Rincian Biaya Perawatan Kucing Dan Cara Memeliharanya

Biaya perawatan kucing – Kucing merupakan satu jenis kucing yang sangat populer dari jaman dahulu, bahkan dari jaman mesir kuno. Beberapa jenis kucing ada yang dipelihara secara pribadi oleh kaum bangswan maupun oleh para Raja terdahulu.

biaya perawatan kucing persia
Anak kucing persia

Beberapa kucing yang dahulu sering dipelihara adalah jenis persia. Namun ada juga jenis anggora yang cukup populer untuk dipelihara kaum kaum berduit jaman dulu.

Keindahan dan daya tarik yang tak tertandingi, membuat jenis kucing berbulu indah seperti kucing Persia menjadi salah satu jenis kucing yang banyak dimiliki oleh orang-orang meski harga kucing Persia terbilang cukup mahal.

Lalu sebenarnya apakah memiliki kucing yang bagus butuh biaya perawatan kucing yang mahal ?

Sebenarnya untuk besaran biaya perawatan kucing tergantung ras dan vasilitas yang akan Anda sediakan. Misalkan jika Anda ingin memelihara kucing persia, tentu biaya perawatan kucing persia bakal lebih mahal dibanding kucing kampung.

Jadi, kira kira bagaimana model perhitunganya ?

Baca Juga Cara Kucing Mengenali Majikanya, Bagaimana ?

Biaya Perawatan Kucing

Harga kucing bisa sama mahal dengan anjing, tergantung dengan jenisnya. Pemilik dapat menghabiskan biaya perawatan kucing hingga jutaan dalam setahun, dengan anggaran biaya yang lebih tinggi untuk pengobatan penyakit atau cedera.

Baik itu biaya operasi kucing usus keluar, bedah mayor kucing dan sebagainya, yang namanya perawatan kesehatan kucing itu memang mahal.

Berikut adalah beban biaya perawatan kucing yang harus Anda keluarkan setidaknya selama 1 tahun mengadopsinya :

1. Beban Tahun Pertama

Harga kucing di awal pembelian: Rp 500.000 – Rp 15.000.000

Harga vaksin kucing: Rp 600.000

Adopsi sering kali merupakan pilihan termurah saat membeli kucing. Anak kucing adopsi biasanya berharga Rp 50.000, sedangkan kucing dewasa harganya mendekati Rp 750.000. Seperti halnya anjing, kucing yang Anda adopsi dari tempat penampungan sering kali sudah mendapat vaksinasi sehingga membantu memangkas biaya pengobatan awal, yang biasanya mencakup obat cacing dan tes darah dasar.

Jika Anda lebih suka membeli dari peternak atau toko hewan, Anda bisa membayar lebih dari Rp 750.0000, tergantung pada ras dan warnanya. Jika Anda hanya mengadopsi kucing kampung, maka setidaknya Anda perlu melakukan vaksin dan sterelisasi.

2. Makanan Kucing

Biaya makan tahunan: Rp 1.150.000

biaya makanan kucing
Makanan kucing

Anda memiliki pilihan untuk memberi kucing Anda makanan kering, makanan basah atau keduanya. Makanan basah mungkin sedikit lebih mahal, tetapi ini bisa menjadi komponen penting dari makanan kucing Anda.

Daftar Makanan Kucing Bagus Dan Murah

Infeksi saluran kemih adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum pada kucing. Bahkan seringnya penyakit ini timbul karena terlalu banyak makanan kering. Bicaralah dengan dokter hewan tentang pola makan terbaik untuk kucing Anda

3. Mainan Untuk Kucing

Biaya tahunan: Rp 250.000-Rp 1.000.000

Kucing dilahirkan untuk berburu dan akan “memangsa” boneka kelinci atau tikus mainan. Punya kotak karton atau tas belanja kertas tergeletak di sekitar? Barang itu bisa membuat kucing terhibur selama berjam-jam, terutama saat Anda pergi.

Pastikan Anda menyisihkan waktu untuk bersenang-senang dengan kucing saat Anda di rumah karena hal itu membantu mengembangkan kepercayaan antara kucing dan pemiliknya.

