Bolehkah Kucing Makan Kadal ? Ini Penjelasanya

kucing makan kadal
foto by australiascience.tv

Kucing adalah hewan yang suka makan daging, oleh karenanya kucing suka berburu hewan hewan kecil. Bisa kecoa, belalang, cicak, ikan, katak, tupai, tikus, jangkrik, tokek, hingga kadal.

Ngomongin soal kadal, pernahkah kamu melihat kucing sedang menyantap seekor kadal ?

Jika pernah, itu adalah hal yang wajar. Karena kucing memang hewan pemburu yang ulung. Dia akan menangkap hewan apa saja yang menurutnya pantas untuk mereka makan.

Bolehkah Kucing Makan Kadal ?

Meski tidak terlalu berbahaya, tapi sebaiknya cegah kucing makan kadal. Karena beberapa kucing malah mengalami keracunan dan sakit perut setelah makan kadal.

Anda tidak perlu mempertaruhkan resiko kesehatan kucing dengan memperbolehkan kucing makan kadal. Jadi cegah saja. Kecuali jika kucing cuma mainan saja. Maka biarkan mereka berburu untuk bermain.

Kenapa Kucing Menangkap Kadal ?

Kucing yang menangkap dan berburu kadal disebabkan karena insting alaminya yang memang menganggap kadal adalah mangsa mereka. Dalam alam liar sekalipun, kucing memang sering menangkap kadal.

kucing suka kadal
Kucing by tecake.com

Apalagi ukuranya yang jauh lebih kecil membuat kucing tak terlalu harus mengeluarkan tenaga banyak. Karena kadal tidak bisa melawan kucing.

Ini akan berbeda cerita jika kucing mau menangkap tikus, maupun katak. Selain ukuranya yang lumayan besar. Kedua hewan tersebut memang memiliki pertahan diri, sehingga kadang menyulitkan kucing.

Jaman dulu beda sama sekarang, kenali Bahaya Kucing Makan Tikus

Oleh sebab itu, wajar saja jika kucing suka menangkap kadal. Namun upayakan jangan sampai mereka memakanya.

Bahaya Kucing Makan Kadal Apa?

Kucing yang makan kadal, pada umumnya tidak mengalami bahaya apapun selama kadalnya tidak memiliki parasit. Namun jika tubuh kadal ada parasitnya, maka ini berbahaya bagi kadal, bisa bikin sakit atau keracunan.

Baca Juga Ciri Ciri Kucing Yang Mau Mati

Ada beberapa spesies kadal yang ternyata beracun dan bisa membahayakan kucing kesayangan Anda. Namun jika Anda tinggal di Indonesia, apalagi daerah padat penduduk. Jenis kadal seperti itu akan sangat sulit di temukan.

Kasus kucing mengalami gangguan kesehatan pasca memangsa kadal jarang sekali terjadi. Namun meski begitu, tetap saya ingatkan untuk tidak membiarkan hewan kesayangan Anda memakan kadal. Untuk jaga jaga saja.

Gejala Kucing Keracunan Kadal

Kucing yang mengalami keracunan kadal biasanya akan mengalami beberapa hal seperti berikut :

  • Muntah.
  • Sakit perut.
  • Kucing demam.
  • Kucing kehilangan nafsu makannya.
  • Lemas.
  • Kucing pingsan
  • Mulut kucing berbusa.
  • Kucing mati.
kucing sakit karena kadal
Kucing Muntah by facebook.com/poopeespray

Gejala tersebut tidak akan terjadi semua, melainkan beberapa saja. Tergantung penyebabnya. Kucing yang makan kadal beracun tentu akan memiliki gejala yang berbeda dengan kucing yang menyantap kadal terinfeksi.

Udah tau belum ? cara mengobati kucing keracunan yang benar

Apakah Ada Manfaat Kadal Untuk Kucing ?

Kucing dan kadal aslinya berada dalam satu rantai makanan. Hal ini berati kadal memiliki manfaat bagi kucing. Berikut beberapa manfaat yang didapat kucing :

  1. Sumber Makanan Alami. Kadal yang merupakan makhluk hidup akan berguna sebagai sumber makanan alami bagi kucing.
  2. Sumber Protein Alami. Kadal yang berhasil di makan oleh kucing akan menjadi sumber protein bagi kucing. Ini sangat berguna bagi pertumbuhan dan kesehatan kucing.
  3. Media Melatih Instaing. Kucing yang dipelihara oleh manusia, maka kegiatan berburunya akan sangat jarang. Dan ini berbahaya bagi instingnya. Oleh sebab itu, dengan membiarkan kucing berburu kadal akan membuat insting kucing tetap tterjaga.
  4. Teman Bermain Sementara. Kucing biasanya akan berusaha untuk bermain dulu dengan hasil tangkapanya. Hal ini mungkin saja disebabkan karena kucing imemang termasuk hewan yang suka bermain.
  5. Hadiah Untuk Tuanya. Beberapa kucing biasanya berperilaku baik dengan memberikan hadiah kepada tuanya. Karena ini hewan, tentu hadiahnya bukan hp maupun motor. Melainkan hewan hasil buruanya.

Udah tau belum nih, Khasiat VCO Untuk Kucing, Dari kucing jamuran hingga…

Video Kucing Makan Kadal

youtube.com/salmanandpets

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Keracunan Kadal ?

Hal yang harus Anda lakukan adalah secepatnya membawa kucing ke dokter hewan. Ini agar kucing bisa ditangani oleh orang yang tepat dengan perlatan yang memadai.

Baca Juga Manfaat Memberikan Kuning Telur Ke Kucing

Namun jika Anda tidak bisa mengjangkau dokter hewan. Anda bisa mencoba memberikan sedikit air kelapa untuk kucing. Karena air kelapa memang terkenal merupakan penawar racun alami.

Demikian artikel beserta videonya. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!