pengin laron pergi ya segera matikan lampunya.
  2. Kasihkan ember berisi air di bawah lampu. Bila Anda tidak berkenan mematikan lampu, bisa isi ember dengan air lalu taruh dibawahnya. Biar laron yang jatuh gak bisa kemana mana.
  3. Tutup pintu atau jendela. Meski lampu dinyalakan, kalau semuat akses ditutup tentu laron gak bisa masuk. Minimal kalau sudah ada yang masuk, jadi tidak bertambah banyak.

Demikian artikel mengenai kucing dan laron. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!