Salah satu dari ciri-ciri kucing sayang majikannya adalah nyaman bermain dengan Anda. Buat kucing senang saat menemukan mainan interaktif yang bisa Anda mainkan berdua, seperti tongkat, boneka dan sebagainya.

4. Sampah Kucing

Biaya beli litter box : Rp 15.000 – Rp 120.000
Biaya pasir : Rp 60.000 per tahun

litter box kucing
Litter box kucing

Sayangnya, memangkas biaya untuk kotoran kucing tidak selalu menguntungkan. Jika kucing Anda lebih menyukai permadani baru atau karpet saat buang kotoran, itu mungkin berarti memberikan Anda masalah uang yang lebih besar dalam jangka panjang. Untuk itu penting untuk melatih agar kucing buang kotoran di tempat yang Anda mau. Semisal di pasir dan litter box

Ada beberapa jenis litter box yang beredar di pasaran saat ini, di antaranya yang berbahan dasar tanah liat, berbahan dasar kristal, berasal dari tumbuhan dan menggumpal. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, tetapi pada akhirnya terserah pada kucing Anda untuk memutuskan apa yang paling nyaman baginya.

5. Perawatan Dokter Hewan Rutin

Biaya tahunan: Rp 1.500.000 – Rp 5.000.000

Ajak kucing Anda untuk menjalani pemeriksaan fisik tahunan, yang dapat mencakup vaksinasi, pencegahan heartworm, dan pengobatan kutu. Untuk menghemat uang, periksakan ke klinik dokter hewan di daerah terdekat. Atau kunjungi petshop, karena kadang Ada yang menawarkan potongan harga sebagai promo.

Biaya perawatan kucing untuk kesehatan memang terbilang yang paling mahal, tapi ya sama kaya manusia bukan ?

6. Perawatan Darurat Dokter Hewan

Keadaan darurat yang tidak memerlukan pembedahan dapat menghabiskan biaya sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 10.000.000. Sementara jika kucing mengalami kecelakaan yang memerlukan pembedahan, biaya operasi kucing seringkali menghabiskan biaya hingga belasan juta rupiah.

Trauma dan infeksi saluran kemih adalah dua masalah kesehatan paling umum pada kucing. Biarkan kucing tetap di dalam ruangan untuk mengurangi kemungkinan tertabrak mobil atau diserang hewan lain. Siapkan dana darurat dengan menyisihkan sedikit uang setiap bulan untuk menutupi biaya yang tidak terduga.

7. Asuransi Hewan Peliharaan

Biaya per premi biasanya sekitar 400 ribu hingga 1 Jutaan.

Asuransi untuk kucing Anda bersifat opsional; namun, ini memungkinkan Anda untuk membeli perawatan yang baik ketika Anda mungkin tidak mampu melakukannya. Setidaknya biaya asuransi menghabiskan biaya hingga ratusan ribu. Namun, biaya premi bervariasi tergantung pada ras dan usia kucing Anda, serta lokasi Anda dan jumlah perlindungan yang Anda pilih.

Gaya hidup kucing juga merupakan faktor penting dalam memilih asuransi hewan peliharaan. Karena kucing luar ruangan lebih mungkin mendapat kecelakaan dengan kendaraan atau malah mendapat serangan oleh hewan lain, sehingga mungkin memerlukan pembedahan yang mahal.

8. Grooming

Biaya tahunan: Rp 500.000 – Rp 2.000.000

Perkiraan biaya perawatan kucing di atas hanya untuk persediaan. Biaya grooming biasanya meningkat secara signifikan untuk kucing berambut panjang. Bawalah ke tempat grooming jika bulu kucing Anda sangat kusut atau mudah rontok atau jika anggota keluarga alergi terhadap bulu kucing.

