DOK, Apakah Kucing Boleh Minum Susu Kental Manis ?

apakah kucing boleh minum susu kental manis ?

Saya kemarin membuang susu merk frisen flag dan dijilati kucing liar, akhirnya ini membuat saya bertanya apakah kucing boleh minum susu kental manis ?

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari beberapa teman pecinta kucing, ternyata susu kental manis tidak boleh untuk kucing. Alasanya karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga diare pada kucing.

Ini terjadi akibat susu kental manis mengandung laktosa dan gula tinggi. Seperti yang kita tahu, kucing tidaklah cocok dengan laktosa. Maka dari itu memang dari dulu di wanti wanti untuk tidak memberikan susu manusia ke hewan ini. Kecuali untuk beberapa merk.

Kalau ingin tahu merk apa saja, bisa lihat di merk susu manusia untuk kucing.

Merk Susu Kental Manis Yang Tidak Boleh Untuk Kucing

Semua merk susu kental manis, baik itu Indomilk, Frisian Flag, Nestle Carnation, Nestle Cap Nona, Polococoa Creamer, dll tidak boleh kamu berikan ke kucing.

Sebagai gantinya kamu bisa berikan susu kucing atau susu manusia yang aman untuk kucing.

Meski terbilang lebih agak mahal, tapi setidaknya lebih aman dan tidak membuat kucing sakit. Berbeda dengan yang kental manis, bisa bikin hewan sakit.

Efek Samping Susu Kental Manis Buat Kucing

Nah ternyata ada 3 efek samping ke kucing yang perlu anda tahu. Berikut daftarnya :

Gangguan Pencernaan

Yah, hal yang paling sering terjadi pada kucing setelah mengkonsumsi merk susu tersebut adalah menjadi sakit perut dan kucing tidak nafsu makan.

Kalau sudah begini, sebaiknya sering seringlah minumkan air. Atau beri dia air kelapa untuk menetralkan pencernaanya.

Diare

Salah satu gangguan pencernaan yang menjadi efek samping susu kental manis adalah diare. Biasanya pasca kucing minum susu tersebut, mereka akan jadi sering pup, alias mencret.

Jika kucing kamu mengalami ini, coba berikan air kelapa. Nah untuk keterangan lebih lanjut bisa baca di air kelapa untuk kucing diare.

Intoleransi Laktosa

Kondisis semacam ini biasa terjadi akibat organ pencernaan kucing tidak bisa mengurai laktosa. Sehingga berakibat kucing menjadi sakit. Untuk keamanan, sebaiknya bawa ke dokter hewan saja. Atau jika tidak ada, minumkan air putih / air kelapa.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Kucing Sakit Akibat Minum Susu

Untuk menangani masalah seperti ini, sebetulnya harus dilihat dulu apa gejala yang timbul. Misalkan kucing jadi diare, ya sebaiknya berikan obat diare untuk kucing. Jika gejalanya sakit perut, maka bisa minumkan air putih / air kelapa atau antar ke dokter.

Dan jika gejalanya lebih parah daripada itu, sebaiknya usahakan cari dokter hewan saja, jangan malah nyoba diobati sendiri.

Demikianlah artikel dari myhewan. Semoga menjawab pertanyaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!