Apakah Kucing Kentut ? Bagaimana Bau Kucing Kentut?

kucing kentut
Ilustrasi Kucing Kentut

Kentut atau yang biasa kita kenal dengan buang angin merupakan sebuah proses alami pada makhluk hidup. Pada manusia, penyebab kentut biasanya karena proses alami untuk membuang sisa gas hasil proses pencernaan. Lalu bagaimana dengan hewan seperti kucing ?

Apakah kucing bisa kentut ? Ya, Kucing ternyata bisa. Layaknya manusia, kucing juga membutuhkan cara untuk membuang sisa gas hasil pencernaannya. Oleh karena itu, dia akan kentut.

Lalu apakah Anda penah mendengar kucing saat buang angin ? Atau malah pernah mencium baunya ? Enak Atau Tidak ? wk

Bunyi Kentut Kucing

Apakah Anda tahu bagaimana bunyi kentutnya ? Apakah sama dengan manusia ? Lalu Apakah keras bunyinya ?

Yah, ternyata kucing itu kalau buang angin bisa keluar bunyi. Namun tidak selalu, jikapun kentutnya bersuara maka biasanya bunyinya sangat kecil jadi sulit terdengar. Namun kadang kala juga bisa Anda dengar seperti video ini.

Ilustrasi Youtube.com/myquran

Penyebab Kucing Kentut

Jika pada manusia, kentut disebabkan oleh proses alami dalam membuang sisa gas dalam tubuh. Bagaimana dengan kucing ? Apakah sama seperti manusia ? Atau malah memiliki maksud lain seperti untung melindungi diri dari pemangsa ?

Ternyata, kucing mengeluarkan kentut juga disebabkan oleh proses alami dalam membuang sisa gas pencernaan. Atau terkadang juga karena perut kucing kembung. Bukan karena iseng, apalagi untuk melindungi diri dari pemangsa.

Memang ada beberapa hewan yang menggunakan kentut untuk mengusir pemangsa. Namun bagi kucing adalah bukan karena hal seperti itu, melainkan hanya proses alami saja.

Penyebab kucing sering kentut :

  • Pola Makan Yang Jelek
  • Makan Sembarangan
  • Ganti Makanan
  • Kucing Jarang Bergerak
  • Tidak Cocok Sama Makanannya
  • Kucing Sakit

Apakah Ada Pengaruh Makanan Terhadap Intensitas Kentut ?

Ternyata ada pengaruh makanan terhadap jumlah kentut perhari. Menurut dokter hewan. Memilih makanan kucing yang tepat adalah langkah awal yang baik dalam mengatur kebiasan kentut mereka.

Pilih menu makan yang mencakup vitamin dan mineral yang memang menjadi kebutuhan kucing. Anda harus menyelaraskan kebutuhan nutrisi kucing sesuai dengan ukuran, usia, dan tingkat aktivitasnya. Serat, misalnya, memang bagus untuk sistem pencernaan kucing, Namun terlalu banyak serat juga malah menyebabkan gas berlebih.

Jadi memang harus disesuaikan dengan kebutuhan harian kucing.

Selain itu, kentut hanyalah salah satu alasan mengapa Anda biasanya tidak boleh memberi makanan secara sembarangan pada hewan peliharaan Anda. Ada beberapa makanan, termasuk buah-buahan, yang aman untuk kucing dalam jumlah sedang atau tidak aman sama sekali, menurut Association of American Feed Control Officials (AAFCO) . 

Bau Kentut Kucing Kayak Apa ?

Pertanyaan yang bisa timbul selanjutnya adalah apakah saat kucing buang angin itu bisa mengeluarkan bau ? Maka jawabanya adalah iya. Kucing jika sedang buang angin mengeluarkan bau tak sedap. Terlebih karena kucing termasuk hewan pemakan daging.

Dalam dunia sains, sudah menjadi pengetahuan umum, jika makhluk hidup makannya daging, maka kentutnya akan lebih bau.

Apakah Kucing Bisa Mencium Bau Kentutnya Sendiri

Jika pada manusia, saat mereka buang angin, maka biasanya dia sendiri juga akan ikut merasakan bau kentutnya sendiri. Selain itu, manusia juga bisa mencium bau kentut temannya. Lalu bagaimana dengan kucing ?

Apakah kucing bisa mencium baunya ? Sejauh ini, saya belum menemukan data apakah kucing dapat merasakan bau dari kentutnya sendiri. Namun jika temannya yang kentut. Tentu kucing bisa merasakanya. Terlebih penciuman kucing lumayan tajam.

Ini bisa kita samakan dengan saat kucing buang air besar yang biasanya kucing mengecek apakah bau kotornya masih kecium nggak baunya. Kalau masih kecium maka ia akan menambah urugan tanahnya. Nah, jika Anda lihat dari sisi sini maka kucing tentu bisa merasakan bau tak sedap. Buktinya bau kotoranya saja bisa mereka rasakan.

Nah jadi kesimpulanya, kucing juga bisa merasakan bau tak sedap. Cuma mungkin gak selebay manusia.wk

Artikel Terkait :

Penyebab Kucing Kanibal Makan Anaknya Sendiri

Bahaya Kentut Pada Kucing

Jika memang kentutnya kucing bau ? lalu apakah berbahaya ? Tidak. Layaknya kentut manusia yang tidak menimbulkan bahaya apapun. Satu-satunya bahaya yang biasa ditimbulkan adalah sesak napas. Loh kok bisa ? Ya ini sih biasanya diakibatkan karena Anda menahan napas karena bau. Jadi sesak napas dah.wkwk

Selain itu akan bahaya jika memang Anda iseng mengumpulkannya dalam suatu wadah untuk dihirup selama beberapa waktu. wk

Apakah Kucing Sering Buang Angin Pertanda Penyakit ?

Selama kentutnya masih wajar intensitasnya, maka kucing masih sehat. Atau jika baunya masih normal tidak terlalu menyengat maka masih wajar.

Namun jika sudah berubah menjadi lebih bau, lebih sering, dan disertai mencret layaknya pada manusia. Maka biasanya kucing sedang mengalami masalah pada pencernaanya.

Sebaiknya Anda periksakan ke dokter, apabila kucing sering buang angin. Apalagi jika disertai mencret. Baca juga gejala kucing masuk angin.

Demikian Artikelnya, Semoga bermanfaat.

Referensi : https://www.hillspet.com/cat-care/healthcare/do-cats-fart

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!