Berikut Tabel Grooming Kucing Dari GloryPetshop

Jenis GroomingRp 120.000Jenis GroomingHargaDurasi
Full Grooming Cat Short Hair 0 sampai 2.9 KGRp 70.00055 menit
Full Grooming Cat Long Hair 0 sampai 2.9 KGRp 75.00060 menit
Full Grooming Cat Short Hair 3 sampai 4.9 KGRp 85.00060 menit
Full Grooming Cat Long Hair 3 sampai 4.9KGRp 90.00060 menit
Full Grooming Cat Short Hair 5 sampai 7.9 KGRp 110.00060 menit
Full Grooming Cat Long Hair 5 sampai 7.9 KGRp 115.00060 menit
Full Grooming Cat Short Hair 8 sampai 12.9 KGRp 120.00060 menit
Full Grooming Cat Long Hair 8 sampai 12.9 KGRp 125.00060 menit
Mandi Kutu/Jamur Short Hair 0 sampai 2.9 KG Rp 120.00060 menit
Mandi Kutu/Jamur Short Hair 3 sampai 4.9 KGRp 135.00060 menit
Mandi Kutu/Jamur Short Hair 5 sampai 7.9 KGRp 145.00060 menit
Mandi Kutu/Jamur Long Hair 5 sampai 7.9 KGRp 150.00060 menit
Mandi Kutu/Jamur Short Hair 8 sampai 12.9 KG Rp 155.00060 menit
Mandi Kutu/Jamur Long Hair 8 sampai 12.9KG Rp 160.00060 menit
Tabel harga groming

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memelihara Kucing

Apakah Anda sudah menentukan jenis kucing apa yang akan dipelihara? Sebelum Anda ingin memiliki membeli kucing yang cantik dan menggemaskan, Anda perlu mencari beberapa informasi tentang pengalaman memelihara kucing jenis tersebut.

Misalkan Anda memilih kucing persia maka Anda perlu mencari informasi tentang pemeliharaanya. Atau jika Anda ingin memilih Anggora, maka Anda pun dituntu harus paham deulu mengenai seluk beluknya.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum akhirnyamemutuskan untuk membeli atau mengadopsi anak kucing :

1. Ketahui Biaya Awal

Kucing Persia atau Anggora itu mahal! Seorang peternak biasanya menghabiskan biaya perawatan kucing hingga lebih dari belasan juta lebih untuk menghasilkan anak kucing yang sehat.

Sehingga Anda perlu mempertimbangkan jenis kucing yang akan Anda pelihara nantinya.

2. Perhatikan Warna

Mungkin sulit untuk mendapatkan warna anak kucing yang paling Anda inginkan. Abu-abu dan beige tampaknya paling populer. Jika Anda ingin kucing Anda memiliki warna tertentu, bersabarlah dalam mendapatkanya.

Atau Lihat Macam macam warna kucing ? untuk lebih jelasnya.

3. Cari Peternak yang Terpercaya

Anda mungkin perlu membina hubungan yang baik dengan peternak di sekitar Anda untuk mendapatkan kucing dengan gen yang bagus! Perhatikan pula cara membeli kucing secara online agar Anda tidak tertipu. Carilah peternak atau toko yang menjual berbagai macam kucing dengan benar dan terpercaya.

Anda juga bisa pergi ke event pertunjukan kucing Persian atau event kucing lainya. Event-event seperti itu bisa memberikan Anda kesempatan untuk bertemu peternak kucing handal. Mungkin saja ada beberapa anak kucing yang tersedia untuk Anda beli dari para peserta.

4. Siapkah untuk Rajin Menyikatnya?

Kucing perlu disikat setiap hari. Apakah Anda siap untuk menyikat kucing Anda setiap hari? Jika kucing Anda berbulu kapas, yang merupakan jenis bulu yang sangat lembut, maka sangat penting untuk mengikat bulunya dan rajin menyikatnya.

Jika bulu melingkari perut dan di bawah lengan dan kaki tidak diikat, maka itu bisa menarik kulit lembutnya.

5. Siapkan Biaya untuk Mandi

biaya mandiin kucing
Memandikan kucing

Idealnya, kucing membutuhkan mandi rutin setiap bulannya. Anda perlu mencari grooming kucing terdekat atau jika tidak mempunyai biaya, maka Anda bisa menggunakan bedak bayi untuk menghilangkan minyak dan mengurai simpul. Gunakan sampo khusus untuk mencerahkan warna dan pastikan agar sampo tidak terkena wajahnya.

