Berapa Kali Kucing Mandi Dalam Seminggu ? Dan Caranya Gimana ?

Kucing merupakan hewan yang tidak terlalu suka dengan air, oleh sebab itu sudah sangat umum bila para pemelihara kucing kesuitan saat akan memandikan kucing. Lalu sebenarnya berapa kali kucing mandi yang bagus ?

berapa kali kucing mandi
Kucing Mau Mandi

Kucing dewasa sebaiknya di mandikan sekitar satu minggu hingga dua minggu sekali agar tetap terjaga kebersihanya. Intinya sih jangan terlalu sering. Kecuali jika kucing sangat kotor, maka wajib dibersihkan dengan segera.

Berapa kali kucing mandi sebenarnya harus di sesuaikan dengan perilaku dan keadaan kucing. Bagi yang tinggal di dalam rumah, bisa 2 minggu sekali. Namun jika kucing sering kotor maka harus lebih sering, agar keadaan kucing tetap bersih.

Cara Memandikan Kucing Yang Benar

Untuk memandikan kucing umumnya ada sedikit perbedaan antara yang sudah terbiasa dengan yang belum terbiasa, kali ini saya sedikit share tentang cara memandikan kucing dewasa yang benar , berikut cara lengkapnya :

1. Siapkan Air Hangat

Sebenarnya tidak harus, hanya saja agar tidak kedinginan jika pakai air normal.

Siapkan air hangat tapi jangan terlalu panas, mungkin sekitar 35-39 derajat sudah cukup, karena jika kepanasan juga malah nanti kucingnya lari.

Bila perlu ajaklah teman atau saudara untuk membantu memandikan kucing. Karena jika berdua akan lebih mudah dan bisa bagi-bagi tugas. Misal yang satu memegangi kucing dan yang satunya lagi bertugas memandikan kucing. Lebih mudah bukan ?

2. Siapkan Pijakan Yang Aman

memandikan kucing
Kamar Mandi

Ini jarang dibahas, padahal sangat penting. Seperti yang kita tahu, kucing adalah hewan yang tergolong aktif jika dimandikan. Kemungkinan dia akan memberontak dan lari sangatlah besar.

Oleh sebab itu, usahakan pijakan aman dan tidak licin, agar saat kucing berontak atau lari, tidak akan membuatmu kepleset saat bergerak dengan tiba-tiba.

Jangan sampai niat hati mau memandikan kucing malah berujung petaka yang tidak diinginkan.

3. Basahi Tubuh

Jika memungkinkan gunakan selang semprot saat memandikan kucing, ini diperlukan agar memudahkan dalam prosesnya. Namun jika tidak punya, cukup gunakan gayung dan ember.

alat mandi kucing
Shower

Tapi berhati-hatilah agar air tidak mengenai telinga, mata, dan hidung kucing. Karena itu area yang cukup sensitif dan penting. Jadi harus hati-hati saat membersihkanya.

Sebaiknya bersihkan area tersebut saat terakhir saja, jangan di awal.

4. Oleskan Sampo

Tahap selanjutnya adalah mengoleskan sampo agar bulu kucing sehat dan tidak berkutu. Gosokan secara perlahan dengan lembut agar kucing nyaman tidak memberontak. Baca juga bahaya bulu kucing yang tidak sehat bagi manusia.

Dan hati-hatilah agar sampo tidak mengenai mata, karena itu sangat menyakitkan untuk kucing. Kita bisa berkaca pada diri sendiri, saat sedang mandi dan terkena sampo maka mata kita akan terasa sangat perih. Jadi berhati-hatilah.

Nah, yang perlu di ingat adalah selalu gunakan sampo khusus kucing dan jangan gunakan sampo manusia untuk bulu kucing.

Karena itu bisa merusak kesehatan bulu kucing. Hal itu tentu logis, karena bahan sampo hewan dengan manusia tentu beda. Jadi hindari penggunaan sampo manusia untuk hewan.

Banyak toko perlengkapan hewan yang menjual sampo khusus, Anda bisa mencarinya disana. Namun apabila Anda malas keluar rumah untuk mencari, Anda bisa membeli produk tersebut secara online di marketplace.

Baca Juga Shampo manusia sebagai pengganti shampo kucing apakah boleh ?

5. Bilas Dengan Lembut

Setelah selesai memberikan sampo, maka saatnya Anda membilas bulu kucing. Ambilah air secukupnya, dan guyur secara perlahan, atau enaknya bisa pakai selang. Baca juga cara melebatkan bulu kucing.

Namun saat akan mengguyur kepala, berhati-hatilah agar tidak mengenai mata kucing secara langsung. Kalau bisa, sebaiknya area kepala dibersihkan pas terakhir saja.

Pastikan busa pada bulu kucing benar-benar telah bersih, sebelum Anda mau menyelesaikan proses memandikan kucing.

6. Bersihkan Area Kepala

Area kepala meliputi wajah, mata, hidung, mulut, dan telinga. Bersihkan area sekitar wajah, mata, hidung dan mulut secara hati-hati menggunakan air. Dan khusus area telinga, Anda bisa bersihkan menggunakan kapas atau cutton bad.

7. Keringkan Dengan Handuk

Handuk untuk kucing
Handuk

Setelah memastikan kucing telah bersih, maka saatnya mengerinkan bulu kucing dengan handuk. Karena jika bulu kucing tetap basah, selain tidak enak dipandang, juga bisa menyebabkan kucing menjadi sakit, seperti kucing masuk angin dan sebagainya.

Jadi usahakan bulu kucing kering secepatnya. Bila diperlukan gunakan pengering rambut, atau jemur kucing di bawah sinar matahari agar bulunya cepet kering.

8. Kasih Hadiah

Jika perlu, beri hadiah berupa makanan atau yang lainya, agar kucing ketika akan dimandikan lagi tidak memberontak dan nurut.

Catatan : Sebenarnya kucing bisa melakukan mandi sendiri menggunakan jilatan lidah. Aktivitas menjilat badan, sebenarnya merupakan cara alami kucing untuk membersihkan tubuhnya. Jadi mandikan kucing jangan terlalu sering, kecuali jika kucing Anda sering sekali kotor.

Demikian artikel mengenai berapa kali kucing mandi dalam seminggu. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!