Bahayakah Kucing Makan Tahu Dan Tempe ?

Kucing Makan Tahu Dan Tempe
Ilustrasi Kucing Makan Tahu

Pernahkah Anda melihat kucing makan tahu maupun tempe ? Jika pernah, itu merupakan hal yang wajar untuk saat ini. Meski kucing disebut-sebut merupakan hewan karnivora.

Namun bagi kucing kampung maupun kucing peliharaan, nampaknya identitas sebagai hewan karnivora telah lenyap. Karena telah berubah identitas menjadi hewan omnivora. Yaitu pemakan daging dan tumbuhan.

Lalu Bahayakah jika kucing makan tahu dan tempe ?

Membiarkan kucing makan tahu maupun tempe adalah tidak apa-apa. Karena kedua makanan tersebut memiliki gizi yang tinggi. Namun sebaiknya tetap dipadukan dengan daging.

Mengapa harus dipadukan ? Karena untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing. Apalagi tidak semua nutrisi yang dibutuhkan ada dalam produk kedelai ini.

Suka ngasih ikan pindang atau tongkol ? Sebenarnya boleh atau nggak bagi kucing ?

Meski tahu dan tempe mengandung protein, tapi hanya sedikit saja. Jadi sebaiknya tambah kebutuhan protein harian kucing dengan daging-dagingan. Seperti daging ikan, hati ayam, atau makanan lain yang lazim Anda berikan.

Ilustrasi by Youtube.com/divasyaratv

Cara membuat makanan kucing dari tempe

Apakah Semua Kucing Suka Tahu Dan Tempe ?

Tidak, tidak semua doyan. Hanya segelintir saja. Terutama kucing kampung liar. Yang biasa makan dengan cara menunggu sisa makanan manusia.

Jika Anda memiliki kucing dengan ras bagus, tentu mereka tidak suka makanan ini. Tapi memang lebih baik untuk tidak melatih kucing makan tahu dan tempe. Meski tidak berbahaya tapi sebaiknya jangan.

Kecuali jika memang kucing suka atas inisiatifnya sendiri. Maksudnya secara tidak sengaja Anda melihat hewan peliharaan Anda makan tahu. Maka biarkan saja, karena tidak berbahaya.

Khusus untuk kucing ras, sebaiknya jangan, meski misalnya ada yang doyan. Kenapa ? Biar gak merusak nilainya.

Apalagi jika suatu saat Anda ingin menjualnya, lalu si calon pembeli melihat kucing Anda doyan tahu. Maka tidak semua calon pembeli mau menerima kondisi tersebut.

Cara Menyajikan Tahu Dan Tempe Kepada Kucing

Jika Anda merupakan pemelihara kucing atau Anda hanya seseorang yang sesekali melihat kucing berkeliaran di sekitar rumah, dan ingin ngasih makanan. Maka Anda dapat memberikan tahu maupun tempe kepada kucing. Namun jangan kasih yang mentah yah. Berikut beberapa triknya :

  1. Kasih Kucing Tahu Dan Tempe Yang Udah matang. Kenapa harus matang ? Karena kalau masih mentah bahaya. Jadi sebaiknya kukus atau rebus saja terlebih dahulu. Baru nanti kasihkan ke kucing.
  2. Campur ikan dan nasi. Trik selanjutnya yaitu Anda bisa memberikan kucing dengan nasi yang dibuletin terus di campur sedikit ikan dan tahu. Pasti kucing mau. Cara seperti ini kayaknya sudah turun temurun. Hehehe soalnya saya juga diajarin orang tua. Tapi kalau yang dari kecil, kucingnya terbiasa gak makan nasi. Sebaiknya jangan. Takut gak cocok.
  3. Selipin makanan kemasan seperti whiskas. Gunanya biar bau tahu goreng menyerupai whiskas.

Artikel Terkait

Bolehkah Membiarkan Kucing Makan Mie ?

Cara Memberikan Kuning Telur Ke Kucing

11 Makanan Kucing Kampung Yang Paling Pas Untuk Mereka

Manfaat Tahu Dan Tempe Untuk Kucing

Manfaat yang pertama adalah tahu dan tempe bisa menjadi makanan sumber protein alternatif yang mudah Anda dapatkan. Apalagi hampir semua warung sayuran menjualnya.

Tak hanya itu, kandungan serat dan miikroorganisme dalam tempe juga dapat membantu menyehatkan pencernaan kucing.

Itu semua terasa wajar, pasalnya tahu dan tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang-kacangan ( kedelai ). Maka tentu makanan ini mengandung protein dan beberapa vitamin yang baik bagi kesehatan.

Bahkan manfaat lain dari tempe adalah bisa dijadikan makanan pengganti saat kucing diare.

Baca juga makanan yang baik untuk kucing mencret.

Demikian artikel mengenai bahayakah kucing makan tahu dan tempe, semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

2 Comments

  1. Kasih tempe / tahu ke kucing harus dengan proses rebus / kukus bukan GORENG, FYI untuk orang orang pemula yg baca ini KUCING TIDAK TOLERAN DENGAN MINYAK KARENA DAPAT MEMBUAT BULU RONTOK & NASI DAPAT MEMBUAT MASALAH PADA KINERJA ORGAN KUCING makanan basah SANGAT BAIK untuk kucing & kucingpun SANGAT SUKA makanan kaleng basah, diutamakan BUATAN PABRIK karena mereka sudah punya standar gizi yang tetap kalaupun mau buat dirumah harus di perhatikan bahan & cara masaknya ex cara buat pakai TEMPE REBUS / KUKUS 30% ( bukan GORENG ya๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ ) dan daging hewani 70% cara masak dagingpun juga harus direbus bukan mentah karena kucing hanya bisa makan pakan yang direbus, kukus / pengeringan alami bukan yang udah kena salt apalagi pake GORENG MINYAK BEKAS

    1. Terima kasih atas saranya pak. perihal di kasih nasi.. itu sifatnya optional saja… cara tersebut sudah dilakukan dari jaman dulu, jauh sebelum produk kemasan kaya whiskas,RC ,Proplan,dll muncul. Mungkin kalau kalian punya kucing yang dari kecil tidak terbiasa makan nasi ya sebaiknya jangan. Ya gitu, takutnya gak cocok. Kan kasian..

      Karena sejatinya makanan kucing itu cocok cocokan… banyak juga yang kasih makanan bermerk malah kucing kena FLUTD, mencret dll. Tapi kucing tetangga yang tiap hari makan ikan campur nasi atau hanya sekedar kasih daging ayam sisa majikan malah sehat + jago nangkap hewan kayak burung.

      Tapi saya pribadi menyarankan untuk sangat hati2 saat kasih makan kucing. Karena kadang seleranya beda. Kaya kemaren aku beli merk Or* C*t. Saya coba di 3 kucing. Yang doyan cuma 2. Sedangkan yang 1 gak doyan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!