Cara memandikan kucing yang benar

Contoh untuk jenis kucing Persia yang memiliki warna lebih gelap, gunakan sampo yang bisa meningkatkan warna. Setelah itu gunakan kondisioner. Teknik perawatan sangat bervariasi, tetapi pada akhirnya Anda akan menemukan teknik yang cocok untuk Anda dan kucing Anda.

Bagaimanapun cara Anda melakukannya, mandi setiap bulan sangat penting untuk menjaga bulu kucing Anda tetap bersih dan bebas dari kusut. Biaya perawatan kucing untuk mandi biasanya menghabiskan sekitar Rp 200-300 ribuan.

6. Siapkan Biaya untuk Grooming

Meskipun Anda menyikat kucing Anda setiap hari, Anda tetap harus membawa kucing Anda ke salon grooming. Lalu grooming kucing berapa kali sebulan? Jawabannya adalah setiap 6 bulan hingga satu tahun.

Apakah Anda siap untuk menghabiskan biaya perawatan kucing untuk grooming sekitar Rp 50.000-Rp 100.000 per satu kali kunjungan?

7. Kucing Berwajah Datar vs. Berwajah Tradisional

Ada bermacam jenis wajah kucing tergantung Rasnya. Contoh untuk Kucing persian memiliki dua jenis wajah, yakni yang berwajah datar dan tradisional. Nah, yang paling populer di Indonesia adalah jenis kucing yang berwajah datar. Namun, adapula sebagian orang yang lebih menyukai jenis Persia dengan wajah yang masih asli.

8. Pertimbangkan Masalah yang Berkaitan dengan Mata dan Hidung

Bentuk mata dan hidup tentu ikut mempengaruhi tingkat kelucuan seekor kucing. Misalkan seperti pada kucing Persia yang berwajah datar tentu terlihat sangat lucu, namun jenis ini sering mengalami masalah mata dan pada area wajahnya. Selain itu juga kadang memiliki masalah dengan hidungnya ( tersumbat ). Beberapa kucing Persia yang berwajah datar menghadapi masalah kesehatan dalam jangka panjang dan jika sudah parah biasanya akan menghabiskan banyak biaya operasi kucing.

Belum lagi biaya rawat inap kucing sakit yang juga mahal. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan hal ini. Sementara untuk jenis kucing Persia tradisional memiliki struktur hidung yang memungkinkan pengairan dan pernafasan yang lebih baik. Harap Anda catat, semakin datar wajah kucing Persia Anda, semakin besar kemungkinan kucing ini mengalami alergi dan pilek.

Untuk bagian mata kucing juga perlu rutin di bersihkan. Seperti Kucing Persia tradisional yang perlu sering kalian bersihkan karena rentan terhadap kotoran mata.

Jadi bila Anda ingin lebih bagus, maka sebelum mengadopsi, Anda mungkin bisa melakukan sterelisasi. Biaya steril kucing umumnya berkisar hingga Rp 600.000.

Wah, mahal juga ya biaya perawatan kucing? hehehe

9. Siapkan Ruangan untuk Kucing

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang paling banyak dijinakkan dari semua jenis hewan. Dan dengan keberagaman Ras kucing membuat sifat jinak masing masing kucing berbeda.

Misal jika Anda pernah memelihara banyak kucing kampung, maka ketahuilah, bahwa sifat antara kucing kampung dan kucing kucing peternakan sangatlah berbeda.

Kucing peternakan seperti persian bukan kucing luar ruangan yang suka pergi. Jenis kucing ini lebih suka berdiam di dalam ruangan karena pernah dimiliki oleh raja dan selir sehingga menurut sejarah, kucing ini pantas mendapatkan kehidupan yang tenang.

Ya, itulah kehidupan yang harus Anda berikan untuk membesarkan kucing. Anda perlu tahu mulai dari harga, watak, tubuh, hingga histori dari Ras kucing.

