6 Alasan Kucing Berguling Di Lantai Atau Tanah

Kucing merupakan hewan peliharaan yang memiliki banyak tingkah, salah satu tingkahnya adalah kadang kucing berguling di lantai atau tanah.

kucing bergulingan di tanah
Kucing Bergulingan Di Tanah

Kejadian semacam itu pasti sering kalian jumpai. Baik di rumah, sekolahan, tempat kerja, kantin, halaman rumah, lapangan bola, dan tempat lainya yang ada kucingnya.

Bagi Anda yang tidak memiliki peliharaan kucing, mungkin tidak akan peduli dengan kejadian tersebut. Namun bagi pemilik kucing, kadang kucing yang berguling kesana kemari membuat pemilik jadi kesal.

Pasalnya terkadang kucing baru saja selesai dimandikan, eh malah bergulingan di tanah. Kan jadi kotor lagi bulunya.

Alasan Kucing Suka Berguling Di Tanah

Kucing yang bergulingan, baik di lantai maupun ditanah tentu dengan tujuan atau maksud tertentu. Tidak hanya sekedar iseng. Karena perilaku hewan pasti selalu mengisyaratkan suatu hal. Berikut beberapa alasan kucing berguling di lantai atau tanah :

1. Kucing Sedang Birahi Atau Ingin Kawin

kucing birahi
Kucing Birahi by dailymotion.com

Alasan pertama yang biasa bikin kucing menjadi bergulingan adalah kucing sedang birahi atau ingin kawin. Biasanya yang melakukan ini adalah kucing betina, atau indukan kucing.

Cara ini ditempuh oleh kucing betina, bukan tanpa alasan. Ini merupakan trik untuk menarik perhatian kucing pejantan, agar mau mengawininya.

Setelah selesai kawinpun. Kadang kucing betina agar mengguling lagi di tanah, demi menghilangkan jejak bau dari pejantan yang telah mengawininya.

Karena kucing betina akan melakukan proses kawin dengan pejantan lain, sampai masanya habis.

2. Menandai Wilayah

Salah satu cara menandai wilayah teritorial kucing adalah dengan menggulingkan badannya. Tak melulu dengan air kencing, dengan trik inipun bisa.

Apalagi kucing juga termasuk hewan yang teritorial, dimana ia akan berusaha memiliki daerah kekuasaan untuk mencari makan. Itulah sebabnya kadang terlihat banyak sekali kejadia kucing kejar-kejaran dan berkelahi.

3. Mencari Perhatian

Untuk alasan yang ketiga bisa dipakai oleh kucing betina dan pejantan. Karena beberapa kucing kerap mencari perhatian majikannya dengan cara mengguling gulingkan badannya.

Pingin panggilan kucing yang islami ? Cek artikel kami Kumpulan Nama Kucing Islam Yang Bagus

Kalau tidak percaya coba saja dekati, lalu elus-elus badanya, lalu coba hentikan. Kadang-kadang kucing akan mengguling seolah sedang menarik perhatian Anda.

4. Kucing Merasa Gatal

Nah ini merupakan opsi kedua saat kucing gatal. Umumnya kucing akan menjilat atau menggaruk atau menggesekan badannya saat gatal.

kucing gatal
Kucing gatal

Namun saat area yang gatal tidak terjangkau, maka kucing akan menggulingkan badanya. Ini dilakukan untuk menghilangkan area gatal pada tubuhnya.

5. Kucing Merasa Nyaman

Ketika seekor kucing mau menggulingkan badanya pada tempat tersebut, artinya kucing sudah nyaman dan tentram berada di area tersebut. Logikanya jika kucing ternyata merasa was-was diganggu hewan lain atau semacamnya. Maka ia tidak akan betah, apalagi kalau untuk berguling guling, tentu tidak akan.

Baca Juga Cara Kucing Adopsi Mengenali Majikan Tersayang

6. Mode Istirahat

Salah satu alasan kenapa kucing berguling di lantai adalah ia akan memasuki mode istirahat. wk. Ciri khas mode ini adalah kucing akan berbaring setelah selesai mengguling gulingkan badanya.

kucing berguling mau tidur
Kucing Tidur

Mungkin kegiatan ini menjadi semacam pemanasan sebelum akhirnya kucing istirahat dan tidur.wk

Jika Anda penasaran mengenai alasan kucing Anda menggulingkan badanya, coba baca dan pahami alasan umum kucing suka berguling guling. Lalu coba Anda hubungkan dengan kebiasanan dan tingkah lakunya. Nanti lama-lama Anda akan paham dengan tingkah laku kucing Anda.

Demikian artikel mengenai alasan kucing berguling di lantai maupun tanah. Semoga bermanfaat.

Saya adalah seorang pecinta kucing asal Jawa Tengah. Saya Pernah memelihara beberapa kucing sekaligus. Dan itu juga yang menginpirasi saya untuk membuat blog ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!