Benarkah Whiskas Mengandung Babi ? Muslim Wajib Tahu

whiskas mengandung babi
Whiskas by shopee.co.id

Bagi pemilik kucing yang beragama islam, mungkin pernah memiliki pertanyaan pada hatinya mengenai apakah whiskas mengandung babi atau tidak. Terlebih whiskas merupakan produk yang dimiliki oleh orang asing. Lalu sebenarnya, apakah whiskas mengandung babi ?

Jika Anda lihat pada bagian kemasan Whiskas, maka di situ tidak ada keterangan bahwa whiskas komposisinya dari babi. Sehingga bisa kita simpulkan whiskas tidak mengandung babi sama sekali.

Sudah tau belum ? Kelebihan whiskas itu apa saja ?

Apakah Whiskas Halal ?

Dengan tidak adanya keterangan babi pada komposisi kemasan whiskas, maka bisa kita simpulkan whiskas halal dan boleh Anda beli. Dan dengan tidak adanya bahan babi pada whiskas. Ini berarti aman bagi muslim.

Komposisi Whiskas Apa Saja ?

komposisi whiskas yang mengandung babi
Komposisi whiskas

Untuk bahan baku whiskas sebenarnya tergantung dari variannya. Namun dalam situs resmi whiskas. Komposisi whiskas secara umum terdiri dari bahan bahan mentah seperti :

  • Daging sapi
  • Olahan daging unggas
  • Ikan
  • Sayuran ( misalnya : Wortel, kacang polong, dll )
  • Sereal (beras, dll ),
  • Jeroan
  • Vitamin dan mineral

Catatan : Meski dalam situs resmi whiskas luar negri, mereka mengatakan menggunakan babi. Namun dalam kemasan makanan yang tersebar pada pasar Indonesia, tidak ada keterangan mengandung babi. Oleh sebab itu saya mengikuti keterangan yang ada dalam kemasan.

Berencana kasih vitamin ? Ketahui dulu Dosis Vitamin Madu Untuk Kucing

Makanan Yang Mengandung Babi, Apakah Bahaya Untuk Kucing ?

Saya rasa meski makanan kucing terindikasi mengandung babi, namun ini tidak akan berbahaya bagi kucing.

Terbukti dengan banyaknya makanan kucing yang terbuat dari babi dan malah laku di pasaran.

kucing lagi makan
Kucing sedang makan

Namun yang perlu Anda ingat, tidak semua kucing bisa suka atau doyan dengan suatu produk makanan, termasuk juga untuk produk makanan yang mengandung babi.

Karena itu semua tergantung selera dan rasa yang kucing suka. Jadi usahakan jika kucing doyan silahkan lanjutkan, namun jika terlihat enggan memakannya, lebih baik ganti dengan produk lain. Baca juga daging sapi untuk kucing bagaimana ?

Apakah Semua Produk Whiskas Bebas Babi ?

Sampai di terbitkannya artikel ini, saya belum menemukan fakta yang akurat. Jadi bisa iya bisa saja tidak. Anda bisa menanyakanya langsung ke bagian Costumer Service di laman resminya jika berkenan.

Namun whiskas yang beredar di Indonesia tidak pernah ditemukan berbahan babi di bagian kemasan belakangnya. Entah memang benar tidak ada babinya atau hanya tidak di berikan keterangannya.

Kenapa Kemasan Whiskas Di Indonesia Tidak Tertera Kata Babi ?

Seperti yang sudah myhewan katakan tadi, admin tidak mengetahui kenapa pihak perusahaan tidak mencantumkannya babi pada kemasannya. Entah karena whiskas Indonesia diproduksi khusus tanpa babi atau hanya sengaja tidak dicantumkannya. Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim yang cukup sensitif dengan babi.

Whiskas Indonesia
whiskas Indonesia

Hanya pihak whiskas yang mengetahui kebenaranya. Karena informasi ini tidak bisa ditemukan dalam situs resminya.

Baca juga berapa harga whiskas di alfamart ?

Makanan Kucing Yang Mengandung Babi, Apakah Ini Boleh Untuk Muslim ?

Tentu suatu makanan hewan terbukti benar benar mengandung babi, maka sebaiknya jauhkan makanan ini dari tempat suci. Dan apabila terkena tubuh, maka Anda harus membersihkan tubuh Anda layaknya najis. Yaitu mencucinya dengan air sebanyak 7 kali atau dengan tanah. Karena babi dalam islam termasuk najis.

Terlebih lagi apabila Anda mendapatkannya dengan cara jual beli, maka hukumnya tidak boleh. Karena dalam syariat segala najis tidak boleh diperjualbelikan. Termasuk babi jadi tentu Anda harus menghindarinya.

Sedangkan hukum kucing memakan babi adalah sah sah saja. Karena hewan tidak terkena syariat Islam. Maka tidak masalah.

Yang jadi masalah justru adalah kita sebagai pemiliknya dimana kita tidak boleh membeli makanan kucing yang mengandung babi karena najis. Dan pula tidak boleh menyentuhnya.

Walau bagaimanapun bentuknya produk dari babi tetap najis. Sebaiknya Anda beralih ke makanan kucing yang terbebas dari babi.

Udah tau belum ? ikan tongkol untuk kucing apakah aman ?

Apakah Saya Harus Mengikuti Keterangan Versi Kemasan Atau Situs ?

Jika Anda sudah terlanjur mempunyai kucing yang doyan whiskas, maka sebaiknya teruskan saja sampai Anda mendapat informasi dari pihak whiskas secara resmi. Karena adanya perbedaan informasi antara situs resminya whiskas dengan komposisi kemasanya.

Atau Anda bisa hubungi langsung dengan segera dan tanyakan soal keluhan Anda perihal komposisi daging babi.

Makanan Kucing Tidak Mengandung Babi

Ada satu merek makanan kucing yang telah terbukti bersertifikat MUI yaitu merek Power Cat. Jadi ini sudah jelas halal. Dan untuk Anda yang berstatus penjual maupun pembeli dari power cat tidak perlu khawatir akan terkena najis dan dosa. Karena ini sudah resmi dihalalkan oleh MUI.

powercat by tokopedia.com

Bagi yang muslim, bisa mencobanya. Atau Anda bisa cari tahu daftar makanan kucing halal pada website kami.

Intinya jika Anda memang seorang muslim dan takut ada kandungan babi dalam merek ini, Anda bisa mencoba produk lain yang sudah halal. Tapi meski produk makanan kucing mengandung babi namun secara keamanan, ini aman untuk kucing. Semoga bermanfaat.

Referensi :

https://umma.id/post/hukum-memberi-makan-kucing-dengan-makanan-yang-tercampur-babi-394437?lang=id

https://www.whiskas.co.uk/kit/whats-in-whiskas-cat-food-and-how-is-it-made

Update 30 Oktober 2020

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!