Bolehkah Kucing Makan Katak / Kodok [Waspada]

kucing makan katak
Gambar Katak

Apakah kamu pernah melihat kucing makan katak ? Jika iya, sebenarnya itu hal wajar. Karena kucing memang hewan pemburu yang suka menangkap hewan yang ukuranya lebih kecil dari mereka.

Beberapa hewan yang kerap diburu oleh kucing antara lain, ikan, tikus, kecoa, belalang, jangkrik, kadal, katak, kodok, burung, tupai, dan beberapa hewan lainya.

Bolehkah Kucing Makan Katak Maupun Kodok ?

Sebaiknya cegah kucing makan katak, karena beberapa jenis katak merupakan hewan beracun yang dapat membahayakan kucing Anda.

Kucing Dan Kodok, Youtube.com/masspro

Jika Anda melihat hewan peliharaan Anda sedang memakan kodok, sebaiknya hentikan jika memungkinkan. Rebut jika yakin kucing tidak akan ngambek.

Dalam beberapa kasus, kadangkala saat kodok tertangkap oleh kucing, ia akan kencing atau mengeluarkan lendir yang menyebabkan rasa pahit pada lidah kucing. Hal ini akan membuat kucing tidak nyaman saat mau memakan katak.

Alhasil, beberapa kucing akan melepaskannya kembali, dan beberapa lainya akan tetap menangkapnya untuk mainan. Atau untuk dibawa ke tuanya.

Menjadi wajar, jika kucing sering membawa hasil buruannya ke rumah. Karena naluri kucing memang akan selalu menjadi pemburu.

Apakah Katak Beracun Untuk Kucing ?

Tidak semua katak itu beracun untuk kucing. Karena katak memang tidak semua memiliki racun, biasanya hanya yang memiliki warna yang mengkilap. Sedangkan yang warnanya tidak mengkilap atau butek biasanya tidak beracun.

kucing makan kodok beracun
Katak Beracun

Contoh beberapa katak yang ternyata memiliki racun :

  1. Katak Panah Beracun Lebah Kuning
  2. Phantasmal Poison Dart Frog
  3. Katak Anak Panah Amazon
  4. Katak Blue Yellow Spotted
  5. Dendrobates T. Tinctorius
  6. Katak Panah Emas Beracun
  7. Cane toad
  8. Katak Biru Panah Beracun
  9. Katak Anak Panah Gelap
  10. Kodok Perut-Api Oriental

Sebenarnya untuk lingkungan desa di Indonesia, lumayan jarang ditemukannya spesies katak beracun. Jadi ketika Anda tidak bisa mengawasi kucing Anda suka memburu hewan apa pas keluar rumah.

Anda bisa lebih tenang, karena katak beracun cukup sulit ditemukan di area pemukiman.

Bahaya Kucing Makan Katak ?

Bahaya kucing makan kodok bisa bermacam macam, tergantung spesies apa yang ia makan. Dan jenis kodok beracun atau tidak.

Kucing Sakit Karena Keracunan
Kucing Sakit

Namun jika kucing Anda telah berhasil makan kodok beracun, biasanya kucing akan mengeluarkan buih dari mulutnya, pusing, gemetar, lemas, dan muntah muntah.

Kucing suka kamu kasih mie campur ayam ? Lihat Bahaya Mie Instan Untuk Kucing

Tapi jika kucing Anda memakan yang tidak beracun, maka paling untuk beberapa kucing akan muntah. Hal ini disebabkan karena ketidak cocokan kucing terhadap tekstur dan suhu katak.

Anda tentu ingat kan, katak merupakan hewan berdarah dingin yang berlendir. Sedangkan kucing merupakan hewan berdarah panas. Sehingga sangat mungkin jika mereka tidak cocok berhubungan menjadi mangsa dan pemangsa,

Apakah Kucing Yang Menjilat Kodok Juga Akan Mengalami Bahaya ?

Sebelum Kucing Anda memangsa kodok, tentu merak akan berusa menjilat dulu, untuk menentukan apakah hewan tersebut bisa di mangsa atau tidak.

Nah, disaat katak mulai terancam, biasanya mereka akan kencing dan mengeluarkan lendir yang jika dijilat kucing akan terasa pahit/tidak enak untuk kucing.

Sehingga dalam beberapa kasus, kucing tidak jadi memakannya. Lalu apakah kegiatan menjilat kodok menjadi bahaya untuk kucing ?

Tentu ini kembali lagi apakah kodok tersebut beracun atau tidak. Namun jika hanya cuma menjilat sih, biasanya tidak sampai membuat kucing keracuanan.

Berapa Lama Kucing Sembuh Dari Keracunan Katak ?

Untuk masa rehabilitasi atau masa kesembuhan kucing setelah keracunan katak tentu sangat bervariasi. Tergantung spesies apa dan seberapa parah keracunannya. Hati hati, inilah gejala kucing terkena racun.

Tapi sebaiknya pergilah ke dokter agar bisa ditangani orang yang tepat, sehingga peluang kucing sembuh, menjadi lebih besar.

Jangan terlalu menyepelakan tapi juga harus tenang, jika Anda ternyata mengalami masalah ini dikemudian hari.

Cara Mencegah Agar Kucing Tidak Keracunan Katak

Saya percaya Anda seorang penyayang binatang, yang tak mau hewan peliharaanya sakit atau bahkan mati. Namun mengurung kucing agar tidak keluar rumah dan tidak memakan kodok adalah hal buruk.

Kucing Bermain
Kucing Bermain

Artikel Terkait :

Ciri Ciri Kucing Yang Tersedak, Bagaimana Cara Menolongnya ?

Begini Ciri Ciri Kucing Yang Mau Mati

Cara Mengubur Kucing Mati Yang Benar

Karena itu juga akan menyiksa kucing. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan agar kucing tidak keracunan kodok :

  1. Latih agar kucing tidak makan kodok, melainkan hanya berburu saja. Bagaimana caranya ? Bisa dengan ucapan, atau pelan pelan rebut kodok saat kucing mau memakannya.
  2. Periksa lingkungan tempat tinggal. Apakah ada spesies kodok beracun atau tidak. Jika ada, waspadalah. Jika pelu cegah kucing main di area dekat kodok tersebut.
  3. Jangan biarkan kucing kelaparan. Jika kucing dalam kondisi kenyang. Tentu ia akan jarang berburu.
  4. Awasi jika kucing Anda dibiarkan berkeliaran diluar rumah.
  5. Jika kucing terlanjur memangsa, segeralah bawa kucing ke dokter hewan.

Demikian artikel mengenai apakah boleh kucing makan katak atau kodok, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

2 Comments

  1. Kucingku kmrin makan kodok yg warnanya hijau,gk tau namanya pokoknya yg biasanya di pohon. Dari kemarin diem aja, padahal biasanya main sma saudaranya. Dua kali muntah, tpi untungnya masih mau makan.

    1. Iyah sis, kodok memang gak bagus buat empus. Apalagi kalau empus baru pertama kali makan kodok. Kebanyakan pasti bakalan muntah. Tapi insyalloh kucing mba Rhahma bakalan baik baik saja. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!