Berapa Berat Badan Ideal Kucing, Cek Yuk ?

berat badan ideal kucing
berat kucing by imgur.com

Mengetahui berapa berat badan ideal kucing adalah penting untuk mengontrol kesehatannya. Karena dengan mengetahui berapa timbanganya, maka kamu bisa menentukan apakah kucing Anda termasuk gemuk atau malah kurus.

Sebenarnya berat badan ideal kucing itu bervariasi tergantung jenis. Namun rata-rata berat idealnya adalah 4 kg – 4.5 kg. Dengan berat terbesarnya 11 kg dan berat terkecilnya adalah 2.2 kg.

Tentu tidak semua jenis kucing memiliki timbangan ideal segitu. Seperti kucing jenis maine coon yang bobot tubuhnya berkisar antara 5 kg – 11 kg. Melebihi bobot rata-rata ideal kucing.

Berat Badan Ideal Kucing Berdasarkan Ras

  1. Ras Kucing Persia ( 3,1 – 5,5 kg )
  2. Kucing Kampung / domestik ( 4 kg – 5 kg )
  3. Ras Anggora ( 3,5 – 5 kg jantan ) (2,5 kg – 4 kg betina )
  4. Ras Birma -( 3,1 kg – 6,3 kg )
  5. Kucing Domestic short hair ( 3,6 kg – 5,5 kg )
  6. Ras Domestic long hair ( 3,6 kg – 5,5 kg )
  7. Ras Maine coon ( 5 kg – 11,3 kg )
  8. Abisinia ( 4 kg – 6,8 kg )
  9. Kucing Sphynx ( 4 kg – 5 kg jantan ) ( 3 kg – 5 kg betina )
  10. Kucing siam ( 3,1 kg- 6,3 kg )
  11. Ragdoll ( 3,8 kg -8,1 kg )
  12. Kucing Russian Blue ( 3,1 kg – 6,8 kg )
  13. Exotic shorthair ( 3,6 kg – 5,8 kg )
  14. American shorthair (3,6 kg – 6,8 kg )
berat ideal kucing
Kucing

Untuk menentukan berapa idealnya timbangan badan si kucing bisa dilakukan dengan mengetahui rasnya. Dimana ketika Anda tahu kucing Anda berasal dari ras mana. Maka Anda bisa mencari informasi mengenai berat rata-rata kucing tersebut.

Kayak semisal kucingmu itu termasuk ras kampung. Dan berat ideal ras Kampung adalah 4 sampai 5 Kg. Maka jika kucing kamu memiliki timbangan 4.5 Kg, sudah bisa dikatakan ideal.

Atau misal kucing anggora kamu memiliki berat 4.5 Kg maka itu juga bisa bilang sudah ideal.

Berat Badan Kucing Berdasarkan Umurnya

  1. Umur 0-6 minggu = kurang dari 0, 35 kg.
  2. Umur 6-7 minggu = 0,35 – 0,7 kg.
  3. Kucing umur 7-8 minggu = 0,4 – 0,9 kg.
  4. Umur 3 bulanan = 1 kg – 1,5 kg
  5. Kucing Remaja = 1,5 – 3,5 kg
  6. Kucing Dewasa = 3,5 – 5,5 kg.

Baca juga takaran susu yang benar untuk bayi kucing yang benar.

Usia kucing pada umunya bisa sampai belasan tahun. Pada masa perkembanganya menuju kucing dewasa. Biasanya bayi kucing akan terus mengalami penambahan pada massa tubuhnya. Oleh sebab itu, selain menggunakan ras, Anda juga bisa menerapkan berat kucing berdasar usia.

Misal umur kucing kamu adalah 4 bulan, maka jika beratnya 1.55 Kg maka ideal. Ini sesuai dengan rata rata timbangan kucing umur segitu.

Atau jika kucingmu yang berusia 5 bulan memiliki berat 1.6 Kg . Maka termasuk ideal. Sebaliknya jika beratnya mencapai 1.9 Kg maka sudah masuk kategori gemuk.