Contoh Ras Persia tentu cenderung sangat lembut tubuhnya dan temperamental wataknya. Tak hanya itu, mereka juga nyatanya sangat gugup tentang bahaya dan bahkan bisa bersuara keras sehingga tidak cocok hidup dengan kucing kampung.

Cara Merawat Kucing

Apabila Anda merasa belum siap untuk mengadopsi kucing dari peternakan yang meliki gen bagus, karena ternyata starter pack memelihara kucing jenis ini banyak sekali dan membutuhkan banyak biaya. Maka Anda bisa memulainya dengan merawat kucing kampung. Biaya perawatan kucing tentunya tidak semahal kucing dari peternakan terpercaya dan cara merawat kucing kampung juga jauh lebih mudah.

Dalam hal membesarkan anak kucing, filosofinya sangat mirip dengan membesarkan anak. Jika Anda memberikan perawatan dan pelatihan yang tepat saat masih kecil, maka itu akan memudahkan Anda dalam merawat kucing.

anak kucing
Kitten

Sebagaimana bayi manusia memiliki kebutuhan yang sangat berbeda dengan kebutuhan remaja, anak kucing juga memiliki perawatan yang berbeda dari kebutuhan kucing yang sepenuhnya dewasa. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan berbagai tahap perkembangan anak kucing saat merawatnya:

1. Di bawah usia 8 minggu

Anak kucing harus tetap bersama ibunya. Oleh sebab itu, anak kucing yang masih kecil ini tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri, anak kucing bergantung pada panas tubuh satu sama lain untuk bertahan hidup.

Selain itu, anak kucing masih mengembangkan koordinasi penglihatan dan kaki. Jika Anda mengadopsi atau mengasuh anak kucing tanpa ayah dan ibu dalam kelompok usia ini. Maka perhatian khusus perlu diberikan, termasuk memberi makan anak kucing dengan botol setiap dua jam.

Berikan makan dengan botol selama 4 minggu hingga usianya mulai tumbuh. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan petunjuk dan saran khusus.

Baca Juga takaran susu untuk anak kucing

2. Usia 8-11 minggu

Anak kucing biasanya disapih setelah 8 minggu dan harus mengkonsumsi makanan anak kucing yang padat energi, kaya protein, dan mudah dicerna. Baik memilih makanan kering atau basah, pastikan makanan itu formulasinya khusus untuk anak kucing. Perubahan besar lainnya akan mulai terjadi selama periode ini juga.

Saat anak kucing Anda mulai mengembangkan keterampilan motorik yang kompleks, ia akan berlari, melompat, bermain, dan menjelajah. Ini adalah masa yang menyenangkan sebagai anak kucing, tetapi juga masa yang bisa berbahaya bagi anak kucing Anda jika dia tidak diawasi dengan tepat. Mulailah menetapkan batasan untuk anak kucing Anda dan tempatkan dia di ruangan tertutup yang aman sehingga Anda bisa mengawasinya.

3. Usia 2 – 4 bulan

Ini adalah fase pertumbuhan yang cepat untuk anak kucing karena ia akan memiliki energi hampir 3 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kucing dewasa. Bahkan kucing berada pada usia ini membutuhkan 3 hingga 4 kali makan setiap hari selama waktu ini dan makanan harus mengandung minimal 30% protein berkualitas tinggi.

4. Usia 4- 6 bulan

Anak kucing dalam kelompok usia ini mencapai masa remaja dan, dengan demikian, memiliki kematangan seksual. Bicaralah dengan dokter hewan tentang meminta anak kucing untuk Anda sterilkan / kebiri sebelum anak kucing mencapai tahap ini. Anda perlu melakukan sterilisasi untuk menghindari kebiasaan tidak menyenangkan seperti mengeluarkan kotoran yang tidak disengaja.

Memang, biaya perawatan kucing terbilang cukup mahal. Maka dari itu, Anda harus menyisihkan sedikit biaya per hari untuk Anda kumpulkan sehingga jika ada kebutuhan apapun pada kucing Anda, ada biaya yang bisa catslovers gunakan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!