Bolehkah Kucing Makan Belalang ? Biarkan Atau Cegah

kucing makan belalang
Ilustrasi Belalang

Kucing Makan Belalang- Kucing adalah seekor hewan yang cukup malas dan senang tidur. Namun dilain sisi, ternyata kucing juga merupakan hewan yang suka berburu dan bermain. Kucing biasanya akan berburu maupun bermain dengan hewan-hewan kecil seperti burung, cicak, kecoa, belalang dan lainya.

Lalu Sebenarnya, apakah boleh jika kucing makan belalang ? Kucing boleh makan belalang. Karena di alam liarpun, belalang menjadi salah satu jenis hewan yang suka dimangsa.

Tapi bagi kucing rumahan maupun kucing peliharaan, jarang terjadi sebuah kasus kucing makan belalang. Paling-paling juga cuma diburu untuk dimainkan, kalau sudah mati ya ditinggal pergi begitu saja.

Kenapa Kucing Suka Memburu Belalang ?

Yang jelas, kucing memang identik sebagai hewan yang suka memburu. Jadi sah-sah saja jika dia memburu belalang.

Kucing biasanya akan memburu hewan-hewan kecil yang melintas diarea penglihatan kucing. Entah itu, kecoa, jangkrik, cicak, maupun belalang.

Artikel Terkait

Kucing Saya Makan Cicak, Harus Bagaimana ?

Perilaku kucing seperti itu sebenarnya bagus, karena menunjukan jika kucing kesayangan Anda normal dan sehat. Dan tentunya merupakan hewan yang cukup aktif jika dia sering bermain dengan hewan lain. Kadang juga kucing bermain-main dengan kodok.

Ilustrasi by Youtube.com/vkami

Bolehkah Kita Memberikan Belalang Ke Kucing Untuk Di Makan ?

Sebaiknya sih jangan. Loh memang kenapa ?

Karena belalang belum tentu aman bagi kucing Anda. Kecuali telah Anda goreng untuk menghilangkan racun maupun parasit yang menempel pada belalang.

Namun jika seperti itu, maka akan timbul lagi pertanyaan. Apakah kucing Anda doyan belalang goreng ?

Nah, maka dari itu, sebaiknya biarkan kucing memakan belalang saat dia berburu saja. Jangan malah sengaja Anda sediakan.

Berikan saja kucing dengan makanan yang lazimnya selama ini Anda berikan. Entah makanan kucing kemasan, ikan goreng, ayam goreng, ataupun lainya. Yang jelas, yang lazim Anda berikan saja.

Jangan mencoba hal-hal lain yang kira-kira belum tahu efeknya bagi kucing Anda.

Baca juga efek kucing makan laron apakah ada ?

Bahayakah Kucing Makan Belalang ?

Tidak, selama belalangnya sehat dan tidak membawa parasit, atau tidak pernah menghirup racun serangga.

Karena, serangga seperti belalang kadang kala membawa sejenis parasit yang dapat mengganggu kesehatan kucing. Terutama area pencernaan.

Namun, kucing biasanya sudah memiliki insting mengenai hewan apa saja yang bisa ia makan maupun yang tidak bisa ia makan.

Jadi tenang saja. Tak perlu terlalu khawatir. Apalagi kucing sebenarnya lebih sering berburu untuk bermain daripada berburu untuk memangsa.

Apalagi jika kucing peliharaan yang jika dilihat dari segi makanan telah tercukupi, maka kucing biasanya berburu hanya untuk bersenang-senang.

Apakah Belalang Bisa Bikin Kucing Muntah Atau Sakit ?

Bisa, jika ternyata belalang membawa parasit yang bahaya bagi pencernaan kucing. Terkadang juga, bagi kucing yang pertama kali makan belalang atau serangga, maka mereka akan muntah.

Namun selain muntah, gejala lain yang biasanya timbul akibat kejadian ini adalah kucing lemes, mencret, tidak nafsu makan, sakit perut dan lain sebagainya.

Lalu jika Anda dihadapkan dengan situasi ini, maka sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan. Namun jika Anda tidak memiliki akses ke dokter hewan. Maka sebaiknya Anda biarkan dahulu selama beberapa jam, semoga lekas membaik. Dan habis itu jangan sampai kecolongan lagi.

Cegah kucing agar tidak mengulangi lagi perbuatannya agar tidak sakit. Apalagi jika kucing Anda merupakan ras ras yang cukup mahal, Seperti persia, himalaya, dan lainya. Maka sebaiknya jangan biarkan seperti itu.

Artikel Terkait :

Kucing Makan Ikan tongkol, Apakah Bahaya

Sebaiknya Saya Biarkan Atau Saya Cegah ?

Nah kalau ini saya tidak mau mengintervensi kehidupan Anda. Namun saran saya, sebaiknya selama tidak menimbulkan masalah. Biarkan saja. Biarkan kucing Anda bersenang-senang dan tetap menjalankan naluri alaminya untuk menjadi seekor hewan pemburu.

Namun apabila ternyata kucing sudah mengalami hal yang mengganggu kesehatannya setelah memakan belalang. Maka sebaiknya cegah kucing untuk makan belalang agar tidak menimbulkan masalah serius di kemudian hari.

Demikian Artikelnya, Semoga Bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

error: Content is protected !!