Bentuk Badan Ideal Seekor Kucing

bentuk badan ideal kucing
bentuk kucing by kittencare.com

Selain dengan cara menimbang, cara untuk mengetahui apakah kucing Anda gemuk atau tidak. Bisa di lihat dengan cara melihat bentuk tubuhnya. Berikut ciri – ciri bentuk ideal kucing :

  1. Kucing Kurus. Ciri-cirinya adalah tulang rusuk terlihat jelas, yang kedua tulang pundak terlihat / tidak cukup daging. Kemudian yang ketiga adalah tulang belakang kucing terlihat dengan jelas. Baca Juga Cara Menggemukan kucing.
  2. Kucing Ideal. Ciri-ciri pertama adalah tulang rusuk tidak terlihat, namun saat di pegang akan terasa. Yang kedua, tulang belakang dan tulang pundaknya terlihat, namun samar-samar tidak tajam seperti kucing kurus.
  3. Kucing Gemuk. Ciri-ciri pertama ialah tulang rusuk tidak terlihat, dan saat di pegang tidak terlalu berasa, karena kulitnya tebal. Lalu yang kedua adalah bagian pundak kucing yang terlihat tumpul seperti tidak ada tulangnya. Kemudian bentuk perut dan badanya juga akan bulat, layaknya kucing hamil, meski tidak sebesar itu, hanya mirip saja. Baca Juga Cara Menurunkan Berat Kucing.

Tinggi Badan Ideal Kucing

Tinggi badan kucing dewasa secara umum adalah sekitar 23 cm sampai 25 cm. Namun beberapa ras juga memiliki tinggi yang berbeda.

Seperti Ras Persia, memiliki tinggi berkisar 20 cm sampai 25 cm. Sedikit berbeda dengan rata rata tinggi kucing secara umum.

Asalkan kucing Anda memiliki tinggi tak jauh dari itu, biarkan saja, itu normal. Kecuali jika selisihnya jauh, baru patutu dipertanyakan.

Jenis Kucing Yang Berpeluang Menjadi Gemuk

Ada beberapa jenis kitten yang dapat mengalami kenaikan berat secara signifikan dalam beberapa waktu. Ini akan menjadikan kucing tersebut menjadi kucing gemuk atau parahnya malah obesitas. Berikut kucing yang berpeluang menjadi gemuk :

  • Kucing jantan.
  • Ras Eropa yang berbulu pendek, dan bukan ras murni.
  • Kucing dalam ruangan dengan akses terbatas untuk olahraga dan bermain.
  • Berusia 5 sampai 10 tahun dengan tingkat aktivitas yang kurang.
  • Kucing yang dikasih makan secara bebas dan melebihi dari yang direkomendasikan.
  • Empus manja yang malas bergerak.
  • Kucing yang sudah disterilkan. ( Ini bisa memicu kenaikan berat timbangan yang cepat ).

Cara Menggunakan Kalkulator Berat Badan Kucing Online

Untuk mengetahui apakah berat badan kucing Anda termasuk ideal atau tidak, bisa dilihat melalui umur dan rasnya menggunakan kalkulator online, yang proses hitunganya menggunakan website. Sehingga nanti Anda akan tahu kucing Anda gemuk atau tidak. Berikut caranya :

  1. Kunjungi https://www.petmd.com/healthyweight.
  2. Pilih “i have a cat” atau ” saya mempunyai seekor kucing”.
  3. Isi Nama kucing Anda pada “My Cat’s Name “.
  4. Lalu isi ras kucing anda pada “My Cat’s Breed”.
  5. Kemudian isi umur kucing dalam bulan atau tahun pada ” My Cat’s Age “
  6. Selanjutnya isi berat kucing pada “My Cat’s Weight”, tapi dalam bentuk lbs. Ubah kg ke lbs di sini
  7. Terakhir klik ” See results “
petmd situa berat badan ideal kucing
Situs berat badan kucing online

Jadi misal kamu ingin tahu apakah kucing kampung kamu yang berusia 8 bulan termasuk ideal atau tidak. Maka bisa menggunakan kalkulator berat kucing ini. Dan lihatlah hasilnya.

Apabila kucing Anda dinyatakan ideal maka bersukurlah, berarti Anda telah sukses merawat kucing dengan benar sehingga membuat kondisi badan kucing normal.

Baca Juga cara kucing mengenali dan mengetahui majikannya.

Namun apabila ternyata gemuk, lalu apa yang harus dilakukan ? Jika Anda ingin membuatnya ideal, karena takut kucing menjadi obesitas, diabetes, lipidosis hati, artritis atau terkena penyakit lain. Maka usahakan kurangi jatah makan kucing secara perlahan. Atau Anda bisa membaca artikel mengenai cara mengatasi kucing yang kegemukan.

Lalu jika ternyata kucing Anda kurus dan ingin dijadikan menjadi ideal, bagaimana ? Maka Anda perlu memberikan makan dan gizi tambahan pada kucing. Ini perlu Anda lakukan untuk mendongkrak berat mereka. Anda juga dapat membaca artikel mengenai cara mengatasi kucing yang kurus agar menjadi ideal untuk mendapatkan lebih banyak tips.

Baca Juga merek makanan penggemuk kucing yang ampuh

Demikian Artikel dari kami. Semoga Bermanfaat yeah.

Ani

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!